7 Film Remaja Indonesia Terbaik yang Wajib Ditonton

Deretan film remaja ini tidak hanya punya jalan cerita super seru yang sukses buat penontonnya terhibur dan pastinya baper!

7 Film Remaja Indonesia Terbaik yang Wajib Ditonton
Image Source: Freepik/Freepik

Masa remaja adalah masa paling bahagia yang hanya bisa dialami satu kali seumur hidup. Banyaknya perasaan dan peristiwa baru yang muncul saat remaja membuat banyak orang ini bisa kembali ke masa ini.

Paham dengan epik dan manisnya masa-masa ini membuat banyak rumah produksi yang membuat film bertema kehidupan remaja. Sekarang kamu bisa menemukan film remaja Indonesia dengan berbagai genre yang menarik untuk ditonton.

Jika berencana menghabiskan akhir pekan untuk menonton film, kamu bisa simak beberapa rekomendasi film remaja Indonesia yang sudah JakartaNotebook rangkum khusus untukmu. Let’s check this out!

Rekomendasi Film Remaja Indonesia Terbaik

Tak hanya seru untuk ditonton remaja, deretan film ini juga dapat membawa orang dewasa bernostalgia ke masa sekolah yang menyenangkan. Berikut rekomendasi film remaja Indonesia terbaik yang sayang untuk dilewatkan.

1. Dilan

Dilan
Image Source: Youtube/Falcon

Berbicara tentang film remaja Indonesia, rasanya kurang tepat jika tidak menempatkan Dilan di urutan pertama. Film yang diadaptasi dari novel karya Pidi Baiq ini menggambarkan kisah cinta anak SMA yang terjadi di tahun 90-an.

Dilan, seorang panglima perang geng motor di Bandung, jatuh cinta dengan murid pindahan dari Jakarta bernama Milea. Dengan jabatan yang dimiliki, tentu Dilan sudah tidak asing dengan kekerasan dan tawuran yang biasa dilakukan geng motor.

Pertemuannya dengan Milea perlahan mulai mengubah sifat Dilan dan membuatnya ingin menghabiskan waktu bersama Milea. Tentunya hal ini menimbulkan masalah dengan geng motornya.

Tak hanya itu, hubungan kedua sejoli ini juga ditentang oleh banyak pihak, termasuk guru les privat yang ternyata juga menyimpan perasaan pada Milea.

Saat menonton film ini penonton akan disuguhkan dengan banyak adegan dan gombalan manis yang pastinya sukses bikin kamu baper!

2. Catatan Akhir Sekolah

Catatan Akhir Sekolah
Image Source: Tribun

Masa remaja tidak hanya diisi dengan kisah cinta, tapi juga persahabatan yang kuat seperti yang digambarkan pada Catatan akhir Sekolah. Meski dirilis pada tahun 2005, film remaja Indonesia ini tetap seru ditonton hingga sekarang.

Agni, Alde, dan Arian adalah tiga orang sahabat yang berencana membuat film dokumenter yang akan ditayangkan pada acara perpisahan sekolah. Meski rencana ini ditolak semua klub di sekolah, mereka bertiga tetap nekat membuat film ini.

Dalam proses pembuatan film ini ketiga tokoh akan dihadapkan dengan berbagai konflik yang mengajarkan mereka arti persahabatan dan cinta di masa remaja.

Penyampaian cerita yang seru dan slengean khas remaja membuat film ini masih jadi favorit banyak orang yang sulit digantikan.

3. Marmut Merah Jambu

Marmut Merah Jambu
Image Source: catch Play

Jika sedang mencari film remaja Indonesia yang ringan dan penuh unsur komedi Marmut Merah Jambu bisa jadi pilihan yang tepat untukmu. Pasalnya film adaptasi dari novel Raditya Dika ini selalu menyisipkan lawakan yang membuat para penonton tak habis pikir.

LEJIADA Proyektor Mini LED Home Cinema Portable HD 1080p - LP10 - Yellow - JakartaNotebook.com
LEJIADA Proyektor Mini LED Home Cinema Portable HD 1080p - LP10 termurah. Dapatkan dengan mudah LEJIADA Proyektor Mini LED Home Cinema Portable HD 1080p - LP10 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Menceritakan tentang perjuangan Dika mengejar cinta pertamanya, kita akan disuguhkan dengan kelakuan aneh bin ajaib Dika, Bertus, dan Cindy yang mendirikan klub detektif. Klub ini akan dihadapkan dengan kasus misterius yang membuat mereka harus melakukan segala cara untuk memecahkannya.

Akankah Dika berhasil mendapatkan sang pujaan hati? Bagaimana nasib klub detektif dengan kemampuan pas-pasan ini? Tonton filmnya sampai habis, ya!

