Hasil Final Liga Champions, Madrid 2-0 Dortmund

Real Madrid dinobatkan sebagai raja Eropa untuk yang ke-15 kalinya dengan kemenangan 2-0 atas Borussia Dortmund di final Liga Champions di Wembley.

Hasil Final Liga Champions, Madrid 2-0 Dortmund
Image source: realmadrid.com

Hasil final Liga Champion yang mempertemukan Real Madrid vs Dortmund di Stadion Wembley London, Inggris, Minggu (2/6/2024) dini hari WIB, memastikan Madrid meraih gelar Liga Champions musim ini.

Real Madrid berhasil menaklukkan Borussia Dortmund dengan skor 2-0. Los Blancos baru berhasil membobol gawang tim asuhan Edin Terzic pada paruh babak kedua.

Jalannya Pertandingan

Hasil Final Liga Champion, Madrid 2-0 Dortmund
Image source: eufa.com

Babak pertama

Bermain dengan formasi 4-3-1-2, Real Madrid berupaya mengontrol permainan pada 10 menit pertama. Namun sayang belum ada peluang yang berhasil diciptakan.

Ancaman justru datang dari Borussia Dortmund, saat Karim Adeyemi yang lolos dari jebakan offside mengecoh Thibaut Courtois. Namun tendangan Adeyemi dari sudut sempit berhasil diblok Dani Carvajal.

Die Borussen terus mengancam pertahanan Los Blancos dan hampir mencetak gol pada menit ke-23, ketika Niclas Fullkrug menerima umpan terobosan dari Ian Maatsen dan menembaknya langsung ke arah gawang, tetapi bola masih membentur tiang gawang.

Dortmund yang terus menyerang nyatanya mengalami kesulitan untuk menembus pertahanan kuat Madrid, meskipun mereka memiliki beberapa peluang melalui serangan balik cepat.

Real Madrid berhasil mengontrol tempo permainan dan mempertahankan keunggulan mereka hingga akhir babak pertama​. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Hasil Final Liga Champion, Madrid 2-0 Dortmund
Image source: eufa.com

Memasuki babak kedua, tim asuhan Carlo Ancelotti seperti mengatur ulang permainan. Los Blancos mulai mengancam melalui tendang bebas Toni Kross di menit ke-49 yang mengarahkan tendangan ke pojok gawang, bola berhasil ditepis Gregor Kobel.

Bermain semakin agresif, Madrid terus memberikan ancaman ketika Dani Carvajal menembakkan tendangan voli di kotak penalti usai menyambut sapuan bola Schlotterbeck. Namun upayanya berhasil diblok Maatsen.

Real Madrid memecah kebuntuan di menit ke-73. Carvajal yang tidak terkawal di kotak penalti berhasil memanfaatkan sepak pojok Toni Kroos melalui sundulannya. Skor berubah 1-0.

Jude Bellingham nyaris menggandakan keunggulan Madrid, namun tendangannya berhasil diblok Nico Schlotterbeck, alhasil bola meluncur ke samping gawang Dortmund.

Enam menit berselang, Vinicius Junior mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-82. Memanfaatkan umpan matang Bellingham, Vinicius menaklukkan Kobel dengan tendangan pelan kaki kirinya. 2-0 Madrid unggul.

Borussia Dortmund sempat memperkecil ketertinggalan saat Fullkurg mencetak gol pada menit ke-87, sayang golnya dianulir karena wasit melihat sang penyerang dalam posisi offside.

Keunggulan Madrid tidak berubah, skor 2-0 bertahan hingga peluit panjang berbunyi. Armada Carlo Ancelotti mengunci kemenangan Liga Champions 2023/2024.

ZTOET Kaos Kaki Pendek Olahraga Quick Dry Breathable Sock Pria 39-45 - WZ173 - Black - JakartaNotebook.com
ZTOET Kaos Kaki Pendek Olahraga Quick Dry Breathable Sock Pria 39-45 - WZ173 termurah. Dapatkan dengan mudah ZTOET Kaos Kaki Pendek Olahraga Quick Dry Breathable Sock Pria 39-45 - WZ173 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Gelar ke-15 untuk Real Madrid

Gelar ke-15 Real Madrid
Image source: Twitter/realmadriden

Meski tertekan di babak pertama namun berhasil membalik keunggulan pada babak kedua, mental juara Real Madrid nyatanya tidak tergoyahkan. Los Blancos berhasil membawa pulang "Si Kuping Besar" untuk yang ke-15 kalinya.

Tidak Pernah Kalah di 9 Final

Dari 9 final sejak perubahan nama Liga Champions pada tahun 1992, Madrid mencatat 9 kemenangan beruntun. Perolehan yang sulit disamai oleh klub Eropa mana pun.

Bagi Carlo Ancelotti, kemenangannya bersama Los Blancos di Liga Champions adalah gelar kelima kalinya sebagai manajer. Sementara bagi Carvajal, Nacho, Kroos dan Luka Modric, Liga Champions 2024 adalah trofi keenam untuk mereka.

Gelar Juara Liga Champions Eropa
Image source: Twitter/ChampionsLeague

Gelar ke-15 ini menjadikan Real Madrid tim tersukses di UCL diikuti AC Milan dengan tujuh gelar. Bayern Munich dan Liverpool masing-masing enam gelar. Atletico Madrid dan Barcelon lima gelar, Ajax (4), Manchester United (3), Inter Milan (3), Juventus (2), Benfica (2), Nottingham Forest (2), Porto (2) dan Chelsea (2).

Selamat Madridista~