Hari Remaja Internasional 2023: Kenali Sejarah & Temanya

Jatuh setiap tanggal 12 Agustus, hari remaja internasional 2023 diperingati untuk menyatukan para remaja di seluruh dunia.

Hari Remaja Internasional 2023: Kenali Sejarah & Temanya
Image Source: Freepik/Freepik

Tahukah kamu, selain merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, bulan Agustus juga memiliki satu hari penting lainnya yakni Hari Remaja Internasional atau International Youth Day. Diperingati setiap tanggal 12 Agustus, hari penting ini mempromosikan perubahan sosial dan perdamaian.

Ingin menyatukan remaja dari seluruh dunia, kamu bisa menghadiri berbagai kegiatan, mulai dari konser, workshop, pawai, hingga diskusi antara para remaja dan pemerintah di seluruh dunia.

Penasaran dengan serunya perayaan khusus untuk remaja ini? Yuk, sejarah, tujuan, dan teman perayaan Hari Remaja Internasional 2023 lewat ulasan di bawah ini.

Sejarah Hari Remaja Internasional 2023

Sejarah Hari Remaja Internasional 2023
Image Source: Freepik/Freepik

Pada awalnya rencana tentang Hari Remaja Internasional dibuat tahun 1991. Pada waktu itu pemuda yang menjadi bagian dari PBB atau UN sedang melaksanakan World Youth Forum of the United Nations System di Wina, Austria.

Forum ini kemudian menghasilkan rekomendasi bahwa perlu diadakannya Hari Remaja Internasional yang bertujuan untuk membantu proses penggalangan dana serta promosi United Nations Youth Fund atau Dana Pemuda Perserikatan Bangsa-Bangsa agar dapat bekerjasama dengan organisasi pemuda di seluruh Indonesia.

Rekomendasi ini kemudian baru dapat dilaksanakan pada tahun 1998 setelah disahkan oleh World Conference of Ministers Responsible for Youth yang dilakukan di Lison. Pengesahan ini memilih tanggal 12 Agustus sebagai hari Remaja Internasional.

KNIFEZER Set Alat Makan Sendok Garpu Pisau Sumpit Sedotan dengan Pouch - EA02300 - Silver - JakartaNotebook.com
KNIFEZER Set Alat Makan Sendok Garpu Pisau Sumpit Sedotan dengan Pouch - EA02300 termurah. Dapatkan dengan mudah KNIFEZER Set Alat Makan Sendok Garpu Pisau Sumpit Sedotan dengan Pouch - EA02300 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Setelah 17 tahun dilaksanakan, Resolusi Dewan Keamanan 2250 tentang Pemuda Perdamaian, dan Keamanan yang disahkan pada tahun 2015 mengubah tujuan kegiatan ini haluan perayaan ini dengan mengarahkan para remaja untuk membantu menyelesaikan masalah antar sesamanya.

Pada perayaan yang baru ini remaja akan diajak untuk mempromosikan perdamaian, melawan ekstremisme, dan membantu menemukan solusi terkait berbagai permasalahan yang dialami remaja saat ini.

Tujuan Hari Remaja Internasional 2023

Tujuan Hari Remaja Internasional 2023
Image Source: Freepik/Freepik

Jika melihat dari sejarah, pada awalnya tujuan diperingatinya Hari Remaja Internasional adalah sebagai penggalangan dana secara sukarela. Namun seiring berjalannya waktu, tujuan ini diubah agar dapat memberikan dampak yang lebih signifikan pada remaja.

Saat ini tujuan Hari Remaja Internasional adalah untuk mengedukasi para remaja tentang isu sosial serta masalah yang banyak dialami teman-teman sebaya di seluruh dunia. Meski terlihat sederhana, nyatanya tujuan ini sangat penting untuk membuat dunia yang lebih baik bagi anak-anak dan remaja di masa depan.

Pelaksanaan perayaan ini juga sejalan dengan prioritas yang dibuat PBB, seperti memerangi kelaparan anak, menyediakan lebih banyak akses pendidikan, serta mengurangi kasus HIV/AIDS.

VKTECH Tas Belanja Lipat Reusable Shopping Bag Poliester 190T Cat - VK-46 - Brown - JakartaNotebook.com
VKTECH Tas Belanja Lipat Reusable Shopping Bag Poliester 190T Cat - VK-46 termurah. Dapatkan dengan mudah VKTECH Tas Belanja Lipat Reusable Shopping Bag Poliester 190T Cat - VK-46 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Dengan menyadari masalah universal yang dihadapi oleh anak-anak dan remaja di seluruh dunia, mereka dapat mulai berpikir kritis untuk menemukan solusi terbaik yang bisa dilakukan bersama.

Tema Hari Remaja Internasional 2023

Tema Hari Remaja Internasional 2023
Image Source: Freepik/Rawpixel.com

Setiap tahun, PBB mengusung tema khusus yang jadi acuan banyak negara dalam membuat aktivitas untuk mendukung jalannya hari penting ini. Mulai dari ‘Keterlibatan Remaja dan Masyarakat’ di tahun 2015, ‘Ruang Aman untuk Remaja’ pada tahun 2018, hingga ‘Transforming Food Systems: Youth Innovation for Human and Planetary Health’ di tahun 2021.

Berdasarkan laman resmi PBB, tema Hari Remaja Internasional 2023 sendiri adalah ‘Green Skills for Youth: Towards a Sustainable World’. Tema ini mengajak remaja di seluruh dubai untuk mulai menggunakan energi hijau yang lebih ramah lingkungan.

BAOWENBEI Botol Minum Termos Air Panas Dingin Stainless Steel 500ml - A1A0 - Silver - JakartaNotebook.com
BAOWENBEI Botol Minum Termos Air Panas Dingin Stainless Steel 500ml - A1A0 termurah. Dapatkan dengan mudah BAOWENBEI Botol Minum Termos Air Panas Dingin Stainless Steel 500ml - A1A0 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Pemilihan tema ini didasarkan pada salah satu tujuan PBB yakni pembangunan berkelanjutan. Perayaan ini tentunya ikut mendukung terjadinya peralihan dari penggunaan energi fosil ke energi hijau yang dilakukan secara global.

Diadakannya perayaan ini diharapkan para dapat membekali generasi muda dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk melakukan gaya hidup yang ramah lingkungan. Sebagai agent of change, remaja juga dapat menyebarkan pengetahuan ini pada lingkungan terdekatnya.

Hari Remaja Internasional dapat menjadi kesempatan bagi para remaja untuk mengenal banyak hal dan keterampilan baru. Dibuat untuk memfasilitasi generasi muda di seluruh dunia, pastikan kamu tak kelewatan mengikuti peringatan internasional ini, ya!


Sumber:

United Nation. International Youth Day 12 August. https://www.un.org/en/observances/youth-day/background