Daftar Tim Lolos Semifinal Piala Asia U-23 2024

4 negara telah memastikan lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024. Jepang, Indonesia, Irak, dan Uzbekistan.

Daftar Tim Lolos Semifinal Piala Asia U-23 2024
Image source: Twitter/afcasiancup

Piala Asia U-23 yang tahun ini diselenggarakan di negara Qatar telah menuntaskan pertandingan fase grup. Banyak kejutan yang terjadi selama babak penyisihan hingga perebutan tiket semifinal.

4 Tim Lolos ke Semifinal Piala Asia U-23

Pesaing utama dalam perebutan gelar juara yaitu Jepang, diikuti tim kuda hitam Uzbekistan dan Irak, serta tim kejutan Indonesia telah mengunci tiket semifinal Piala Asia U-23 2024.

1. Jepang

Jepang
Image source: JFA.jp

Jepang menjadi negara pertama yang memastikan diri lolos ke semifinal Piala Asia U-23. Runner up grup B ini berhadapan dengan tim tuan rumah Qatar pada pertandingan perempat final, kamis (25/4/2024).

Meski unggul jumlah pemain, Jepang harus melakoni babak tambahan karena hasil imbang 2-2 pada waktu normal. Samurai Biru yang terus berupaya membobol gawang Qatar akhirnya berhasil mencetak dua gol tambahan. Pertandingan berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan Jepang.

Perjalanan Jepang di Piala Asia U-23 2024 tidak bisa dibilang mulus. Meski menang 1-0 dari China, dan 2-0 atas Uni Emirat Arab, Jepang harus mengakui unggulan pesaing utamanya yaitu Korea Selatan dengan skor 0-1 pada babak penyisihan grup.

Jepang kini menjadi negara unggulan yang diprediksi dapat menembus final Piala Asia U-23 2024.

2. Indonesia

Indonesia
Image source: PSSI

Sementara kejutan terjadi ketika tim favorit Korea Selatan harus mengakui kegigihan timnas Indonesia. Bermain imbang 2-2 hingga babak perpanjangan waktu. Indonesia mengunci kemenangan lewat adu tos-tosan (11-10), dan memastikan diri lolos ke semifinal Piala Asia U-23 untuk pertama kali.

Catatan clean sheet alias tidak pernah kebobolan tim Taeuguk Warriors selama babak penyisihan harus tercoreng ketika Rafeal Struick berhasil membobol gawang kiper Baek Jong-beom.

Hasil ini menjadikan tim asuhan Shin Tae-yong menjadi tim satu-satunya di Piala Asia yang mampu menjebol gawang Korea Selatan serta menghentikan catatan keikutsertaan Negeri Ginseng ke ajang Olimpiade.

Taffware Bien7 Set Top Box TV Digital HD 1080P DVB-T2 - GX6701 - Black - JakartaNotebook.com
Taffware Bien7 Set Top Box TV Digital HD 1080P DVB-T2 - GX6701 termurah. Dapatkan dengan mudah Taffware Bien7 Set Top Box TV Digital HD 1080P DVB-T2 - GX6701 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Kemenangan yang disambut dengan suka cita ini menjadikan Indonesia mengukir sejarah karena berhasil melaju ke semifinal untuk pertama kali dalam keikutsertaannya dalam ajang Piala Asia U-23.

Garuda Muda yang tergabung di grup A bersama tim kuat Qatar, Australia, dan Yordania mengukuhkan 2 kemenangan dari 3 pertandingan di babak penyisihan. Kalah 0-1 dari Qatar, menang 1-0 dari Australia, dan 4-1 atas Yordania.

3. Uzbekistan

Uzbekistan
Image source: Twitter/afcasiancup

Uzbekistan yang sedang dalam performa terbaiknya di turnamen ini, meraih empat kemenangan berturut-turut dalam perjalanannya menuju ke semifinal dengan rekor luar biasa, 12 gol dan tidak pernah kebobolan.

Tim yang pernah meraih gelar kemenangan Piala Asia U-23 edisi 2018, menyapu bersih poin kemenangan selama babak penyisihan grup. Uzbekistan berhasil mengalahkan Malaysia 2-0, membungkam Kuwait 5-0, dan Vietnam 3-0.

Tim berjuluk Serigala Putih ini berhasil menyingkirkan Arab Saudi di perempat final dengan skor 2-0, setelah sebelumnya kalah dan harus rela menjadi runner up pada perhelatan Piala Asia U-23 edisi 2022.

Menjadi tim perwakilan Asia Tengah, Uzbekistan telah mengikuti ajang Piala Asia U-23 sebanyak 6 kali dengan catatan masuk final sebanyak 2 kali. Pertandingan Indonesia vs Uzbekistan akan berlangsung di stadion Abdullah bin Khalifa, Senin (29/4/2024) 21.00 WIB.

Xnano Proyektor Mini Portable Android 9.0 Full HD 1080P - X1 - Black - JakartaNotebook.com
Xnano Proyektor Mini Portable Android 9.0 Full HD 1080P - X1 termurah. Dapatkan dengan mudah Xnano Proyektor Mini Portable Android 9.0 Full HD 1080P - X1 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

4. Irak

Irak
Image source: Twitter/IraqFootball_EN

Irak menjadi tim terakhir yang memastikan tempat di semifinal setelah menyingkirkan Vietnam 1-0. Sempat mengalami kekalahan di pertandingan pembuka dari Thailand, Irak perlahan tapi pasti muncul sebagai pesaing di Piala Asia U-23.

Irak yang tergabung dalam grup C, berhasil menjadi runner up setelah sebelumnya kalah atas Thailand 2-0, menang 4-2 atas Tajikistan, dan 2-1 dari Arab Saudi.

Tim asuhan Radhi Shenaishil akan berjumpa dengan Jepang pada partai semifinal Piala Asia U-23 di Stadion Jassim Bin Hamad, Al Rayyan, Selasa (30/4/2029) pukul 00.30 WIB.

Tiket Olimpiade Paris 2024

Draw Olimpiade 2024
Image source: FIFA

Selain memperebutkan title tim terbaik se-Asia, keempat tim yang berhasil lolos semifinal juga turut bersaing mendapatkan tiket menuju Olimpiade Paris 2024.

Timnas Indonesia memiliki asa menuju Olimpiade Paris dengan syarat berhasil menjadi juara, runner up, atau peringkat tiga pada turnamen kali ini. Jika Indonesia berhasil masuk ke babak final Piala Asia, maka apa pun hasil yang diraih, Skuad Garuda tetap akan mengunci tiket Olimpiade Paris 2024.

Seandainya timnas kalah dari Uzbekistan pada babak semifinal, maka Indonesia harus memenangkan laga perebutan tempat ketiga. Sementara, jika gagal pada perebutan peringkat tiga, maka Garuda Muda harus bisa memenangkan laga playoff interkontinental melawan wakil Afrika, Guinea.

Pembagian grup cabang olahraga sepak bola Olimpiade Paris sudah dilakukan. Juara Piala Asia U-23 akan masuk ke grup D bersama Paraguay, Mali, dan Israel. Runner up akan menempati grup C dengan Spanyol, Mesir, dan Republik Dominica.

Sementara, pemenang peringkat tiga akan bertarung di grup B bersama Argentina, Maroko, dan Ukraina. Tim yang berhasil menang pada babak playoff interkontinental melawan Guinea akan menempati grup A yang berisi Prancis, Amerika Serikat, dan Selandia Baru.