7 Film Romantis Terbaik Rayakan Valentine, Bikin Baper!

Telusuri 7 film romantis terbaik yang bikin baper maksimal, cocok untuk rayakan Valentine bersama doi.

7 Film Romantis Terbaik Rayakan Valentine, Bikin Baper!
Image source: Freepik/freepik

Menonton film adalah kegiatan hiburan yang bisa dilakukan di mana dan kapan saja untuk menghilangkan penat setelah seharian berkutat dengan setumpuk kesibukan yang tiada henti.

Salah satu genre film yang mampu menawarkan pengalaman menyenangkan, hangat, emosional kuat, dan juga menghibur adalah film romantis. Alur cerita yang memikat dan chemistry yang kuat di antara para pemerannya menjadikan film romantis sebuah pelarian bagi sebagian orang untuk menikmati indahnya cinta di dunia fantasi.

Film Romantis Terbaik yang Bikin Baper

Kamu yang sedang mencari daftar film romantis untuk ditonton saat Valentine, bisa cek rekomendasinya di bawah ini. Dijamin kamu bakal baper dan terharu selama menonton.

1. The Before Trilogy (1995, 2004, 2013)

The Before Trilogy (1995, 2004, 2013)
Image source: IMDB

Film romantis pertama yang wajib masuk list tontonanmu adalah The Before trilogi, yaitu Before Sunrise (1995), Before Sunset (2005), dan Before Midnight (2013).

Film yang dibintangi oleh pemeran yang sama yaitu Jesse (Ethan Hawke) dan Celine (Julie Delpy) mengisahkan pertemuan antara seorang pria dan perempuan yang menghabiskan banyak waktu mereka dengan bercengkerama.

Hal menarik dari film ini adalah dialog antara kedua pemain yang terasa ringan namun hangat mulai dari kehidupan, keluarga, hingga kondisi masing-masing tokoh. Alur cerita yang natural dan penyajian yang sangat realistis tanpa bumbu-bumbu drama berlebih menjadikan film ini sama sekali tidak membosankan.

Trilogi "Before" merupakan film perjalanan emosional yang berhasil memikat penonton akan pandangan mengenai cinta, kehidupan, dan hubungan manusia. Dialog tajam, penampilan akting luar biasa, dan pengarahan yang brilian dari Richard Linklater, menjadikan film ini salah satu karya yang paling dihargai dan banyak mendapat pujian dari kritikus film dalam sinema modern.

2. To All the Boys Trilogy (2018-2021)

To All the Boys Trilogy (2018-2021)
Image source: tvguide.com

Film romantis selanjutnya yang juga sekuel dan wajib masuk list adalah To All The Boys. Film orisinil Netflix ini bercerita mengenai kisah cinta gemas dan juga menyenangkan dari seorang gadis SMA keturunan Korea Selatan bernama Lara Jean (Lana Condor) bersama dengan sejumlah cowok yang pernah Ia taksir.

Tayang pada tahun 2018, To All Boys I Loved Before yang merupakan film pertama dari trilogi The All the Boys mendapatkan respons yang positif dari para pemirsa. Dikemas dengan cerita yang manis dan karakter yang memikat, serta chemistry yang kuat antara Lana Condor (Lara Jean) dan Noah Centino (Peter) berhasil membuat penonton baper maksimal.

Menyusul kesuksesannya, film ini akhirnya dibuat sekuel pada tahun 2020 dengan judul To All the Boys: PS I Still Love You, dan terakhir pada Februari 2021 To All the Boys: Always and Forever.

Memberikan cerita yang manis, lucu, dan menyentuh dengan karakter yang kuat menjadikan film ini berhasil memenangkan hati penonton di seluruh dunia terkhusus para remaja yang sedang kasmaran.

3. Dilan 1990

Dilan 1990
Image source: IMDB

Diangkat dari novel best seller karya Pidi Baiq, Dilan 1990 menjadi film romantis remaja yang harus kamu tonton. Film ini mengisahkan tentang kisah cinta antara Dilan (Iqbaal Ramadhan), remaja yang nakal namun penuh semangat, dengan Milea (Vanesha Prescilla), seorang siswi baru yang pindah ke sekolah Dilan.

Pertemuan yang diawali karena sebuah insiden kecil di dalam angkutan umum menjadikan kedua sejoli tersebut saling tertarik satu sama lain. Kisah hubungan keduanya yang penuh liku seperti gangguan dari mantan pacar Dilan, situasi keluarga Milea, serta pertarungan antar geng di sekolah membuat film ini berhasil mengoyak emosi penonton.

Meski berkisah mengenai anak sekolah, namun latar belakang cerita yang diambil pada tahun 1990, menjadikan film ini tidak hanya menarik ditonton oleh para remaja saja, tetapi juga orang dewasa untuk mereka bernostalgia mengingat kisah cinta semasa sekolah dulu.

4. From Up on Poppy Hill

From Up on Poppy Hill
Image source: ghibli.fandom.com

From Up on Poppy Hill merupakan sebuah film animasi Jepang yang diproduksi oleh Studio Ghibli. Film berlatar belakang Jepang tahun 1963, yang menceritakan pertemuan seorang remaja perempuan bernama Umi Matsuzaki dengan siswa senior di sekolahnya, Shun Kazama.