4. Refrain

Refrain
Image Source: at The Movies

Jika kamu penggemar film yang dibintangi Maudy Ayunda, sekarang adalah saat yang tepat untuk menonton Refrain. Mengadopsi cerita dari novel berjudul sama karya Wina Efendi, film ini mengisahkan persahabatan Niki dan Nata.

Niki dan Nata adalah murid SMA yang bersahabat sejak lama. Meski awalnya berjalan lancar, lambat laun persahabatan ini mulai menghadapi berbagai rintangan.

Minijoy Mesin Electric Popcorn Maker Hot Air Corn Machine - NY-B810 - Red - JakartaNotebook.com
Minijoy Mesin Electric Popcorn Maker Hot Air Corn Machine - NY-B810 termurah. Dapatkan dengan mudah Minijoy Mesin Electric Popcorn Maker Hot Air Corn Machine - NY-B810 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Mulai dari Nata yang menyadari perasaannya pada Niki hingga masuknya orang-orang baru, film ini dapat menggambarkan masalah-masalah yang dialami remaja dengan sangat epik.

Pada akhirnya kita akan disuguhkan dengan ending yang menyentuh hati dan membuat kita dapat menghargai setiap usaha orang-orang terdekat kita.

5. Ada Apa dengan Cinta?

Ada Apa dengan Cinta?
Image Source: Disney Hotstar

Kembali ke kisah cinta remaja, Ada Apa dengan Cinta? Merupakan film remaja Indonesia klasik yang harus kamu tonton setidaknya sekali seumur hidup. Film ini menceritakan kisah Cinta, cewek populer di sekolah yang jatuh cinta dengan cowok misterius yang menyukai puisi bernama Rangga.

Perbedaan sifat yang mencolok membuat perjalanan hubungan dua sejoli ini jauh dari kata mulus. Puncaknya adalah saat Rangga harus meninggalkan Indonesia untuk berkuliah di luar negeri.

Remot Smart TV Box Proyektor Mouse Support Android Windows USB 2.4G - CR7 - Black - JakartaNotebook.com
Remot Smart TV Box Proyektor Mouse Support Android Windows USB 2.4G - CR7 termurah. Dapatkan dengan mudah Remot Smart TV Box Proyektor Mouse Support Android Windows USB 2.4G - CR7 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Selain kisah cinta yang manis dan bikin baper, keseruan film ini semakin terasa dengan adanya anggota geng Cinta dan karakter lainnya dengan berbagai karakter yang unik.

6. Eiffel... I'm in Love

Eiffel... I'm in Love
Image Source: Disney Hotstar

Benci jadi cinta bisa jadi kalimat yang cocok untuk menggambarkan film remaja Indonesia satu ini. Kisah Eiffel... I'm in Love dibuka dengan kedua tokohnya, Tita dan Adit, yang saling membenci.

Tita dibesarkan oleh keluarga overprotektif yang membuatnya tumbuh menjadi cewek SMA yang manja dan polos. Semua ini berubah saat ia diminta untuk menjemput anak dari teman orang tuanya yang ada di Prancis, Adit. Selama di Indonesia Adit akan menginap di rumah Tita.

Sifat Adit yang jutek dan dingin sering kali membuat Tita naik darah dan menyebabkan pecahnya pertengkaran. Lambat laun kebencian ini berubah menjadi perasaan baru yang sulit dijelaskan oleh keduanya.

Yang membuat film ini jadi ikonik adalah cara kedua tokoh memanggil namanya sendiri alih-alih menggunakan kata ‘aku’, ‘saya’, atau ‘gue’. Jadi makin penasaran, bukan?

7. Gita Cinta dari SMA

Gita Cinta dari SMAGita Cinta dari SMA
Image Source: Instagram/prillylatuconsina96

Rekomendasi film remaja Indonesia terakhir jatuh dari Gita Cinta dari SMA. Film yang rilis pada 2023 ini merupakan remake dari film tahun 1979 dengan judul yang sama.Film ini mengisahkan hubungan Galih dan Ratna, dua anak SMA yang berasa dari dunia berbeda.

Ratna yang adalah putri dari keluarga Jawa dilarang menjalin dengan Galih yang beretnis Sunda. Ayah Ratna yang sangat menentang hubungan ini kemudian berusaha memisahkan keduanya dengan berbagai cara.

Akan kah kisah cinta dua sejoli ini berhasil? Atau mereka harus mengalah dengan keadaan? Yuk, langsung tonton filmnya agar rasa penasaranmu terbayar!

Film remaja Indonesia memang jadi pilihan tontonan yang tepat untuk dinikmati di akhir pekan. Karakter yang masih naif dan polos sering membuat penonton berteriak gemas. Apalagi jika dibarengi dengan adegan dan gombalan yang manis.

Selamat menonton Jaknoters!