Gunakan Grow Light Bagi Anda yang Ingin Berkebun di Dalam Ruangan

Keinginan Anda untuk berkebun tidak terealisasi karena keterbatasan lahan? Saatnya Anda mencoba berkebun di dalam ruangan dengan bantuan grow light.

Gunakan Grow Light Bagi Anda yang Ingin Berkebun di Dalam Ruangan
Source Image: Unsplash

Keinginan Anda untuk berkebun tidak terealisasi karena keterbatasan lahan? Saatnya Anda mencoba berkebun di dalam ruangan. Meskipun tanpa hadirnya sinar matahari secara langsung, Anda tetap dapat menanam segala jenis tanaman di dalam ruangan dengan bantuan lampu pertumbuhan atau grow light.

Grow light disinyalir dapat menggantikan peran matahari bagi tanaman, terutama saat melakukan fotosintesis. Hal itu terjadi karena grow light memiliki spektrum cahaya yang lengkap sehingga dapat dikatakan replika dari matahari.

Dilansir dari Gardeners, sinar matahari mengandung spektrum cahaya yang lengkap termasuk semua warna pelangi, seperti merah, kuning, biru hingga ungu. Spektrum cahaya tersebut dirancang pada lampu pertumbuhan supaya tanaman di dalam ruangan dapat diperlakukan sama seperti di luar ruangan.

Terdapat beberapa tanaman yang dapat tumbuh dengan sistem pencahayaan tersebut seperti tanaman sayuran, buah, dan juga anggrek. Grow light sangat ideal untuk tanaman yang masih berbentuk benih agar menghasilkan bibit yang baik nantinya. Maka dari itu, grow light sangat baik untuk pembibitan serta tanaman hias, herbal, dan lainnya.

Di beberapa negara dengan musim dingin, grow light kerap digunakan untuk menyinari tanaman guna menyiasati minimnya cahaya matahari pada musim tersebut.

Apabila Anda mulai tertarik untuk menanam di dalam ruangan, sangat disarankan menggunakan grow light yang baik. Terutama lampu yang dilengkapi dengan cahaya biru, karena berfungsi merangsang pertumbuhan akar tanaman agar lebih kuat serta mempercepat fotosintesis sehingga tanaman dapat tumbuh maksimal.

Untuk pemilihan grow light sangat disarankan memakai LED karena hemat energi, ekonomis, dan ramah lingkungan. Grow light LED biasanya telah dikalibrasi agar dapat menumbuhkan tanaman di dalam ruangan. Terlebih untuk bibit tanaman hias dan tanaman ruangan yang dapat membuatnya jadi lebih sehat serta kuat.