8 Ciri-Ciri Anjing Rabies yang Perlu Diwaspadai

Ciri-ciri anjing rabies antara lain adalah lebih agresif, air liur yang berlebih, takut terhadap air, hingga menjadi lebih sensitif.

8 Ciri-Ciri Anjing Rabies yang Perlu Diwaspadai
Image Source: Freepik

Kasus rabies akhir-akhir ini semakin marak terjadi. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, banyak yang terserah virus mematikan ini. Dapat ditularkan oleh hewan peliharaan seperti anjing dan kucing membuat penyakit ini semakin mudah menyebar.

Semakin daruratnya kondisi ini membuat kamu harus kenal dengan ciri-ciri anjing rabies. Mengenali ciri-ciri ini dapat menghidari penularannya pada orang-orang tersayang. Virus rabies memang mematikan, namun banyak juga kasus korban gigitan rabies yang selamat.

Sebelum mengenali ciri-ciriny, ada baiknya kamu mengetahui apa itu rabies terlebih dahulu.

Apa Itu Rabies?

Rabies merupakan virus menular yang ditularkan melalui binatang seperti anjing dan kucing. Namun virus rabies biasanya menyerang anjing dan dikenal juga dengan penyakit anjing gila.

Virus rabies mampu menular lewat gigitan atau kontak langsung ke hewan yang sudah terinfeksi oleh virus rabies. Guna mencegah penyebaran rabies, sangat penting untuk memberikan vaksin rabies untuk hewan peliharaan di rumah.

Ciri-Ciri Anjing Rabies

Setelah paham dengan apa itu rabies, selanjutnya kita akan membahas tentang ciri-ciri anjing rabies yang bisa diketahui oleh orang awam.

1. Perubahan Perilaku

Perubahan Perilaku
Image Source: Freepik

Anjing yang terinfeksi rabies biasanya mengalami perubahan perilaku yang drastis. Mereka dapat menjadi sangat agresif, gelisah, dan ketakutan atau terlihat sangat lemas dan tidak aktif. Perubahan ini seringkali tidak konsisten dengan perilaku normal anjing tersebut.

2. Kelumpuhan

Kelumpuhan
Image Source: Freepik

Gejala rabies pada anjing selanjutnya adalah mengalami kelumpuhan di bagian tubuh tertentu. Mereka mungkin kesulitan berjalan atau mengalami kelemahan pada salah satu sisi tubuhnya.

Pasalnya penyakit ini menyerang bagian saraf pusat hewan yang befungsi untuk mengatur banyak hal, termasuk gerakan.

3. Gila

Gila
Image Source: Freepik

Gejala gila adalah salah satu ciri-ciri anjing rabies yang paling utama.

Anjing tersebut mungkin terlihat gelisah, cemas, dan gelagapan. Mereka dapat menggigit benda-benda secara tidak terkendali, mengunyah diri sendiri, atau melakukan gerakan yang tidak wajar.

4. Hipersensitivitas

Hipersensitivitas
Image Source: Freepik

Ciri-ciri anjing rabies selanjutnya adalah hipersensitif. Hipersensitif merupakan kondisi yang membuat hewan jadi sangat sensitif terhadar berbagai rangsangan, seperti cahaya, suara, dan sentuhan.

Mereka mungkin terlihat sangat takut atau panik dalam situasi yang seharusnya tidak menimbulkan reaksi yang berlebihan.

5. Perubahan Vokal

Image Source: Freepik

Ciri-ciri anjing rabies lainnya adalah dapat mengalami perubahan dalam suara mereka. Mereka mungkin mengeluarkan suara yang aneh, seperti menjerit, melolong, atau menggonggong.

Yang perlu diperhatikan adalah, suara-suara ini dikeluarkan pada saat yang tidak wajar atau secara tiba-tiba.

6. Kejang-kejang

Image Source: Freepik

Kejang-kejang adalah salah satu gejala yang umum terjadi pada anjing yang terinfeksi rabies. Hewan perliharaan mungkin mengalami kejang-kejang yang intens dan berulang-ulang.

