6 Fungsi dan Manfaat Air Purifier, Wajib Punya!

Menghirup udara bersih yang bebas dari debu dan kotoran tentu menjadi dambaan, dan sama seperti air, udara bersih merupakan kebutuhan penting bagi setiap orang.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk memastikan kebersihan aliran udara di dalam ruangan mulai dari membuka jendela, melakukan perawatan pada area ventilasi, membersihkan rumah, dan mencuci pakaian serta mengganti seprai secara teratur.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan air purifier di dalam ruangan.

Air purifier sendiri merupakan perangkat elektronik yang dirancang untuk membersihkan udara dalam ruangan dengan menghilangkan partikel-partikel berbahaya, seperti debu, polutan udara, alergen, dan bau tidak sedap.

Meskipun air purifier tidak sepenuhnya dapat mengatasi masalah udara, tetapi dengan memilikinya di dalam ruangan sangat membantu menyaring udara menjadi lebih bersih.

Fungsi dan Manfaat Air Purifier di Dalam Ruangan

Jika kamu masih bertanya-tanya, apakah penting menggunakan perangkat ini di dalam ruangan? Hal tersebut tentunya tergantung pada lingkungan yang kamu tinggali.

Jika kamu berada di lingkungan yang asri dan udara di sekitar masih segar, kamu mungkin tidak begitu membutuhkannya.

Namun, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan air purifier jika memiliki hewan peliharaan, pengidap alergi atau asma, hidup dengan perokok, atau bahkan kamu tinggal di perkotaan yang sibuk dan dekat dengan wilayah konstruksi.

Berikut beberapa fungsi dan manfaat yang bisa kamu dapat dengan memiliki air purifier di dalam ruangan!

1. Menyaring Bahan Kimia Berbahaya

Image Source: Freepik/Freepik

Pada dasarnya, rumah dengan bentuk ruangan yang tertutup dapat menjadi tempat berkumpulnya bakteri, kuman, dan kotoran.

Bahkan bagi yang tinggal di wilayah perkotaan, sering kali polutan yang ada di luar ruangan ikut masuk dan mengotori rumah, loh! Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan berbagai masalah pada sistem pernapasan.

Memiliki air purifier di dalam ruangan dapat membantu mengalirkan udara bersih di dalam ruangan dengan bantuan filter yang dimiliki.

Terjaminnya kualitas udara dalam ruangan tentu memiliki dampak yang sangat besar dalam meningkatkan kualitas hidup. Hal ini karena kamu mungkin lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan.

2. Mengurangi Risiko Penularan Penyakit

Image Source: Freepik/Freepik

Udara yang terkontaminasi oleh partikel-partikel berbahaya seperti bakteri, virus, dan jamur dapat menjadi sumber penularan penyakit yang potensial.

Air purifier bekerja dengan menghilangkan partikel-partikel ini dari udara, sehingga mengurangi risiko terpaparnya penyakit dengan meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

Beberapa produsen air purifier juga dilengkapi dengan filter HEPA (High-Efficiency Particulate Air) yang sangat efektif dalam menangkap partikel-partikel kecil, termasuk bakteri dan virus.

3. Menghilangkan Bau Tak Sedap

Image Source: Freepik/Freepik

Selain fungsi utamanya untuk menyaring udara agar lebih segar, air purifier juga menjadi perangkat yang efektif dalam menghilangkan bau tidak sedap di dalam ruangan, seperti bau masakan, hewan peliharaan, atau asap rokok.

Dengan menggunakan filter karbon aktif, air purifier dapat menyerap dan menghilangkan partikel-partikel yang menyebabkan bau tidak sedap ini, dan membuat ruangan memiliki udara yang segar dan bersih.

NOBICO Pembersih Udara UV Air Purifier Cleaner 360 Degree - BC-AP-01 - White - JakartaNotebook.com
NOBICO Pembersih Udara UV Air Purifier Cleaner 360 Degree - BC-AP-01 termurah. Dapatkan dengan mudah NOBICO Pembersih Udara UV Air Purifier Cleaner 360 Degree - BC-AP-01 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

4. Mencegah Alergi dan Asma

Image Source: Freepik/Freepik

Bagi kamu yang memiliki alergi dan Asma, memiliki air purifier bisa menjadi penyelamat!

Air purifier mampu menangkap partikel-partikel yang pemicu alergi seperti bulu hewan perliharaan, serbuk sari, atau debu yang dapat memicu reaksi alergi. Alat ini mampu menghilangkan partikel kecil seperti debu dan asap untuk mencegah kambuhnya asma.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Image Source: Freepik/Freepik

Kegunaan air purifier lainnya adalah mampu meningkatkan kualitas tidur. Udara bersih dan segar tentu menjadi hal yang sangat penting sebagai faktor untuk tidur yang nyenyak dan berkualitas.

Air purifier membantu menciptakan lingkungan tidur yang sehat dengan membasmi partikel-partikel yang dapat mengganggu pernapasan dan menyebabkan alergi selama kamu sedang beristirahat.

Dengan udara yang bersih, kamu akan merasa lebih terjaga dan bagun lebih segar.

Petoneer Pembersih Udara Air Purifier Smart LED Odor - AOE020 - White - JakartaNotebook.com
Petoneer Pembersih Udara Air Purifier Smart LED Odor - AOE020 termurah. Dapatkan dengan mudah Petoneer Pembersih Udara Air Purifier Smart LED Odor - AOE020 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

6. Mencegah Pertumbuhan Jamur

Image Source: Freepik/Freepik

Jamur merupakan organisme yang dapat tumbuh dan berkembang biak di tempat-tempat yang lembab dan kurang ventilasi.

Udara yang tercemar oleh spora jamur dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti alergi, iritasi saluran pernapasan, gangguan pernapasan, dan penyakit lainnya.

Air purifier dapat menjadi jawaban mangetasi masalah kamu untuk mencegah pertumbuhan jamur di dalam ruangan, dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat.

Cara paling baik untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan adalah dengan menghindari sumber polutan, memastikan ventilasi bersih dan berfungsi dengan baik, seperti membiasakan hidup sehat seperti rutin membersihkan rumah.

Namun, memiliki air purifier dapat membantu kamu mendapatkan kualitas udara yang lebih baik.

Selalu ikuti berita terkait mengenai kualitas udara dan mengetahui indeks di wilayah yang kamu tinggali dapat sangat membantu kamu mengetahui seberapa besar masalah yang sedang dihadapi.

Selain air purifier, kamu juga bisa menemukan berbagai pilihan alat kebersihan lainnya, mulai dari lap microfiber, pel lantai, hingga robot vacuum cleaner dengan mudah dan murah di JakartaNotebook. Nikmati pula fitur COD dan promo spesial lainnya.