Keduanya harus terus saling terlibat karena memiliki kepentingan yang sama dalam menyelamatkan Klub Rumah Laut, sebuah bangunan tua di sekolah yang akan dihancurkan untuk rencana modernisasi kota. Karena intensitas pertemuan tersebut, akhirnya turut menimbulkan ikatan khusus di antara keduanya.

Animasi yang indah dan detail yang khas dari Studio Ghibli, menjadikan film ini terasa hidup dan juga memukau. Keindahan visual di setiap adegan berhasil memanjakan mata penonton sepanjang film diputar.

From Up on Poppy Hill menghadirkan cerita yang mengharukan tentang persahabatan, cinta, dengan visual yang menawan dan mendalam serta karakter yang memikat. Film ini layak ditonton bagi kamu yang penggemar animasi khususnya produksi dari Studio Ghibli.

5. 10 Things I Hate About You

10 Things I Hate About You
Image source: vox.com

Salah satu film komedi romantis terbaik sepanjang masa, 10 Things I Hate About You yang diperankan oleh Julia Sties dan almarhum Heath Ledger, adalah film romantis selanjutnya yang wajib kamu tonton.

Film remaja klasik yang terkenal karena adaptasi yang cerdas dan menyenangkan dari drama William Shakespeare, "The Taming of the Shrew", menghadirkan unsur percintaan, komedi, sarkasme, serta plot yang berhasil membuat penonton terharu dalam 97 menit

Film ini bercerita mengenai perjalanan cinta antara Kat Stratford seorang gadis keras kepala dengan siswa bereputasi buruk bernama Heath Ledger yang akhirnya terbuka terhadap cinta.

Dibintangi oleh Heath Ledger, Julia Stiles, Joseph Gordon-Levitt, dan Larisa Oleynik, film ini menghadirkan dialog yang cerdas, soundtrack yang menghibur, dan juga pesan yang kuat akan pengertian dan penerimaan.

Humor yang segar dan pesan akan pentingnya kesetiaan dalam film 10 Thing I Hate About you menjadikannya salah satu film remaja yang paling dicintai hingga saat ini.

6. Habibie & Ainun

Image source: IMDB

Habibie & Ainun adalah salah satu film romantis Indonesia yang berhasil merebut atensi 4 juta penonton selama masa penayangannya. Film yang menceritakan kisah perjalanan cinta antara Presiden ketiga Indonesia, B.J Habibie (diperankan oleh Reza Rahardian) dengan istrinya Ainun Besari (diperankan oleh Bunga Citra Lestari), sukses membuat penonton baper.

Dalam film ini, kamu dibawa untuk kenal dan tahu lebih dekat mengenai perjalanan karir seorang B.J Habibie dalam mewujudkan cita-citanya akan pesawat terbang dan juga cerita unik pertemuannya bersama sang istri dari masa sekolah hingga dewasa.

Film Habibie & Ainun memberikan gambaran yang intim tentang bagaimana kedua tokoh ini saling mendukung dan saling mencintai satu sama lain di tengah-tengah cobaan dan tantangan kehidupan.

Penuh cinta dan kasih, film ini tidak hanya menggambarkan perjalanan seorang tokoh bangsa tetapi juga kesetiaan dan pengorbanan untuk orang terkasih. Akting yang kuat antara Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari berhasil membuat film Habibie & Ainun meninggalkan kesan mendalam bagi penontonnya.

7. Teman Tapi Menikah

Teman Tapi Menikah
Image source: indonesianfilmcenter.com

Rekomendasi film romantis untuk Valentine yang terakhir masih datang dalam negeri sendiri, yaitu Teman Tapi Menikah. Film yang diangkat dari kisah nyata artis Ayudia Bing Slamet bersama sang suami Muhammad Pradana Budiarto alias Ditto Percussion, menggambarkan hubungan keduanya yang berawal dari sahabat berujung menjadi pasangan suami istri.

Film yang diperankan oleh Adipati Dolken dan Vanesha Prescilla ini menyuguhkan keseruan persahabatan masa SMA dan juga arti sejati dari cinta serta komitmen.

Humor yang khas plus pesan mendalam tentang cinta, pertemanan, dan komitmen, menjadikan film Teman Tapi Menikah sebuah hiburan yang menginspirasi mereka atau mungkin kamu yang mengalami dilema akan hubungan percintaan.

Meskipun beberapa kritikus menilai bahwa film ini cenderung mengikuti pola cerita yang klise dalam genre romantis, "Teman Tapi Menikah" tetap berhasil menjadi film yang menghibur dan memukau.

Dari kisah-kisah yang menggetarkan hati sampai dengan momen lucu dan haru, film romantis menawarkan pengalaman menonton yang tak terlupakan. Namun, sebelum mulai menonton jangan lupa siapkan camilan seperti popcorn atau keripik kentang yang telah kamu simpan dalam wadah toples.

Jangan lupa juga siapkan speaker Bluetooth atau proyektor agar pengalaman nontonmu semakin seru dan juga ramai. Kamu bisa mendapatkan itu semua di JakartaNotebook dengan harga yang pastinya murah.

Selamat menonton 🍿