Haruskah Pakaian Baru untuk Hari Raya?

Menggunakan pakaian baru menjadi salah satu tradisi di hari raya. Namun, apakah hal tersebut merupakan kewajiban? Simak artikel di bawah ini.

Haruskah Pakaian Baru untuk Hari Raya?
Image Source: Pexels

Bagi sebagian besar umat Islam di Indonesia, menggunakan baju baru pada saat hari raya Idul Fitri adalah hal yang sudah menjadi tradisi. Apalagi ketika tunjangan hari raya (THR) sudah cair, pastinya kamu dan keluarga ingin langsung pergi berbelanja kebutuhan Lebaran, terutama pakaian baru. Disadur dari solopos.com ternyata memang ada ketentuan dari Nahdlatul Ulama untuk menggunakan pakaian terbaik pada saat hari raya. Disebutkan juga ada hadis yang menyebutkannya yaitu

“Diriwayatkan dari Al-Hasan bin Ali RA, ia berkata, ‘Rasulullah SAW telah memerintahkan kami pada dua hari raya agar memakai pakaian terbaik yang kami temukan.” (HR Al-Baihaqi dan Al-Hakim).

Baju Lebaran merupakan pelengkap di hari raya sebagai simbol terlahir kembali. Memakai baju koko atau gamis baru artinya memperlihatkan bahwa setelah berpuasa selama bulan ramadhan, di hari raya Lebaran umat Islam seperti terlahir lagi.

Pakaian terbaik pada saat lebaran juga menampilkan kesopanan pada saat silaturahmi dengan orang banyak. Baju yang bersih dan rapi akan melambangkan bagaimana terbaharuinya pribadi yang menggunakannya. Namun, bagaimana memilih baju lebaran yang baik? Berikut beberapa tips untuk memilih pakaian untuk hari raya.

1. Tidak Harus Mahal

Image Source: Pexels

Kamu tidak perlu merogoh kantong lebih dalam untuk membeli pakaian baru saat hari raya. Jangan sampai uang THR kamu habis sepenuhnya hanya untuk membeli pakaian mewah. Kamu bisa membeli pakaian dengan harga terjangkau dan memilih model baju yang modern sehingga terkesan mewah.

Walaupun beberapa platform online menyediakan pakaian baru yang dijual online, namun tidak ada salahnya kamu berbelanja ke toko sehingga bisa melihat langsung pakaian yang akan kamu beli cocok atau tidak dengan penampilanmu.

Beberapa toko besar juga biasanya akan memberikan promo hari raya yang akan menguntungkan pembeli. Yang kamu perlukan hanyalah ketelitian dan kesabaran untuk memilih baju yang kamu inginkan.

2. Nyaman untuk Digunakan

Image Source: Pexels

Memilih baju dengan bahan yang halus dan nyaman digunakan tentunya akan menjadi suatu keuntungan. Tidak hanya digunakan pada saat hari raya, kamu juga dapat menggunakan baju yang dibeli tersebut untuk menghadiri acara-acara lain sehingga tidak hanya terkesan sekali pakai saja.

3. Pilih Model yang Modern

Image Source: Pexels

Menggunakan model yang modern tentunya akan meningkatkan penampilan kamu. Ini juga membuat baju tidak ketinggalan jaman sehingga kamu dapat menggunakannya pada momen lain bahkan di tahun-tahun berikutnya jika jarang digunakan. Kamu juga bisa menggunakan baju yang seragam dengan anggota keluarga kamu sehingga mencerminkan kekompakan dan keluarga yang harmonis.

***

Nah, itulah beberapa tips untuk memilih pakaian lebaran, walaupun terkesan tidak wajib, namun pada momen setahun sekali ini mungkin ada baiknya kamu memiliki baju yang baru ya. Intinya, saling memaafkan di hari raya Lebaran adalah momen yang paling dinantikan dan tidak terlihat dari pakaian, namun ketulusan hati seseorang.