Hasilkan Kopi Bercita Rasa dengan Grinder Manual

Kopi akan memiliki cita rasa yang berbeda ditinjau dari proses pembuatannya. Grinder manual dapat meningkatkan cita rasa kopi menjadi semakin kuat.

Hasilkan Kopi Bercita Rasa dengan Grinder Manual
Source Image: Unsplash

Kini, kebiasaan minum kopi sudah berubah menjadi sebuah rutinitas. Cita rasa yang baik dari biji kopi adalah kualitas. Salah satu cara membuat rutinitas Anda dalam menikmati kopi menjadi lebih berkualitas adalah dengan cara menggiling biji kopi menggunakan grinder.

Yap, grinder ini berfungsi untuk menggiling kopi agar halus menjadi bubuk sehingga mudah diseduh atau diekstrak. Proses yang satu ini ternyata merupakan salah satu faktor agar kopi mendapatkan kualitas terbaik. Untuk itu, Anda harus mempelajari lebih dalam untuk mendapatkan kopi dengan kualitas terbaik.

Di era sekarang memang banyak jenis grinder yang dapat Anda gunakan, mulai dari grinder elektrik, grinder burr, grinder blade, dan grinder manual. Nah, kali ini kita akan membahas grinder manual sedikit lebih dalam, yang mana grinder jenis ini akrab digunakan para barista serta para pecinta kopi yang ada di rumah.

Salah satu alasan kenapa masih banyak orang yang menggunakan grinder manual karena dapat menghasilkan aroma kopi yang khas serta tradisional. Selain itu, tentu saja harganya ramah di kantong dan mudah dibawa ke mana-mana. Otomatis grinder manual menjadi sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati biji kopi berkualitas tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Jika berbicara tentang kepraktisan, grinder manual akan kalah apabila dibandingkan dengan yang elektrik. Tetapi, jika berbicara soal esensi, grinder manual terasa lebih menyenangkan karena Anda dapat menikmati setiap prosesnya, mulai dari biji kopi hingga menjadi kopi yang dapat dinikmati.

Grinder manual juga sangat cocok bagi Anda yang gemar dengan dunia traveling, seperti membawa hand grinder E810 dari One Two Cups. Grinder ini memang memiliki kapasitas kecil yang dapat digunakan untuk satu hingga dua cangkir saja. Tetapi, alat ini sangat praktis untuk dibawa selama melakukan kegiatan outdoor.

Selain itu, penggunaan grinder manual seperti hand grinder juga dapat membuka metode sajian kopi yang lebih beragam. Dilansir dari ottencoffee.co.id, terdapat beragam jenis gilingan yang dapat dilakukan untuk menyesuaikan metode penyeduhan. Seperti gilingan kasar ke metode seduh cold brew, medium ke metode seduh aeropress dan pour over, serta gilingan halus ke metode espresso, moka pot, dan aeropress.

Menikmati sajian kopi digiling memang lebih nikmat karena aroma biji kopi akan lebih terasa dan membuat kopi menjadi lebih harum. Nah, bagi Anda para pecinta kopi, lebih suka memakai grinder jenis apa?