8 Inspirasi Dekorasi Pelaminan untuk Lengkapi Pernikahan

Beberapa dekorasi pelaminan ini bisa kamu pilih sebagai inspirasi untuk melengkapi hari pernikahan. Pastinya dekorasi ini super cantik & estetik!

8 Inspirasi Dekorasi Pelaminan untuk Lengkapi Pernikahan
Image Source: Freepik/freepik.diller

Pelaminan jadi salah satu elemen yang harus ada di resepsi pernikahan. Pada dasarnya, pelaminan adalah panggung yang berfungsi sebagai singgasana untuk pasangan pengantin orang tua kedua pihak.

Biasanya panggung ini dihias sedemikian rupa agar tampak indah dan menjadi fokus utama pada resepsi pernikahan. Tak main-main, beberapa orang bahkan rela menghabiskan ratusan juta untuk membuat pelaminan impian, lho!

Nah, jika sedang mencari dekorasi pelaminan untuk digunakan pada hari istimewamu, tak ada salahnya mengintip beberapa inspirasi dari JakartaNotebook berikut.

Inspirasi Dekorasi Pelaminan yang Cantik dan Estetik

Inspirasi dekorasi pelaminan ini dapat digunakan jika kamu ingin memeriahkan acara resepsi pernikahan. Mulai dari dekorasi pelaminan sederhana hingga mewah, simak inspirasinya di bawah ini!

1. Dekorasi Pelaminan Mewah Outdoor

Dekorasi Pelaminan Mewah Outdoor
Image Source: Elior Design

Jika berencana mengadakan resepsi pernikahan di luar ruangan atau outdoor, dekorasi pelaminan mewah ini cocok untukmu.

Memadukan berbagai komponen, seperti bunga, standing lamp, dan chandelier atau lampu gantung, dekorasi akan membuat pasangan pengantin seperti raja dan ratu dari negeri dongeng.

Menggunakan banyak lampu, dekorasi ini sangat cocok digunakan pada sore hingga malam hari untuk memaksimalkan kesan dreamy yang diberikan.

ACEVIVI Bunga Mawar Dekorasi Gold Foil Flower Galaxy Rose - AC0113 - Pink - JakartaNotebook.com
ACEVIVI Bunga Mawar Dekorasi Gold Foil Flower Galaxy Rose - AC0113 termurah. Dapatkan dengan mudah ACEVIVI Bunga Mawar Dekorasi Gold Foil Flower Galaxy Rose - AC0113 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Meski terlihat mewah, penggunaan warna beige dan warna lembut lainnya tidak membuat pelaminan terlihat berlebihan.

2. Dekorasi Pelaminan Sederhana Indoor

Dekorasi Pelaminan Sederhana Indoor
Image Source: Bride Story/Daydreaming Works

Dekorasi sederhana tetap bisa terlihat manis dan hangat seperti inspirasi dekorasi pelaminan satu ini. Menggabungkan unsur pop dan rustic, pelaminan ini dapat membingkai kebahagiaan pasangan dengan sempurna.

Semakin manis dengan rangkaian bunga, daun, dan rumput yang diletakkan pada bagian samping dan atau kursi pengantin.

Background dan detail warna cerah pada dekorasi ini membuat suasana hangat di hari bahagia ini semakin terasa!

3. Dekorasi Pelaminan di Halaman Rumah

Dekorasi Pelaminan di Halaman Rumah
Image Source: Glowing Art Decoration

Jika tidak ingin repot melakukan survey gedung atau venue pernikahan lainnya, kamu bisa mengadakan resepsi di halaman rumah. Eits, jangan salah, meski diadakan di rumah, pemilihan dekorasi yang tepat dapat membuat pelaminan dan lokasi pernikahan terlihat mewah.

LIGHT LUXURY Vas Bunga Dekorasi Interior Motif Tulang Daun - YF963 - Black Gold - JakartaNotebook.com
LIGHT LUXURY Vas Bunga Dekorasi Interior Motif Tulang Daun - YF963 termurah. Dapatkan dengan mudah LIGHT LUXURY Vas Bunga Dekorasi Interior Motif Tulang Daun - YF963 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Pilih dekorasi dengan warna putih sebagai warna dominan untuk memberikan kesan luas dan elegan. Tambahkan hiasan seperti bunga di sepanjang dan bagian belakang pelaminan.

