Mengenal Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsi Nebulizer

Nebulizer adalah perangkat yang mengubah cairan menjadi bentuk kabut atau mist sehingga bisa dihirup oleh pasien yang memiliki gangguan pada pernafasan seperti asma, bronkitis, infeksi saluran penafasan, sampai penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Nebulizer memiliki beberapa jenis mulai dari jet nebulizer, ultrasonic nebulizer, hingga mesh nebulizer. Setiap nebulizer memiliki cara kerja, fungsi dan manfaat yang berbeda.

Jika ingin mengetahui secara lebih lanjut tentang cara kerja dan fungsi nebulizer, yuk simak artikel di bawah ini.

Fungsi Nebulizer

Image Source: Healthline

Ada berbagai fungsi nebulizer yang bermanfaat untuk membantu pengidap gangguan pernafasan. Berikut adalah beberapa fungsi nebulizer:

1. Mengatasi Masalah Pernapasan

Fungsi nebulizer yang pertama adalah pastinya digunakan untuk mengobati dan mengurangi gejala masalah pernapasan, seperti asma, bronkitis, dan penyakit paru obstruktif kronis (COPD). Penggunaan nebulizer membantu melonggarkan saluran pernapasan dan meredakan sesak napas.

2. Memberikan Obat Langsung ke Saluran Pernapasan

Dengan mengubah obat cair menjadi kabut, nebulizer memungkinkan obat melewati mulut dan hidung secara efisien, mencapai area yang diperlukan dalam sistem pernapasan.

3. Meningkatkan Penyerapan Obat

Kabut halus yang dihasilkan oleh nebulizer memiliki partikel yang sangat kecil, meningkatkan kemampuan obat untuk diserap oleh paru-paru. Hal ini memungkinkan pengobatan yang lebih efektif dibandingkan dengan metode pengobatan pernapasan lainnya.

4. Memudahkan Pemakaian pada Anak-anak dan Orang Tua

Nebulizer sering digunakan pada anak-anak atau orang tua yang sulit menggunakan alat pengobatan konvensional, seperti inhaler. Kabut yang dihasilkan oleh nebulizer lebih mudah dihirup, membuatnya ideal untuk semua kelompok usia.

5. Pengobatan yang Akurat

Nebulizer memberikan dosis obat yang akurat dan konsisten. Ini memastikan pasien menerima jumlah obat yang tepat sesuai dengan resep dokter.

TaffOmicron Alat Terapi Pernapasan Handheld Inhaler Nebulizer Machine Battery - JSL-W302 - Blue/White - JakartaNotebook.com
TaffOmicron Alat Terapi Pernapasan Handheld Inhaler Nebulizer Machine Battery - JSL-W302 termurah. Dapatkan dengan mudah TaffOmicron Alat Terapi Pernapasan Handheld Inhaler Nebulizer Machine Battery - JSL-W302 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

6. Menangani Kondisi Pernapasan Kronis

Fungsi nebulizer yang terakhir adalah sering digunakan dalam pengobatan jangka panjang untuk kondisi pernapasan kronis. Pasien dengan penyakit seperti fibrosis kistik atau penyakit paru-paru interstisial sering mengandalkan nebulizer untuk memudahkan pengelolaan penyakit mereka.

Cara Kerja Nebulizer

Image Source: VocalMist

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, nebulizer memiliki beberapa jenis dan setiap jenisnya memiliki cara kerja yang berbeda. Jet nebulizer menggunakan kompresor udara untuk menciptakan aliran udara kuat yang mengarahkan obat cair melalui tabung ke cup nebulizer. Jet nebulizer efektif dan cocok untuk berbagai jenis obat-obatan.

Nebulizer ultrasonik menggunakan gelombang ultrasonik tinggi untuk menghasilkan kabut dari obat cair. Mereka cenderung lebih tenang dan memerlukan waktu yang lebih singkat untuk menghasilkan kabut dibandingkan dengan jet nebulizer. Nebulizer ini cocok untuk anak-anak atau orang yang memiliki kesulitan menggunakan perangkat yang berisik.

TaffOmicron Alat Terapi Pernafasan Asma Inhale Nebulizer - YM-3R9 - White - JakartaNotebook.com
TaffOmicron Alat Terapi Pernafasan Asma Inhale Nebulizer - YM-3R9 termurah. Dapatkan dengan mudah TaffOmicron Alat Terapi Pernafasan Asma Inhale Nebulizer - YM-3R9 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Mesh nebulizer menggunakan teknologi mesh atau jaring getaran untuk memecah obat menjadi partikel yang sangat halus. Mereka cenderung ringan dan kompak, membuatnya mudah dibawa. Mesh nebulizer juga dapat memberikan dosis obat yang lebih akurat.

Namun, apapun jenis nebulizernya, semuanya memiliki fungsi yang sama yaitu mengubah cairan menjadi uap atau partikel-partikel kecil.

Cara Menggunakan Nebulizer

Image Source: NewsRoom

Secara umum, nebulizer bisa digunakan dengan cara di bawah ini:

  1. Cuci tangan sebelum menggunakan nebuliser untuk menghilangkan debu dan bakteri yang menempel.
  2. Tambahkan obat ke dalam cangkir obat sesuai resep dokter.
  3. Pasang bagian atas, tabung, masker, dan corong nebulizer.
  4. Pasang pipa ke mesin, sesuai petunjuk yang ada di pentunjuk penggunaan produk.
  5. Nyalakan mesin dan tunggu hingga nebulizer mengeluarkan kabut.
  6. Saat menggunakan nebulizer, pegang corong dan cangkir obat dalam posisi tegak untuk membantu mengalirkan semua obat
  7. Ambil napas perlahan dan dalam melalui corong dan hirup semua obatnya

Nah itu dia tadi penjelasan tentang pengertian, cara kerja dan fungsi nebulizer. Untuk penggunaan nebulizer yang lebih praktis, kamu bisa menggunakan nebulizer portable yang bisa beli di JakartaNotebook.

JakartaNotebook juga menyediakan aneka pilihan alat kesehatan lain yang wajib kamu miliki di rumah, seperti tensimeter, timbangan badan, hingga kamera endoskopi yang pastinya dibanderol dengan harga #DijaminMurah.


Sumber:

MedicalNewsToday. Nebulizers: What they are and how to use them. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324947

WebMD. Nebulizer. https://www.webmd.com/asthma/home-nebulizer-therapy

VeryWellHealth. How to Use a Nebulizer for Asthma. https://www.verywellhealth.com/how-to-use-a-nebulizer-p2-200785