4 Desain Gapura 17 Agustus dari Bambu, Ada Juara Nasional

Bambu menjadi pilihan terbaik sebagai bahan desain gapura 17 Agustus. Berikut contoh desain gapura bambu terbaik yang bisa dijadikan inspirasi.

4 Desain Gapura 17 Agustus dari Bambu, Ada Juara Nasional
Image Source: Freepik/Freepik

Setiap tahun, bangsa Indonesia merayakan momentum bersejarah, yaitu Hari Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus. Perayaan tersebut menjadi momen penting untuk mengenang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Selain upacara, berbagai lomba juga diadakan untuk memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan. Tidak hanya lomba individu, tiap daerah biasanya mengadakan lomba desain gapura 17 Agustus yang bisa diikuti semua orang.

Bambu: Pilihan Terbaik untuk Gapura

bambu bamboo
Image Source: Freepik

Salah satu material yang sering digunakan untuk membuat desain gapura 17 Agustus adalah bambu. Mungkin kamu bertanya mengapa bambu banyak digunakan untuk membuat gapura?

Bambu merupakan material dengan karakter yang kuat, ringan, dan mudah dibentuk. Ketahan alami bambu membuatnya dapat menahan beban dan tekanan yang berat. Tak hanya itu, material ini juga cukup stabil sehingga cocok digubakan unuk membangun struktur bangunan dan gapura.

Karakter bambu yang fleksibel juga membuatnya mudah dibentuk agar sesuai dengan desain gapura 17 Agustus. Dari situlah, bambu memiliki daya tarik estetika yang khas dan memberikan sentuhan alami pada desain gapura.

Dibandingkan dengan beberapa bahan konstruksi modern, bambu juga lebih terjangkau secara ekonomi. Penggunaan bambu dapat mengurangi biaya produksi dan memungkinkan lebih banyak orang yang terlibat dalam pembuatan gapura.

Contoh Desain Gapura 17 Agustus dari Bambu

Dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan, banyak daerah di Indonesia yang menghias jalan-jalannya dengan gapura bambu. Beberapa contoh desain gapura 17 Agustus ini dapat diaplikasikan untuk menghias lingkungan.

1. Cantiknya Gapura Desa Sirapan

Gapura Desa Sirapan
Image Source: Koran Memo

Contoh desain gapura 17 Agustus yang pertama hadir dari Desa Sirapan, Kabupaten Madiun. Dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan ke-77, masyarakat mengkombinasikan beragam ukuran, warna, dan posisi bambu.

Dari kombinasi tersebut, hadirlah bentuk matahari, belah ketupat, hingga ornamen bulat di bagian sampingnya. Jika dilihat, masyarakat juga memadukan papan tikar anyaman sebagai pelengkapnya.

Lampu Hias String Lights Model Bola Rotan Waterproof 10 LED 2.1 M - B073 - Warm White - JakartaNotebook.com
Lampu Hias String Lights Model Bola Rotan Waterproof 10 LED 2.1 M - B073 termurah. Dapatkan dengan mudah Lampu Hias String Lights Model Bola Rotan Waterproof 10 LED 2.1 M - B073 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

2. Gapura Unik Kampung Poncol

Gapura Unik Kampung Poncol
Image Source: Antara News

Tak mau kalah, Kampung Poncol dari Magelang juga membuat desain gapura 17 Agustus yang bertema Back to Nature. Badan gapura berdiri kokoh berkat bambu panjang yang disusun miring dan melingkar.

Gapura ini makin cantik berkat kehadiran rumbaian bambu di bagain atas. Tak ketinggalan ornamen burung garuda, tampah bambu bertuliskan waktu kemerdekaan, hingga identitas lingkungan untuk melengkapi gapura Hari Kemerdekaan ke-78 ini.

3. Meriahnya Gapura Juara Piala Presiden

Gapura Juara Piala Presiden
Image Source: Republika

Gapura milik warga Komplek Permata Padalarang, Kabupaten Bandung Barat berhasil menyabet Piala Presiden dalam rangka HUT RI ke-74.

Dapat dilihat, betapa kreatifnya material bambu disusun dan dibentuk seperti benteng dengan kubah dan pagar yang dihiasi bendera merah putih pada bagian atas serta lambang kota, provinsi, tanggal kemerdekaan, hingga ucapan selamat.

Tak hanya gapura, masyarakat juga menghias jalur lintasan di bagian bawahnya dengan tema sangkuriang. Saat malam, desain gapura 17 Agustus ini tampak cantik berkat kehadiran cahaya lampu di sekitarnya.

Partigos Lampu Hias String Lights Model Pita Natal 50 LED Warm White - AA562 - Silver - JakartaNotebook.com
Partigos Lampu Hias String Lights Model Pita Natal 50 LED Warm White - AA562 termurah. Dapatkan dengan mudah Partigos Lampu Hias String Lights Model Pita Natal 50 LED Warm White - AA562 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

4. Indahnya Gapura dari Sumsel

Gapura dari Sumsel
Image Source: Gapura Cinta Negeri

Satu lagi desain gapura dari pemenang festival Piala Presiden. Kali ini contoh desain gapura 17 Agustus hadir dari Sumatera Selatan. Meski terlihat sederhana, gapura bambu ini memberikan kesan tersendiri saat dilihat.

Hal ini berkat paduan bambu yang dicat dengan warna merah putih, kain tradisional, foto presiden dan wakilnya, hingga dekorasi garuda pada bagian tengahnya.

OKAL Lampu Hias Tumblr String Lights 50 LED 7 Meter with Solar Panel - OKLED7 - Warm White - JakartaNotebook.com
OKAL Lampu Hias Tumblr String Lights 50 LED 7 Meter with Solar Panel - OKLED7 termurah. Dapatkan dengan mudah OKAL Lampu Hias Tumblr String Lights 50 LED 7 Meter with Solar Panel - OKLED7 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Jika dilihat lebih dekat, gapura ini juga menggambarkan Jembatan Ampera yang jadi salah satu ikon provinsi Sumetera Selatan. Desain yang rapi dan bersih dipadu nuansa hangat dari lampu string membuatnya pantas menjadi juara.

Berbagai contoh desain gapura 17 Agustus dari bambu di atas menunjukkan kreativitas tak terbatas dan gotong royong dalam menciptakan karya seni. Gapura menjadi wujud rasa cinta tanah air dan rasa bangga terhadap sejarah perjuangan.