Kenali Ciri-Ciri Anak Cacingan dan Cara Mencegahnya

Ciri-ciri anak cacingan di antaranya sakit perut, penurunan nafsu makan, gatal pada area anus, hingga perbahan pada tampilan fisik.

Kenali Ciri-Ciri Anak Cacingan dan Cara Mencegahnya
Image Source: Freepik

Sebagai orang tua, sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri anak cacingan karena mampu mempengaruhi kondisi kesehatannya. Penyakit cacingan memang sangat sering menyerang anak-anak karena berkaitan dengan kebersihan.

Cacingan disebabkan oleh infeksi parasit cacing yang hidup di dalam tubuh manusia. Ciri-ciri anak cacingan kadang sering terabaikan oleh orang tua karena tak terlalu spesifik dan mirip dengan gejala penyakit lainnya.

Ada banyak jenis cacing yang bisa menyebabkan anak caingan di antaranya adalah cacing kremi, cacing gelang, cacing pita, hingga cacing tambang. Salah satu bentuk pencegahan dari penyakit cacingan adalah rutin memberikan anak obat cacing.

Selain memberi obat, kamu juga perlu mengetahui ciri-ciri anak cacingan untuk mencegah penyakit yang berkepanjangan. Lalu, apa saja ciri-ciri anak cacingan?

Ciri-Ciri Anak Cacingan yang Wajib Diketahui Orang Tua

Gajala cacingan pada anak memang tidak mudah dikenali. Namun, tak perlu khawatir karena JakartaNotebook sudah merangkum beberapa gejalanya seperti di bawah ini.

1. Penurunan Nafsu Makan

Penurunan Nafsu Makan
Image Source: Freepik

Infeksi cacing seringkali membuat si kecil kehilangan nafsu makan. Mereka mungkin menolak makanan atau hanya makan dalam jumlah yang sangat sedikit. Kekurangan nutrisi akibat penurunan nafsu makan ini dapat menyebabkan penurunan berat badan dan pertumbuhan yang terhambat pada anak.

2 . Perubahan Pada Pola Buang Air Besar

Perubahan Pada Pola Buang Air Besar
Image Source: Freepik

Salah satu tanda utama cacingan pada anak adalah perubahan pola buang air besar. Anak cacingan mungkin mengalami diare yang berkepanjangan, atau sebaliknya, mengalami sembelit. Fesesnya bisa berubah menjadi lebih encer atau berlendir bahkan berbau busuk karena terjadi infeksi pada perutnya.

FANG Potty Seat Baby Kid Trainer Toilet Latihan WC Duduk Anak - FG001 - Blue - JakartaNotebook.com
FANG Potty Seat Baby Kid Trainer Toilet Latihan WC Duduk Anak - FG001 termurah. Dapatkan dengan mudah FANG Potty Seat Baby Kid Trainer Toilet Latihan WC Duduk Anak - FG001 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Gatal-Gatal di Area Anus

Gatal-Gatal di Area Anus
Image Source: Orami

Infeksi cacing sering menyebabkan rasa gatal di area anus. Anak cacingan mungkin sering menggosok atau menggaruk area tersebut. Gatal-gatal ini dapat terjadi terutama pada malam hari atau saat anak tidur. Rasa gatalnya akan membuat anak tak nyaman sehingga menyebabkan anak rewel.

4. Gangguan Tidur

Gangguan Tidur
Image Source: Freepik

Cacingan dapat mengganggu tidur anak. Mereka mungkin terbangun di malam hari karena rasa gatal di area dubur atau ketidaknyamanan lainnya yang disebabkan oleh infeksi cacing. Hal ini bisa menyebabkan anak menjadi rewel dan sulit tidur dengan nyaman.

LANBENA Alat Terapi Punggung Korektor Postur Alarm untuk Anak-Anak - 2150 - Black - JakartaNotebook.com
LANBENA Alat Terapi Punggung Korektor Postur Alarm untuk Anak-Anak - 2150 termurah. Dapatkan dengan mudah LANBENA Alat Terapi Punggung Korektor Postur Alarm untuk Anak-Anak - 2150 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

5. Sering Sakit Perut

Image Source: Freepik

Ciri-ciri anak cacingan yang paling umum adalah merasakan sakit pada perut. Anak cacingan mungkin mengeluhkan sakit perut yang berulang atau merasa tidak nyaman di daerah perut. Mereka juga bisa mengalami kembung atau kentut lebih sering dari biasanya.

6. Perubahan Pada Penampilan Fisik

Image Source: Freepik

Anak cacingan dapat terlihat lemah, pucat, atau memiliki kulit yang tidak sehat. Hal tersebut terjadi karena cacing-cacing di perut akan menyerap semua nutrisi yang ada di tubuh Anak. Pada beberapa kasus, anak dapat mengalami anemia akibat kekurangan zat besi yang disebabkan oleh infeksi cacing.

Sikat Gigi Elektrik Anak-Anak - H417 - Multi-Color - JakartaNotebook.com
Sikat Gigi Elektrik Anak-Anak - H417 termurah. Dapatkan dengan mudah Sikat Gigi Elektrik Anak-Anak - H417 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Cara Mencegah Anak Cacingan

Setelah membaca ciri-ciri anak cacingan di atas, mungkin kamu penasaran apakah penyakit ini dapat di cegah? Jawabannya, tentu bisa! Cacingan pada anak bisa hindari dengan melakukan langkah-langkah pencegahan seperti:

  • Rutin minum obat cacing 6 bulan sekali.
  • Ajarkan anak tentang pentingnya menjaga kebersihan, hindari tempat-tempat yang kotor, mencuci tangan sebelum makan, hingga rajin mencuci tangan menggunakan sabun hingga bersih.
  • Ajarkan anak tentang bagaimana cara mencuci tangan yang bersih.
  • Potong kuku anak secara rutin. Jangan sampai kuku anak dibiarkan panjang karena akan berpotensi tinggi menjadi tempat untuk pertumbuhan telur cacing.
  • Biasakan untuk mengenakan pakaian yang bersih setiap hari.
  • Cuci pakaian, seprai, hingga pakaian dalam menggunakan air panas untuk membunuh telur cacing yang menempel pada pakaian. Jemur di bawah sinar matahari yang terik.
  • Perhatikan kebersihan makanan anak sebelum dikonsumsi.

Itu tadi ciri-ciri anak cacingan dan langkah pencegahan di mana salah satunya adalah untuk rutin minum obat cacing. Faktor utama yang harus diperhatikan adalah tentang kebersihan lingkungan, karena cacing-cacing biasanya hidup di tempat yang kotor. Pastikan lingkungan Anda bersih sehingga mampu melindungi keluarga tercinta.