Bernarkah Mandi Lebih Hemat Air Jika Menggunakan Shower?

Tahukah Anda bahwa mandi menggunakan shower lebih hemat air daripada menggunakan bathtub atau gayung? Mengapa? Simak ulasan berikut.

Bernarkah Mandi Lebih Hemat Air Jika Menggunakan Shower?
Image Source: Unsplash

Mandi merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap manusia untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Jika Anda melewatkan mandi, akan ada berbagai penyakit yang akan mengintai Anda.

Kebanyakan orang setidaknya minimal mandi 2 kali dalam sehari yaitu sebelum dan setelah beraktivitas. Namun, tidakkah Anda berpikir bahwa mandi juga merupakan kegiatan yang membuang-buang air bersih dengan jumlah yang banyak?

Oleh karena itu, Anda harus menghemat penggunaan air bersih agar lebih efektif dan tidak membayar mahal untuk air bersih yang Anda gunakan, salah satunya dengan menggunakan shower.

Mandi menggunakan shower atau pancuran merupakan salah satu cara bagi sebagian orang untuk membersihkan diri. Selain praktis, penggunaan shower untuk mandi juga dianggap lebih hemat air sehingga alat mandi yang satu ini semakin populer.

Perlu diketahui bahwa pancuran air dari shower mampu memompa 9,5 liter air per menit, yang mana dalam kurun waktu 10 menit hanya akan mengeluarkan air sekitar 95 liter. Untuk perbandingan, bathtub standar mampu menampung air hingga 190 liter untuk satu kali berendam. Jika mandi menggunakan gayung, sebuah bak mandi berukuran standar bisa menampung air sekitar 270-350 liter.

Dapat disimpulkan bahwa menggunakan shower jauh lebih hemat air ketimbang metode lainnya. Namun, selain hemat tentunya ada keunggulan lain menggunakan shower di antaranya adalah:

  1. Menjadi solusi bagi Anda yang memiliki ruang kamar mandi minimalis.
  2. Mandi dengan pancuran air dingin akan memberikan kesegaran, mengembalikan energi, meningkatkan mood, menstimulasi penurunan berat badan, mempercepat pemulihan otot, dan meningkatkan kekebalan tubuh.
  3. Mandi dengan pancuran air hangat akan memberikan relaksasi setara pijatan yang meringankan pegal, kram, dan meringankan kecemasan.
  4. Hemat waktu karena menggunakan shower jauh lebih efisien dan praktis karena tanpa mengisi air terlebih dahulu.

***

Demikian beberapa insight baru yang mungkin membantu Anda untuk memilih metode mandi. Kunjungi JakartaNotebook untuk melihat shower dan aksesoris shower lainnya dan dapatkan harga murah serta kualitas berkelas.