Berikan sentuhan warna emas pada pelaminan dan kursi tamu agar dekorasi semakin manis.

4. Dekorasi Pelaminan Tema Rustic

Dekorasi Pelaminan Tema Rustic
Image Source: Pinterest/Hollie Freeland

Dekorasi pelaminan satu ini bisa digunakan untuk kamu yang ingin tampil fun di hari pernikahan.

Jadi tema dekorasi favorit para pasangan muda, pelaminan dengan tema rustic menggabungkan berbagai detail, mulai dari bunga dan daun kering, rotan, dan kayu dengan warna cokelat dan beige yang hangat.

Biasanya tema ini digunakan pada resepsi pernikahan yang diadakan di taman atau outdoor.

5. Dekorasi Pelaminan Sederhana dengan Lampu Gantung

Dekorasi Pelaminan Sederhana dengan Lampu Gantung
Image Source: Pinterest/TopWeddingDecorCalgary

Membuat pelaminan yang elegan tidak harus menggunakan banyak hiasan. Memadukan backdrop tirai polos, lampu gantung, dan hiasan bunga, kamu bisa menciptakan pelaminan sederhana yang tampak elegan.

Lampu berwarna natural white dengan warna kekuningan dapat memberikan kesan hangat di hari spesial ini. Tambahkan sofa dan kursi dengan warna nude atau ivory sebagai tempat pengantin dan orang tua duduk.

DDSSTORE Vas Bunga Botol Kaca Aesthetic Bottle Vases Flower Pot 1L - EN549 - Transparent - JakartaNotebook.com
DDSSTORE Vas Bunga Botol Kaca Aesthetic Bottle Vases Flower Pot 1L - EN549 termurah. Dapatkan dengan mudah DDSSTORE Vas Bunga Botol Kaca Aesthetic Bottle Vases Flower Pot 1L - EN549 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

6. Dekorasi Pelaminan Minimalis di Rumah

Dekorasi Pelaminan Minimalis di Rumah
Image Source: Instagram/deiylaIsmail

Ingin mengadakan resepsi pernikahan yang berkesan di halaman rumah? Tentu bisa! Dekorasi pelaminan di halaman rumah ini menggunakan barang-barang super simple yang bisa kamu dapatkan di toko perlengkapan rumah.

Bagian tengah pelaminan menggunakan sofa panjang berukuran kecil untuk kedua pengantin. Sedangkan bagian belakang dihiasi backdrop kain putih dan ornamen bunga dan daun.

Pastikan untuk memilih warna yang senada dengan perpaduan warna seminimal mungkin untuk menghindari kesan berlebihan.

7. Dekorasi Pelaminan Mewah Adat Jawa

Dekorasi Pelaminan Mewah Adat Jawa
Image Source: Kerajinan Indonesia

Pernikahan dengan tema adat masih jadi pilihan banyak pasangan, adat Jawa contohnya. Dekorasi tradisional yang kalem dan mewah jadi ciri khas pernikahan adat Jawa.

Salah satu elemen yang harus ada di dekorasi pelaminan adat Jawa adalah gebyok. Gebyok adalah pajangan dari kayu jati yang dihiasi aneka motif ukiran. Umumnya pajangan ini digunakan sebagai latar di bagian pelaminan.

Perpaduan gebyok dan hiasan dari bunga aneka warna memberikan nuansa sakral dan tradisional yang kental di hari bahagiamu.

8. Dekorasi Pelaminan Tema Kebun

Dekorasi Pelaminan Tema Kebun
Image Source: Instagram/idazdekorasi

Bagi yang hobi merawat tanaman pasti langsung kepincut saat melihat dekorasi pelaminan satu ini. Pasalnya dekorasi ini menggunakan tanaman berwarna hijau sebagai komponen utama untuk menghias pelaminan.

Perpaduan warna hijau, pink, putih, dan sedikit aksen kayu memberikan kesan teduh pada siapa saja yang melihatnya. Tak heran jika dekorasi ini banyak digunakan oleh pasangan pengantin yang melakukan resepsi outdoor.

Memilih dekorasi pelaminan yang tepat tidak hanya membuat resepsi pernikahan terlihat meriah, tapi juga memastikan pengantin bisa duduk dengan nyaman selama acara berlangsung.

Semoga artikel ini membantu menemukan dekorasi yang tepat untuk hari spesial kamu, ya Jaknoters!