8 Ciri Hewan Kurban yang Sehat, Sah Disembelih!

Memperhatikan ciri hewan kurban yang berkualitas sangatlah penting. Selain layak konsumsi, hewan yang sehat juga dianggap sah untuk dikurbankan.

8 Ciri Hewan Kurban yang Sehat, Sah Disembelih!
Image Source: Freepik

Di hari Raya Idul Adha, umat Islam di seluruh dunia merayakannya dengan melakukan ibadah kurban, yaitu menyembelih hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing, domba, dan unta sebagai simbol ketaatan dan pengorbanan kepada Allah SWT.

Saat memilih hewan kurban, tentu kamu kamu harus mempertimbangkan banyak hal, mulai dari asal-usul, harga, dan tentu dari segi kesehatannya. Hal ini agar ibadah berjalan sesuai syariat dan memberikan keberkahan bagi semua pihak yang terlibat.

Selain itu, memilih hewan kurban yang sehat tidak hanya menjamin kualitas daging yang baik, tetapi juga agar yang menyembelih atau yang mengonsumsinya terhindar dari risiko penyakit yang menular dari hewan ke manusia, seperti penyakit zoonosis.

Pentingnya mengetahui kondisi hewan kurban membuat kamu tak boleh sembarangan saat memilih hewan kurban. Jangan khawatir, JakartaNotebook sudah merangkum beberapa ciri hewan kurban yang sehat dan berkualitas khusus untukmu.

Ciri Hewan Kurban yang Sehat

Dalam agama Islam, hewan kurban harus memenuhi syarat-syarat tertentu agar dianggap sah saat disembelih. Berikut ciri-ciri hewan kurban yang sehat dan berkualitas yang harus kamu ketahui.

1. Nafsu Makan yang Baik

Nafsu Makan yang Baik
Image Source: Freepik

Salah satu ciri utamanya adalah memiliki nafsu makan yang baik dan pola makan yang teratur. Nafsu makan yang baik merupakan indikator bahwa sistem pencernaan hewan berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah kesehatan yang mengganggu.

Mereka tidak akan menunjukkan tanda-tanda penolakan terhadap makanan. Hewan yang kehilangan nafsu makan atau makan dengan enggan bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan, seperti infeksi, masalah gigi, atau penyakit lainnya.

2. Gerakan yang Lincah

Gerakan yang Lincah
Image Source: Freepik

Hewan kurban yang sehat juga ditandai dengan gerakan yang lincah serta aktif. Gerakan yang lincah juga menunjukkan bahwa hewan tersebut menunjukkan tanda vitalitas yang baik dan tidak mengalami gangguan pada otot atau sistem tulangnya.

Hewan yang sehat akan berjalan, berlari, dan bergerak dengan energik tanpa terlihat lesu atau lemah. Perhatikanlah cara berjalan dan berlarinya, pastikan hewan tidak lamban, mau bergerak, tidak pincang, atau menunjukkan tanda-tanda kesakitan.

3. Suhu Tubuh Normal

Suhu Tubuh Normal
Image Source: Freepik

Ciri hewan kurban yang sehat selanjutnya adalah suhu tubuh yang normal. Hewan kurban yang sehat akan berada dalam kisaran suhu normal sesuai dengan spesiesnya. Umumnya, kambing dan sapi yang sehat memiliki suhu tubuh berkisar 39–40 derajat.

Ketika diperiksa, tubuh hewan tersebut tidak boleh terasa terlalu panas atau terlalu dingin. Suhu tubuh yang normal menjadi salah satu indikator bahwa hewan tersebut dalam kondisi sehat, serta tidak mengalami infeksi atau gangguan kesehatan lainnya.

4. Bulu yang Bersih

Kulit yang Bersih
Image Source: Freepik

Ciri hewan kurban berkualitas selanjutnya dapat dilihat dari kondisi bulunya. Hewan kurban yang sehat memiliki bulu yang bersih, tidak kusam, dan bersinar. Hal ini menunjutkkan bahwa hewan mendapatkan cukup nutrisi dan perawatan yang baik.

