Hidup Sehat dengan Cukupi Kebutuhan Air saat Berpuasa

Air putih sangatlah penting bagi kesehatan tubuh, terlebih saat berpuasa. Berikut tips untuk memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh!

Hidup Sehat dengan Cukupi Kebutuhan Air saat Berpuasa
Image Source: freepik.com

Menjalani puasa bukanlah halangan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, justru hal ini harus diperhatikan. Meskipun waktu makan dan minum dibatasi, hal tersebut bukan menjadi suatu alasan untuk tidak melakukan aktivitas seperti biasanya selama bulan puasa.

Kurang minum air putih saat berpuasa dapat menimbulkan berbagai macam kondisi yang berbahaya. Penting sekali untuk menyadari bahwa minum air putih sangatlah penting meskipun sedang berpuasa. Jadi, utamakan minum air putih setiap kali berbuka karena kebiasaan ini bisa membantu tubuh lebih sehat, pencernaan lancar, dan lebih mudah untuk berkonsentrasi saat bekerja. Anda tetap dapat minum air yang cukup jika tahu strategi manajemennya dengan baik.

Berikut ini tips yang berguna agar tubuh tidak kekurangan air dan tetap fit selama menunaikan ibadah puasa.

  • Buat Jadwal Minum

Buatlah jadwal minum air putih saat berpuasa di waktu ketika diperbolehkan makan dan minum. Ingat, disarankan untuk minum 8 gelas air per hari, jadi buatlah jadwal berdasarkan aturan tersebut. Bagilah 8 gelas tersebut ke beberapa waktu sebelum imsak tiba. Misalnya, Anda dapat membagi 8 gelas tersebut saat bangun tidur untuk sahur, sahur, berbuka puasa, setelah shalat maghrib, setelah makan malam, setelah shalat isya, setelah shalat tarawih, dan sebelum tidur. Anda juga dapat menggunakan botol dengan kapasitas 2000 ml sehingga mudah bagi Anda mengukur banyaknya air yang dikonsumsi sejak buka puasa hingga sahur.

  • Batasi Takjil dan Camilan

Mungkin tak mudah untuk mencukupi kebutuhan air putih saat puasa. Apalagi jika memang tak terbiasa minum banyak air putih. Terlebih jika sudah kenyang karena memakan banyak takjil dan camilan berbuka sehingga tak sanggup minum air putih. Cobalah untuk membatasi konsumsi camilan dan takjil saat berbuka. Luangkan cukup ruang di dalam perut untuk minum segelas air putih secara bertahap. Sadari bahwa minum air putih akan memberikan banyak manfaat. Pahami juga bahwa banyak bahaya yang bisa muncul jika malas minum air putih.

  • Konsumsi Buah dengan Kadar Air Tinggi

Jika tak mampu minum 8 gelas air putih maka Anda dapat mencari solusi lain. Cobalah mengonsumsi buah-buahan yang kaya air. Ada buah pir dan semangka yang dapat dijadikan pilihan. Jenis buah tersebut mengandung kadar air yang cukup tinggi sehingga efektif meningkatkan asupan cairan di dalam tubuh. Tetapi, tetap pastikan juga minum air putih sesuai kapasitas tubuh.

Demikian beberapa tips yang mungkin berguna untuk Anda menjalani puasa dengan baik. Semoga ibadah puasa Anda lancar ya!


Pencarian produk Botol Tumbler | JakartaNotebook.com
Hasil pencarian Botol Tumbler. Botol Tumbler yang termurah dan terlengkap hanya ada di JakartaNotebook.com.