7. Hidrofobia

Image Source: Freepik

Salah satu tanda khas rabies pada anjing adalah hidrofobia, yaitu ketakutan yang ekstrem terhadap air. Anjing tersebut mungkin menunjukkan kecenderungan untuk menghindari atau menolak air, bahkan hanya dengan mendengar atau melihat air.

8. Sialisme Berlebihan

Image Source: Freepik

Anjing yang terinfeksi rabies mungkin mengalami peningkatkan sialisme atau produksi air liur.

Meski hal ini umum terjadi, terutama jika anjing merasa lapar atau bersemangat, gejala ini biasanya diikuti dengan gejala-gejala lain yang disebutkan di atas. Mereka mungkin mengeluarkan air liur secara terus-menerus, sehingga wajahnya terlihat basah atau bercucuran air liur.

TaffHOME Water Dispenser Fountain Tempat Minum Anjing 2.4L - DR008 - Gray - JakartaNotebook.com
TaffHOME Water Dispenser Fountain Tempat Minum Anjing 2.4L - DR008 termurah. Dapatkan dengan mudah TaffHOME Water Dispenser Fountain Tempat Minum Anjing 2.4L - DR008 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Pencegahan Virus Rabies Pada Anjing

Rabies adalah penyakit yang serius dan mematikan yang dapat menular antara hewan dan manusia. Untuk menjaga anjing tetap sehat dan melindungi mereka dari virus mematikan , berikut adalah beberapa langkah penanganan dan pencegahan yang bisa kamu lakukan.

1. Vaksinasi

Vaksinasi adalah langkah penting dalam pencegahan rabies pada anjing. Pastikan hewan peliharaan mendapatkan vaksin rabies sesuai jadwal yang direkomendasikan oleh dokter hewan. Vaksin rabies akan membantu melindungi anjing dari infeksi rabies dan mencegah penularan penyakit ini ke manusia.

2. Periksa Gejala

Amati hewan peliharaan kamu dengan seksama dan perhatikan perubahan perilaku atau gejala-gejala yang mencurigakan.

Jika melihat gejala seperti agresi yang tidak biasa, kejang, kelumpuhan, atau perubahan perilaku lainnya, segera konsultasikan dengan dokter hewan untuk evaluasi lebih lanjut.

ZKYJ Tempat Makan Hewan Anjing Kucing Otomatis Pet Food Dispenser 3.5L - RobPAF-35L - White - JakartaNotebook.com
ZKYJ Tempat Makan Hewan Anjing Kucing Otomatis Pet Food Dispenser 3.5L - RobPAF-35L termurah. Dapatkan dengan mudah ZKYJ Tempat Makan Hewan Anjing Kucing Otomatis Pet Food Dispenser 3.5L - RobPAF-35L murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Hindari Kontak dengan Hewan Liar

Hindari kontak langsung dengan hewan liar yang berpotensi terinfeksi rabies, terutama dengan tidak memberi makan atau menyentuh mereka.

Jika kamu melihat hewan liar dengan tingkah yang mencurigakan, segera laporkan pada aparat atau pejabat setempat agar tindakan yang sesuai dapat diambil.

4. Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Lakukan pemeriksaan kesehatan hewan peliharaan dengan dokter hewan secara rutin. Ini akan membantu mendeteksi dan mengobati penyakit atau kondisi lain yang dapat mempengaruhi kesehatan hewan peliharaan kamu.

Mengetahui ciri-ciri anjing rabies dan tindakan pencegahan yang tepat dapat menjaga kesehatan dan keselamatan diri, keluarga, dan hewan peliharaan. Selalu ingat bahwa pencegahan adalah kunci dan mengamati perilaku hewan juga dapat menjadi perlindungan awal dari ancaman rabies.

Penting untuk diingat bahwa ciri-ciri ini bukanlah diagnosis pasti dari rabies. Jika Anda mencurigai anjing Anda terinfeksi rabies, segera hubungi dokter hewan atau otoritas kesehatan setempat untuk penanganan lebih lanjut.