Saat memilih hewan kurban, meski sulit dilihat dengan mata telanjang, pastikan tidak ada tanda-tanda luka, iritasi kulit, atau perubahan warna yang mencolok pada bulu. Tidak hanya itu, bulu yang sehat juga akan terasa lembut dan elastis ketika disentuh.

Yangjiang Alat Penghalus Daging Steak Tenderizer Beef Hammer 2 in 1 - SKP241 - Silver - JakartaNotebook.com
Yangjiang Alat Penghalus Daging Steak Tenderizer Beef Hammer 2 in 1 - SKP241 termurah. Dapatkan dengan mudah Yangjiang Alat Penghalus Daging Steak Tenderizer Beef Hammer 2 in 1 - SKP241 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

5. Mata yang Terang dan Jernih

Mata yang Terang dan Jernih
Image Source: Freepik

Tahukah kamu? Ternyata kondisi mata pada hewan dapat menunjukkan kondisi kesehatannya. Ciri hewan dengan kondisi mata yang baik antara lain mata terlihat jernih, tidak merah, tidak berair, serta tidak mengeluarkan lendir yang berlebihan.

Mata yang sehat menunjukkan bahwa hewan kurban tersebut memiliki sistem pernapasan yang baik, serta mencerminkan kesehatan secara keseluruhan dari hewan. Hal ini karena masalah kesehatan tertentu dapat tercermin melalui kondisi mata.

6. Hidung dan Mulut yang Bersih

Hidung dan Mulut yang Bersih
Image Source: Freepik

Hidung dan mulut hewan kurban yang sehat harus terbebas dari lendir berlebih, keluarnya cairan yang tidak normal, atau bau yang tidak sedap. Kondisi hidung yang basah dan dingin menunjukkan sistem pernapasan hewan berfungsi dengan baik.

Kamu juga bisa memeriksa area mulut. Mulut hewan kurban yang sehat harus bersih, tanpa adanya sisa makanan yang menempel dan bau yang tidak sedap. Kondisi hidung dan mulu yang sehat menandakan hewan tersebut layak dijadikan hewan kurban.

HALOJAJU Tusuk Sate Stainless Steel Reusable Cooking Tools 100 PCS - Miao-478 - No Color - JakartaNotebook.com
HALOJAJU Tusuk Sate Stainless Steel Reusable Cooking Tools 100 PCS - Miao-478 termurah. Dapatkan dengan mudah HALOJAJU Tusuk Sate Stainless Steel Reusable Cooking Tools 100 PCS - Miao-478 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

7. Gigi dan Gusi yang Sehat

Gigi dan Gusi yang Sehat
Image Source: Kompas

Ciri selanjutnya adalah kondisi gigi dan gusinya. Gigi yang sehat pada hewan kurban biasanya utuh, tidak patah, dan tidak ada gigi yang tanggal. Gusi yang sehat juga terlihat dari warnanya yang merah muda serta tidak bengkak ataupun berdarah.

Kesehatan gigi dan gusi mencerminkan kondisi kesehatan umum hewan tersebut. Gigi yang rusak atau gusi yang meradang dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan di area mulut atau sistem pencernaannya yang perlu perhatian yang lebih serius.

8. Berat Badan yang Sesuai

Berat Badan yang Sesuai
Image Source: Freepik

Ciri lain hewan kurban yang sehat adalah memiliki berat badan yang sesuai untuk jenisnyam yaitu tidak terlalu kurus atau terlalu gemuk. Hal ini menunjukkan hewan tersebut mendapatkan nutrisi yang cukup dan tidak mengalami masalah kesehatan.

Pemilihan hewan kurban dengan berat badan yang sesuai juga penting untuk memastikan bahwa kurban yang dikurbankan memenuhi syarat yang ditetapkan dalam syariat Islam, yaitu sekitar 23–35 kg untuk kambing dan 250–350 kg untuk sapi.

Dengan memperhatikan ciri-ciri hewan kurban yang sehat di atas, diharapkan umat Muslim dapat melakukan pilihan yang bijak dalam memilih hewan kurban yang sehat. Hal ini agar pelaksanaan ibadah kurban sesuai dengan syariat dan penuh berkah