Kenali Tanda & Gejala Demam Berdarah yang Perlu Diwaspadai

Waspada dan kenali gejala demam berdarah (DBD) seperti demam tinggi, nyeri otot, sakit kepala, hingga mual agar segera mendapatkan pertolongan.

Kenali Tanda & Gejala Demam Berdarah yang Perlu Diwaspadai
Image source: Freepik/jcomp

Menjelang musim hujan, hal yang sangat perlu kamu perhatikan adalah genangan air yang ada di sekitar rumah. Pasalnya genangan air bisa menjadi tempat nyamuk Aedes aegypti yang jadi penyebab demam berdarah untuk menetaskan telurnya.

Perkembangan nyamuk Aedes aegypti yang cepat di musim hujan itu lah yang kemudian menyebabkan peningkatan penyakit demam berdarah dengue (DBD). Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan dapat mengancam nyawa apabila tidak ditangani dengan segera.

Demam berdarah tidak hanya menyerang anak-anak, tapi juga orang dewasa. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui serta mulai peduli terkait tanda dan gejala saat seseorang terkena demam berdarah.

Tanda dan Gejala Demam Berdarah

Tanda dan Gejala Demam Berdarah
Image source: Freepik/user18526052

Virus Dengue yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ini bisa mengakibatkan dua kondisi pada penderitanya, yaitu demam dengue dan demam berdarah dengue (DBD).

Keduanya memiliki perbedaan, di mana demam dengue memiliki gejala yang ringan atau tidak membuat pembuluh darah bocor. Sementara, demam berdarah dengue memiliki gejala yang berat di mana pembuluh darah bisa mengalami kebocoran.

Berikut gejala awal DBD yang perlu kamu waspadai agar bisa segera mendapatkan penanganan medis:

1. Demam Tinggi yang Mendadak

Pada tahap awal demam berdarah sulit dibedakan dengan flu biasa. Namun, mereka yang menderita DBD bisa mengalami demam secara mendadak hingga 38 derajat Celsius lebih dan tidak disertai dengan gejala bersin atau batuk.

2. Nyeri Otot, Tulang, atau Sendi

Setelah demam, pasien yang terjangkit DBD akan mengalami nyeri pada beberapa bagian tubuh seperti nyeri pada otot, tulang, atau bagian sendi. Bahkan tidak jarang juga menimbulkan rasa sakit di belakang mata.

3. Sakit Kepala Parah

Setelah demam, biasanya akan muncul rasa sakit di kepala yang parah.

4. Mual dan Muntah

Gejala demam berdarah selanjutnya biasa dimulai dalam 24-48 jam setelah demam menghilang. Salah satunya muntah secara terus-menerus sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman di area perut dan punggung.

5. Kelelahan

Setelah melewati fase yang disebutkan di atas, penderita DBD akan merasakan kelelahan sehingga badan terasa lemah dan lesu yang berujung menurunnya nafsu makan.

Tanda dan gejala demam berdarah dapat berkembang secara cepat. Demam berdarah tingkat berat dapat menyebabkan syok, pendarahan internal, kegagalan organ, hingga kematian. Berikut tanda dan gejala DBD tingkat berat yang perlu kamu tahu:

  • Penurunan kesadaran
  • Tekanan darah rendah
  • Kedua tangan dan kaki terasa dingin
  • Sakit perut, nyeri saat ditekan
  • Pendarahan dari hidung atau gusi
  • Muntah darah
  • BAB berwarna gelap dan lengket
  • Kesulitan bernapas

Pertolongan Pertama Penderita Demam Berdarah

Pertolongan Pertama Demam Berdarah
Image source: Freepik/freepik

Jika kamu menemukan tanda dan gejala demam berdarah seperti yang disebutkan di atas, ada baiknya kamu melakukan pertolongan pertama seperti beberapa langkah berikut:

  • Cukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih 2-3 liter per hari untuk menjaga hidrasi tubuh. Kamu juga dapat minum jus buah, larutan oralit, dan susu.
  • Konsumsi obat penurun panas untuk menurunkan demam.
  • Istirahat total selama demam.
  • Kompres hangat tubuh yang demam, termasuk ketiak, kepala, dan selangkangan.
  • Apabila terjadi kejang, jaga lidah agar tidak tergigit dan jangan beri apa pun selama kejang berlangsung.

Jika setelah pertolongan pertama gejala DBD tidak kunjung mereda yang diikuti muncul bintik merah atau gejala lebih berat, segera mencari bantuan medis agar bisa cepat ditangani.

Jangan lupa untuk melakukan 3M, yaitu menguras tempat penampungan air, menutup tempat-tempat penampungan air, dan mendaur ulang barang-barang bekas.

Selain itu, kamu juga bisa memasang kelambu, menyediakan alat pembasmi nyamuk, hingga menggunakan raket nyamuk di rumah sebagai langkah antisipasi lainnya. Dapatkan alat penangkal dan perangkap nyamuk tersebut di JakartaNotebook yang sudah pasti murahnya.


Sumber:

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Gejala Demam Berdarah yang Perlu Diwaspadai. https://ayosehat.kemkes.go.id/gejala-demam-berdarah-yang-perlu-diwaspadai

WHO. Dengue and Severe Dengue. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/dengue-and-severe-dengue

CDC. Dengue. https://www.cdc.gov/dengue/index.html

Mayo Clinic. Dengue Fever. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dengue-fever/symptoms-causes/syc-20353078