6 Cara Untuk Bertahan Menghadapi Mati Lampu atau BlackOut! Pastikan Simak Tips - nya! #matilampu #antibosan #blackout

Bagaimana cara menghadapi keadaan genting ketika lampu mati atau blackout? Jangan panik! berikut tips yang bisa kamu lakukan

6 Cara Untuk Bertahan Menghadapi Mati Lampu atau BlackOut! Pastikan Simak Tips - nya! #matilampu #antibosan #blackout

Akhir-akhir ini terjadi masalah mati lampu secara serentak dibeberapa daerah di Indonesia (Jawa dan Bali). Dampak dari ini juga cukup terasa seperti kesulitan dalam berkomunikasi, tidak ada pencahayaan di malam hari, air mati karena tidak ada listrik, baterai smartphone habis karena lupa isi ulang dan masih banyak lagi. Jadi JakartaNotebook akan berbagi tips untuk bisa bertahan disaat lampu mati dan juga blackout. Simak selengkapnya!


Ya, masalah listrik padam yang memang sudah terjadi sejak hari Minggu (04/08/19) kemarin membuat banyak penduduk kesal. Apalagi listrik yang padam terjadi dalam jangka waktu yang lebih lama dari biasanya, ditambah lagi jaringan dari beberapa provider ikut mengalami gangguan. Kondisi jalanan yang semakin tidak teratur karena lampu lalu lintas tidak berfungsi juga membuat kita makin kesal dengan keadaan.

Wah, pokoknya banyak banget deh hal-hal yang ikutan terganggu selama pemadaman listrik terjadi. Bete dong jadinya!

Nah, berhubung terjadinya pemadaman listrik ini tidak bisa diprediksi, ada baiknya kamu mempersiapkan diri dahulu sebelum uring-uringan karena bosan. Simak tipsnya dibawah ini!

Siapkan Power Bank

Seharian tanpa smartphone dan internet? Ah, rasanya ga bisa kebayang deh. Makanya sebelum bete selama listrik padam karena daya baterai smartphone habis, jangan sampai lupa menyiapkan power bank ekstra untuk menyelamatkan baterai smartphonemu yang lowbatt ya!

Foto : ilustrasi

Penerangan Darurat

Untuk memberikan penerangan yang maksimal di rumah, terutama ketika hari mulai petang dan masih harus melakukan beberapa aktivitas di rumah, sebaiknya siapkan lampu darurat, senter, atau lilin beserta korek apinya. Namun ingat selalu untuk menjaga keamanan ketika menggunakan lilin di rumahmu ya Jaknoters!

Foto : Ilustrasi

Uang Tunai is a Must!

Siapa yang kemarin mengalami repotnya bertransaksi elektronik dan online saat mati lampu? Apalagi beberapa orang yang memang sudah menerapkan gaya hidup cashless. So, jangan pernah lupa menyiapkan uang tunai di dompet kalau kamu tidak mau kewalahan ketika transaksi elektronik tidak bisa berjalan dengan lancar.

Foto: Ilustrasi

Tampungan Air

Beriringan dengan padamnya listrik, otomatis saluran air di rumah maupun di kantor juga mati. Oleh karena itu, siapkan cadangan air bersih agar tidak kerepotan ketika saluran air mati. Ssst.. jangan mau keluar rumah dalam keadaan belum mandi ya!

Foto : Ilustrasi

Kipas Angin Elektrik

Kamu wajib punya kipas angin mini portable agar tidak kepanasan, kamu pasti merasakan udara yang pengap ‘kan guys? Apalagi kamu yang memiliki anak balita, tentunya kamu tidak ingin anakmu menangis seharian karena kepanasan bukan!

Foto : Ilustrasi

Hiburan lain

Selain hal-hal penting di atas, ada beberapa hal kecil yang mungkin memang perlu disiapkan nih Jaknoters. Selama mati lampu berlangsung, kamu mungkin bisa melakukan hal lain yang bermanfaat seperti mendengarkan MP3, membaca buku, olahraga sampai main game offline.  

Foto : Ilustrasi

Siapin ya guys, beberapa hal penting di atas kalau kamu tidak ingin melalui kondisi mati lampu dengan rasa bosan yang mendalam!

Semoga masalah listrik di Jakarta ini cepat kembali normal ya!