12 Alat Membuat Kue yang Wajib Dimiliki, Ciptakan Kue Lezat

Daftar alat membuat kue yang harus dimiliki oleh pemula hingga ahli untuk menciptakan kue lezat dan baking yang sempurna.

12 Alat Membuat Kue yang Wajib Dimiliki, Ciptakan Kue Lezat
Image source: Unsplash/Walls.io

Apakah kamu orang yang suka berkreasi di dapur membuat segala jenis makanan dari yang berat sampai camilan? Jika ya, apa saja yang kamu persiapkan sebelum mulai pertempuran di dapur terlebih saat membuat kue?

Selain bahan-bahan masak, alat membuat kue juga perlu kamu siapkan saat akan mulai baking. Menyiapkan peralatan pastry dengan tepat dan cermat akan mempermudah proses pembuatan kue.

Daftar Alat Membuat Kue

Tidak peduli seberapa pengalamannya kamu dalam membuat kue, memiliki peralatan yang tepat adalah kunci sukses membuat kue yang lezat dan cantik. Di bawah ini adalah daftar alat kue yang harus dimiliki oleh pemula hingga ahli untuk memastikan kue yang dibuat sempurna.

1. Timbangan

Timbangan
Image source: JakartaNotebook

Timbangan adalah alat krusial pertama yang harus kamu miliki saat akan membuat kue. Mengapa? Karena kamu perlu menakar setiap bahan dengan ukuran yang tepat serta konsisten agar kue buatanmu sempurna.

Terdapat dua jenis timbangan dapur yang bisa kamu pilih, yaitu digital atau manual. Kedua timbangan ini memiliki fungsi yang sama, hanya bedanya pada timbangan kamu hanya perlu menunggu hasil pengukuran muncul di layar.

2. Sendok Takar

Sendok takar
Image source: JakartaNotebook

Setelah timbangan, sendok takar menjadi alat membuat kue selanjutnya yang penting kamu miliki. Sendok takar berfungsi untuk mengukur bahan-bahan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak seperti baking powder, baking soda, garam, gula, atau ekstrak vanila.

Ukuran sendok takar yang umumnya digunakan dalam proses baking terbagi menjadi 3, yaitu sendok teh, sendok makan, dan cangkir (cup). Pastikan untuk menggunakan sendok takar secara tepat dengan mengisi bahan hingga tepi sendok untuk mendapatkan hasil yang akurat.

3. Gelas Ukur

Gelas ukur
Image source: JakartaNotebook

Selain sendok takar, gelas ukur juga diperlukan untuk menampung serta mengukur bahan cair yang akan digunakan. Namun, selain mengukur bahan cair, kamu bisa gunakan gelas ukur untuk mengukur bahan-bahan kering karena gelas ini biasanya terbagi dalam dua jenis, yaitu gelas ukur untuk cairan yang memiliki tanda ml atau ons pada permukaannya, dan gelas ukur kering yang memiliki tanda gram atau ons.

4. Mangkuk Besar dan Mangkuk Kecil

Mangkuk
Image source: JakartaNotebook

Untuk menaruh dan mencampur bahan, kamu tentu perlu wadah seperti mangkuk. Terdapat dua ukuran mangkuk yang bisa kamu gunakan, yaitu mangkuk kecil untuk menyiapkan bahan-bahan tambahan seperti telur, mentega, atau susu. Sementara, mangkuk besar untuk mencampur adonan kue.

Pastikan kamu menyiapkan setidaknya satu dari masing-masing ukuran mangkuk untuk mempermudah proses persiapan ya.

5. Whisk

Whisk
Image source: JakartaNotebook

Setelah seluruh bahan tercampur dalam satu wadah, kamu pasti membutuhkan alat untuk menggabungkan bahan-bahan tersebut menjadi sebuah adonan. Whisk, menjadi alat yang biasanya digunakan untuk mengaduk adonan.

Terdapat beberapa macam whisk yang setiap jenisnya memiliki fungsi berbeda, seperti balloon whisk yang digunakan untuk mencampur kue atau krim, dan membuat adonan menjadi ringan serta berongga. Flat whisk untuk mencampur bahan-bahan dalam wajan, membuat saus atau krim yang halus, dan French whisk untuk mencampur adonan dengan tekstur tebal seperti roti.

6. Mixer

Mixer
Image source: JakartaNotebook

Alat yang pasti tidak ketinggalan saat akan membuat kue berikutnya adalah mixer. Memiliki fungsi yang sama seperti whisk, bedanya mixer mampu mencampur seluruh bahan adonan hingga rata dan mengembang dalam waktu yang singkat.

