6 Hal Spesial di Bulan Oktober yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!

6 Hal Spesial di Bulan Oktober yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!

Bukan cuma sekedar pesta halloween loh!

Hai Jaknoters! Gak terasa ya kita udah masuk ke bulan yang baru lagi yaitu bulan Oktober 2020. Sebelum membahas tentang apa saja hal spesial di bulan Oktober yang mungkin belum kamu ketahui, yuk bahas dulu tentang Bulan Oktober secara singkat.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa bulan Oktober ini adalah urutan bulan kesepuluh dalam kalender. Oktober ini memiliki jumlah hari sebanyak 31 hari. Mungkin kalian yang menanti-nanti tanggal merah di bulan Oktober ini gak akan puas karena dikit banget tanggal merahnya. Pada bulan Oktober ada tanggal merah hari Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 29 Oktober.

Kalau bicara tentang musim di Indonesia sendiri, saat bulan Oktober sampai April Indonesia mengalami musim hujan. Oleh karena itu gak heran dong beberapa wilayah di Indonesia sudah mulai sering turun hujan. Jika kamu lahir di bulan Oktober maka zodiaknya adalah zodiak Libra atau Scorpio tergantung pada tanggal lahirnya. Nah kalau kamu kelahiran Oktober, pasti kebanyakan itu orangnya cinta damai dan setia deh!

Tanpa basa-basi lagi yuk langsung ketahui apa aja sih 6 hal spesial yang ada di bulan Oktober!

Bulan Oktober adalah bulan ke 8, loh kok bisa?

Bingung gak sih kamu baca kalimat di atas? Bulan Oktober kan ada di urutan kesepuluh dalam kalender tahunan seperti biasanya. Tapi tahukah kamu jika ternyata kata bulan "Oktober" ini merupakan dari Bahasa Belanda "octo" yang berarti "delapan". Maka ketika tahun dahulu kala sebelum masuk kalender disempurnakan, bulan pertama adalah bulan Maret sehingga Oktober menjadi bulan yang kedelapan.

Bunga kelahirannya penanda optimisme dan ketenangan

Hal Spesial di Bulan Oktober yang Mungkin Belum Kamu Ketahui! | Sumber : unsplash

Di dunia ini ada banyak sekali ragam bunga. Bahkan setiap bulan memiliki bulan kelahiran yang menjadi simbol dari bulan tersebut. Untuk bulan Oktober ini, yang menjadi bunga kelahirannya yaitu bunga Calendula. Bunga ini kadang juga dikenal dengan sebutan bunga Marigold. Bunga ini memiliki banyak kegunaan loh!

Bunga marigold serta daunnya dapat dikonsumsi seperti untuk salad bahkan sop. Dalam dunia dapur bunga kelahiran bulan Oktober ini bisa dijadikan sebagai bumbu juga zat pewarna alami. Bunga ini juga amat cocok dijadikan sebagai antiseptik karena mengandung hormon dan vitamin A precursors.

Dua batu kelahiran yang sangat bermakna

Jika bunga kelahiran bulan Oktober yaitu bunga Calendula, maka simbol batu untuk bulan Oktober adalah dua batu mulia yaitu batu Opal dan Tourmalin. Batu Opal ini berwarna putih yang melambangkan harapan, kepolosan dan kemurnian. Sedangkan batu Tourmalin itu permata berwarna gelap yang melambangkan energi dan stamina. Kamu yang lahir di bulan Oktober ini harus bangga ya karena di dalam diri kamu mengandung nilai yang bermakna untuk hidup.

Peringatan kesadaran akan kanker payudara

Hal Spesial di Bulan Oktober yang Mungkin Belum Kamu Ketahui! | Sumber : unsplash

Setiap bulan Oktober diperingati hari kesadaran akan kanker payudara. Peringatan ini merupakan kampanye kesehatan tahunan yang dilakukan oleh berbagai lembaga amal khusus penanganan kanker payudara. Peringatan hari kesadaran kanker payudara ini biasanya menyampaikan pengetahuan seputar kanker payudara mulai dari penyebabnya, penanganan hingga pencegahan. So, penting banget untuk memperingati hari kesadaran ini di bulan Oktober.

Bulan horror

Pesta Halloween dirayakan pada bulan Oktober tepatnya 31 Oktober. Perayaan Halloween ini sendiri berawal dari kepercayaan dan adat istiadat masyarakat bangsa Kelt  yang sekarang kita kenal sebagai Irlandia, Inggris dan Perancis. Namun semakin tahun mulai masuk ke negara lain termasuk Indonesia. Halloween ini sendiri merupakan festival yang mungkin ditunggu-tunggu masyarakat khususnya anak muda. Biasanya saat Halloween kamu akan menemukan banyak orang yang berdandan horror atau karakter unik.

MEGA SALE 10.10 JakartaNotebook

MEGA SALE 10.10 JakartaNotebook

Memasuki 3 bulan terakhir ini, mulai dari bulan Oktober - Desember adalah promo Harbolnas. Nah, di bulan Oktober 2020 ini kamu bisa mulai menikmati serunya belanja online dalam promo MEGA SALE 10.10 JakartaNotebook. Dalam promo ini ada produk pilihan yang pastinya bisa menunjang kegiatan kamu. Produk berkualitas yang ditawarkan dalam promo spesial 10.10 kali ini bisa kamu miliki hanya dengan harga SERBA 10Rb-an loh! Buruan cek website JakartaNotebook karena promo ini hanya berlangsung di tanggal 10 Oktober 2020. So, pastikan kamu tidak melewatkan promo Harbolnas satu ini Jaknoters!

Jangan lewatkan hal-hal spesial di bulan Oktober 2020 ini ya!