7 Hal ini Wajib Kamu Lakukan Setelah Banjir

7 Hal ini Wajib Kamu Lakukan Setelah Banjir

Halo Jaknoters! Sedih sekali beberapa hari ini banyak yang harus terkena musibah banjir. Semoga kalian selalu aman ya!

Banjir merupakan peristiwa meluapnya air yang menggenangi permukaan tanah, dengan ketinggian yang melebihi batas normal. Hal ini disebabkan oleh curah hujan yang tinggi, badai, gelombang pasang, atau peristiwa alam lainnya. Banjir juga dapat diakibatkan oleh perilaku manusia, seperti kurangnya daerah resapan air, buruknya penanganan sampah dan saluran air, dan sebagainya.

foto : ilustrasi

Seperti yang kita ketahui, beberapa waktu yang lalu baru saja terjadi banjir di beberapa kota khususnya Jabodetabek. Namun berita terbaru pagi ini yaitu sudah terdapat beberapa titik banjir yang mulai surut dan mengering. Biasanya ketika kondisi sudah memungkinkan, para pemilik rumah akan segera kembali dari tempat pengungsian ke tempat tinggal untuk membersihkan rumah.

Nah, apa aja sih tindakan-tindakan lain yang mesti kudu wajib dilakuin ketika banjir sudah surut agar situasi dapat kembali nyaman? Yuk kita bahas satu per satu, semoga membantu!

1. Membersihkan tempat tinggal dan lingkungan rumah

Kalau untuk yang satu ini pasti kalian semua sudah pasti melakukannya, karena hal ini adalah yang paling utama dan penting ketika banjir sudah surut. Perabotan rumah yang sudah berantakan dan sekiranya masih bisa digunakan bisa segera kamu bersihkan dengan benar supaya tidak meninggalkan bakteri.

Jika kamu harus membersihkan rumah dalam keadaan tidak ada listrik, maka kamu bisa memanfaatkan Senter atau penerangan tanpa listrik yang bisa sangat membantu.

2. Gunakan selalu alas kaki

Ketika dalam kondisi seperti ini usahakan untuk selalu menggunakan Alas Kaki karena kamu tentu harus waspada dengan binatang berbahaya seperti lintah, ular serta benda-benda tajam lainnya yang terbawa banjir.

Selain untuk diri sendiri, bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan yaitu anjing, kamu dapat mengenakannya jaket semacam Jas Hujan Anjing yang bisa melindunginya dari kedinginan serta hujan yang masih turun.

3. Membersihkan lumpur

Untuk kamu yang di dalam tempat tinggalnya banyak lumpur banjir, kamu bisa menggunakan Semprotan Air yang biasa digunakan untuk cuci steam mobil, karena tekanan yang dihasilkan cukup kencang hingga mampu membuat lumpur lepas lebih mudah dari sudut-sudut ruangan yang sulit dibersihkan.

4. Cek kualitas air

Air bersih menjadi salah satu komponen penting dalam rumah yang sulit didapatkan ketika banjir melanda. Maka dari itu, ketika banjir telah surut kamu perlu mengecek kualitas air yang ada di rumah, baik air keran maupun untuk air dengan penggunaan shower. Kamu bisa menggunakan Alat Ukur Kualitas Air untuk mendeteksi apakah air mengandung bahan berbahaya karena terkontaminasi banjir.

Setelah mengecek kualitas air di dalam rumah, kamu pasti memerlukan filter air untuk membantu menyaring air yang terdeteksi tidak bersih tadi. Kamu bisa menggunakan Alat Filter Air untuk Keran maupun Alat Filter untuk Shower di kamar mandi.

5. Mengecek peralatan elektronik

Setelah banjir melanda, pastinya banyak di antara kamu yang peralatan elektroniknya rusak karena terendam banjir. Maka dari itu kamu bisa mulai mengecek kondisinya apakah masih layak pakai atau tidak. Jika tidak kamu bisa langsung memesan beragam Perlengkapan Elektronik Rumah dari JakartaNotebook. Di sana kamu bisa dengan mudah menemukan rice cooker, setrika, vacuum cleaner serta perlengkapan lainnya yang sesuai dengan kebutuhanmu.

6. Periksa kondisi kendaraan yang terendam banjir

Masalah lain ketika banjir selain rumah adalah kendaraan. Tak jarang banyak kendaraan seperti motor dan mobil yang terendam banjir karena tidak lagi bisa melarikan diri. Oleh karena itu, kamu harus segera membawanya ke bengkel atau tempat servis terdekat agar bisa segera ditangani oleh ahlinya. Nah..untuk berbagai jok mobil yang perlu diganti dengan yang barum kamu bisa langsung cek dan pesan di JakartaNotebook karena terdapat beragam Cover Jok Mobil yang berkualitas dan murah.

7. Pastikan kesehatan

Selalu ingat bahwa setelah banjir surut, biasanya banyak sampah yang hanyut, kotoran lumpur, serta genangan air yang masih ada di sekitar rumah. Berbagai penyakit bisa berjangkit, terutama disebabkan oleh air yang kotor, cara hidup tidak sehat oleh karena itu jangan lupa perhatikan kondisi kesehatan terutama si kecil. Kamu bisa memperhatikan kelembapan udara di dalam ruangan rumah setelah dibersihkan dengan Air Humidifier Portable dari Taffware ini loh! Dijamin kondisi rumah segera kembali nyaman dengan sirkulasi udara yang berkualitas.

Dapatkan semua peralatan penanganan banjir di JakartaNotebook dengan mudah, cepat, dan amat sangat membantu. So.. cek website dan aplikasinya sekarang juga! Semoga bermanfaat Jaknoters :)