Terdapat dua jenis mixer yang bisa dengan mudah kamu temukan di pasaran yaitu hand mixer dan mixer stand. Hand mixer sering kali menjadi pilihan para pemula untuk baking karena lebihi praktis dan terjangkau. Sementara mixer stand, digunakan oleh mereka yang membuat kue dalam jumlah besar.

7. Spatula

Spatula
Image source: JakartaNotebook

Baik chef profesional atau rumahan, pasti membutuhkan spatula untuk mengaduk, memindahkan, memotong adonan, hingga mendekorasi kue. Dalam dunia baking, spatula terbagi dalam beberapa jenis dan setiap jenisnya memiliki fungsi yang berbeda.

Selain spatula kayu, saat ini kamu juga bisa menemukan spatula yang terbuat dari bahan silikon atau karet. Spatula karet atau silikon lebih banyak dipilih karena dikenal awet dan tahan akan panas.

8. Alas Adonan Kue

Alas Adonan Kue
Image source: JakartaNotebook

Alas adonan kue, yang juga dikenal sebagai alas pemotong atau penggulung merupakan alat yang dibutuhkan jika kamu membuat adonan seperti roti tawar, donat, dan kue lainnya.

Sesuai namanya, alat yang biasanya terbuat dari bahan karet ini berfungsi sebagai alas menggulung atau membentuk adonan, mencegah adonan menempel pada permukaan meja, dan memastikan adonan memiliki ketebalan dan bentuk yang konsisten.

9. Scraper Kue

Scraper Kue
Image source: JakartaNotebook

Scraper kue atau yang dikenal dengan spatula kue merupakan alat fleksibel yang serbaguna terutama saat proses pembuatan kue. Alat yang berfungsi untuk mengumpulkan, memotong, dan mengambil adonan ini biasanya terbuat dari silikon, karet, plastik, hingga stainless steel.

Untuk menggunakannya, kamu cukup pegang gagang scraper dan gunakan ujungnya untuk mengaduk atau memotong adonan. Scraper kue adalah alat yang sangat berguna dalam dapur untuk menghasilkan kue dengan hasil yang rapi dan profesional.

10. Loyang atau Cetakan Kue

Loyang atau Cetakan Kue
Image source: JakartaNotebook

Untuk memanggang kue, tentulah kamu membutuhkan sebuah wadah bernama loyang atau cetakan kue. Kamu bisa menggunakan loyang atau cetakan kue sesuai dengan kebutuhan dan ukuran bahan.

Beda kue maka beda pula bentuk dan bahan loyang atau cetakan yang digunakan. Contohnya, untuk membuat kue bolu atau kue lapis kamu bisa menggunakan loyang bentuk bulat dengan dinding yang tinggi.

Sementara, untuk membuat brownies, nastar, kue keju kamu bisa gunakan loyang persegi panjang. Jika kamu ingin membuat muffin, maka cetakan muffin kamu perlukan untuk menghasilkan muffin dengan bentuk yang sempurna.

11. Oven

Oven
Image source: Sharp

Alat membuat kue selanjutnya yang tentu harus ada untuk memanggang kue hingga matang adalah oven. Pastikan kamu memiliki oven yang dapat diandalkan dan memahami cara penggunaannya dengan baik.

Apabila kamu memiliki budget berlebih, pilih oven listrik yang lebih mudah digunakan, karena oven jenis ini biasanya memiliki fungsi timer serta pengatur suhu. Namun, jika budget terbatas, kamu tetap bisa membuat kue dengan hasil sempurna dengan oven manual atau tangkring.

Apa pun jenis oven yang kamu pilih, pastikan alat tersebut memiliki fungsi pemanas atau api atas dan bawah ya, agar kue yang kamu buat matang secara merata dan sempurna.

12. Cooling Rak

Image source: Love Home Living

Last but not least, alat membuat kue yang harus dimiliki baik pemula atau profesional berikutnya adalah cooling rak. Alat ini sering digunakan oleh para pembuat kue agar kue yang mereka buat lebih cepat dingin dan terjaga teksturnya.

Cooling rak berfungsi untuk memastikan sirkulasi udara pada kue mengalir dengan baik sehingga kue dapat langsung dihias dan disajikan.

Itulah beberapa alat membuat kue yang perlu dimiliki tidak hanya oleh pemula tetapi juga para profesional. Penggunaan alat-alat secara tepat, akan menciptakan kue yang lezat dan juga cantik.

Untuk kamu yang tertarik mengoleksi alat-alat membuat kue, bisa mulai mengoleksi dari peralatan dasar seperti list di atas dan menambahkan ke peralatan lainnya sering dengan kemajuanmu dalam dunia pastry.

Kamu bisa mencari dan mendapatkan peralatan membuat kue di JakartaNotebook dengan harga murah dan terjangkau pastinya.

Tunggu apa lagi, yuk belanja sekarang!