Harga Tiket Festival Lampion Waisak 2024 Candi Borobudur!

Penasaran berapa harga tiket Festival Lampion Waisak 2024 di Candi Borobudur? Simak artikel ini dan jangan lewatkan pesona ribuan cahaya lampion!

Harga Tiket Festival Lampion Waisak 2024 Candi Borobudur!
Image Source: Instagram @injourney.id dan @borobudurpark

Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki cerita yang panjang mengenai berbagi sejarah ini menghasilkan kekayaan budaya dan ragam adat istiadat dari berbagai daerah.

Ragam budaya yang dapat kita rasakan salah satunya adalah festival lampion di Candi Borobudur yang rutin digelar setiap tahun. Dimana kamu akan dimanjakan dengan keindahan ribuan cahaya lampion yang menerangi langit malam.

Meskipun Candi Borobudur merupakan tempat keagamaan bagi umat Buddha, tetapi peninggalan arkeologi terbesar ini diminati oleh wisatawan dari berbagai latar belakang, dan festival lampion tidak hanya terbatas untuk agama Buddha saja.

Penasaran berapa harga tiket dan rundown Festival Lampion Waisak 2024 di Candi Borobudur? Simak artikel ini sampai habis, ya!

Apa itu Festival Lampion di Candi Borobudur?

Festival lampion yang akan digelar di Candi Borobudur ini merupakan salah satu perayaan Hari Raya Waisak yang penuh makna bagi umat Buddha.

Hari Raya Waisak sendiri merupakan salah satu perayaan penting dalam memperingati 3 peristiwa besar dalam kehidupan Siddhartha Gautama, yaitu kelahiran, pencerahan, dan kematian.

Dirayakan dengan berbagai cara di seluruh dunia, umat Buddha biasanya hadir dalam upacara keagamaan di vihara, meditasi, pembacaan kitab suci, dan prosesi lilin. Selain itu, pada saat ini umat Buddha juga sering melakukan perbuatan baik seperti memberikan makanan kepada yang membutuhkan, melepaskan hewan ke alam bebas, seperti ikan yang akan dilepas di Sungai Progo yang menjadi wujud melestarikan alam.

Tiket Festival Lampion di Candi Borobudur

Tiket Festival Lampion di Candi Borobudur
Image Source: Tiket.com

1. Jadwal Festival Lampion di Candi Borobudur

Akan segera digelar sebagai perayaan Hari Raya Waisak, festival lampion Candi Borobudur ini dapat kamu akses melalui https://waisakborobudur.com/, atau tiket.com dan telah ditutup pada tanggal 15 Mei 2024.

Perayaan ini biasanya jatuh pada bulan Mei atau Juni, tergantung pada kalender lunar yang digunakan. Sementara pada tahun ini, puncak perayaan Trisuci Waisak 2568 BE jatuh pada hari Kamis, 23 Mei 2024.

Terbagi menjadi 2 sesi, berikut adalah jadwal lengkap festival lampion di Candi Borobudur:

  • Sesi 1: Pukul 19.00-21.00 WIB
  • Sesi 2: Pukul 21.30-22.30 WIB

2. Lokasi Festival Lampion di Candi Borobudur

Kamu dapat menuju lokasi menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Festival lampion yang akan diselenggarakan di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah pada malam hari, tepatnya berada di Lapangan Marga Utama Candi Borobudur, atau kamu dapat klik link Maps ini.

Lapangan Marga Utama Candi Borobudur merupakan area luas yang tepat untuk menerbangkan, dan menikmati keindahan cahaya lampion di langit malam.

Ousam Lampu Hias String Lights Lampion Solar 20 LED 8 Modes 5M - M202 - Multi-Color - JakartaNotebook.com
Ousam Lampu Hias String Lights Lampion Solar 20 LED 8 Modes 5M - M202 termurah. Dapatkan dengan mudah Ousam Lampu Hias String Lights Lampion Solar 20 LED 8 Modes 5M - M202 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Harga Festival Lampion di Candi Borobudur

Tiket festival lampion dihargai Rp600.000 bagi pengunjung lokal dan asing. Selama prosesi pelepasan lampion, kamu dapat menuliskan doa dan harapan yang diinginkan melalui stiker, kemudian tempelkan pada lampion yang akan diterbangkan.

Lampion terbang atau sky lantern sendiri digunakan sebagai simbol harapan dan doa, sebelum melepaskannya ke langit. Ketika lampion terbang, harapan tersebut diharapkan akan sampai kepada dewa-dewa atau langit.

Rundown Festival Lampion di Candi Borobudur

Rundown Festival Lampion di Candi Borobudur
Image Source: Instagram @injourney.id dan @borobudurpark

Menjadi salah satu festival yang paling dinantikan, dan merupakan ritual dalam upacara keagamaan umat Buddha, keindahan lampion ini dapat kamu hadiri pada tanggal 23 Mei 2024, dengan open gate yang dimulai pada pukul 18.00 WIB melalui 2 sesi, diantaranya:

  • Pukul 08.00-16.300 WIB: Penukaran tiket lampion yang telah kamu beli.
  • Pukul 18.00-19.00 WIB: Open gate peserta pelepasan lampion di area Marga Utama.
  • Pukul 19.00-21.00 WIB: Sesi 1 pelepasan lampion.
  • Pukul 20.52-21.00 WIB: Detik-detik Waisak, kemudian dilanjutkan dengan pelepasan lampion.
  • Pukul 21.00-21.30 WIB: Peserta sesi 1 keluar area pelepasan lampion, lalu peserta sesi 2 masuk area pelepasan lampion.
  • Pukul 21.30-23.00 WIB: Sesi 2 pelepasan lampion.
  • Pukul 23.00 WIB-selesai: Penutupan.
NITECORE Senter Kepala LED Headlamp Dual Beam Motion Sensor USB 150lm - NU11 - Black/Yellow - JakartaNotebook.com
NITECORE Senter Kepala LED Headlamp Dual Beam Motion Sensor USB 150lm - NU11 termurah. Dapatkan dengan mudah NITECORE Senter Kepala LED Headlamp Dual Beam Motion Sensor USB 150lm - NU11 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Ketentuan Festival Lampion di Candi Borobudur

Tentunya dalam menghadiri festival lampion di Candi Borobudur ini memiliki syarat dan ketentuan untuk memastikan perayaan Hari Raya Waisak dapat berjalan dengan suasana yang khusyuk dan penuh pengabdian.

  • Pengunjung wajib berusia minimum 7 tahun, dan anak-anak harus didampingi orang tua.
  • Wajib datang sesuai tanggal dan jam/sesi yang ditentukan dengan membawa kartu identitas yang berlaku dan bukti pembelian. Apabila datang tidak sesuai dengan tanggal dan jam/sesi yang sudah ditentukan, tiket tidak berlaku.
  • Tiket yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan.
  • Wajib menjaga keheningan dan kehikmatan selama acara berlangsung (alat komunikasi di non aktifkan/silent).
  • Kenakan pakaian yang tentukan, yaitu pakaian serba putih (baik atasan atau bawahan). Pakaian yang dikenakan harus sopan dan rapi karena acara yang diikuti bagian dari kegiatan keagamaan.
  • Harga tiket berlaku untuk 1 orang dan penerbangan lampion akan dilakukan minimal oleh 4 orang pengunjung dengan dipandu oleh panitia yang bertugas.

Siap menikmati ribuan cahaya lampion di Candi Borobudur? JakartaNotebook punya koleksi perlengkapan traveling seperti penutup mata, bantal leher, hingga gembok TSA dengan kualitas terbaik dan harga yang lebih murah karena langsung dari pusatnya!