Hewan Peliharaan yang Bukan Sekadar ‘Peliharaan’

Hewan peliharaan kini tak hanya dianggap sebagai peliharaan saja, namun juga keluarga. Untuk itu, Anda akan memberikan hidup yang nyaman untuk hewan peliharaan Anda.

Hewan Peliharaan yang Bukan Sekadar ‘Peliharaan’
Source Image: Unsplash

Hewan peliharaan sudah tidak dipandang sebagai peliharaan saja, namun sudah dianggap sebagai bagian dari keluarga. Banyak orang yang rela mengeluarkan budget jutaan untuk memastikan hewan peliharaannya dapat hidup dengan nyaman.

Keputusan memelihara hewan peliharaan makin menjadi ketika terjadi PPKM akibat virus corona. Sebagian orang mulai berpikir menambah teman baru di rumah seperti memelihara kucing maupun anjing. Hal ini didukung dengan data Euromonitor 2021 yang menyatakan bahwa populasi peliharaan kucing di Indonesia meningkat dari tahun 2017 ke 2021 dengan angka yang cukup pesat, yakni 129%. Angka ini bisa saja bertambah ketika memasuki tahun 2023.

Keputusan memiliki hewan peliharaan adalah hal yang tepat, apalagi bagi Anda yang merasa bosan dan kesepian pada saat PPKM lalu. Dilansir dari Dream.co.id, para ahli mengatakan bahwa hewan peliharaan dapat membantu Anda mengatasi perasaan terisolasi selama pandemi. Bahkan, penelitian yang dilakukan oleh Department of Business Management, Saurashtra University Rajkot, menyatakan bahwa terjadi dukungan mental dan tingkat stres yang menurun saat seseorang memiliki hewan peliharaan.

Memiliki hewan peliharaan saat terjadi pembatasan aktivitas adalah hal yang tepat. Lantaran banyak aktivitas hanya dilakukan dari rumah saja akibat paparan virus corona yang membahayakan. Kegiatan Anda saat menonton TV atau bermain media sosial pun dapat ditemani dengan kehadiran hewan berbulu tersebut.

Ditambah sosial media menghegemoni euforia memelihara hewan peliharaan karena terdapat banyak akun yang memperlihatkan betapa gemas dan lucunya apabila Anda memiliki peliharaan. Istilah anabul yang berarti anak bulu, menjadi istilah yang lumrah digunakan. Istilah ini mengacu kepada kucing karena identik berbulu tebal.

Dibalik keseruan itu semua, pemeliharaan kucing maupun anjing harus diimbangi dengan perawatan yang baik. Anda tidak bisa memelihara secara sembarangan karena terdapat beragam penyakit yang dapat menyerang. Untuk itu, mempersiapkan berbagai kebutuhan yang tepat agar anabul dapat nyaman dan senang ketika berada di rumah.

Kebutuhan utama yang harus dipenuhi oleh Anda sebagai majikan adalah makanan. Beragam pilihan makanan yang tersedia harus dilihat kadar dan kandungan apakah pas untuk peliharaan Anda atau tidak. Contohnya saja pada kucing, terdapat beberapa merek makanan yang menyediakan makanan kucing kecil hingga dewasa.

Jadi, Anda tidak bisa sembarangan memilih makanan. Selain makanan, tempat makan hewan peliharaan juga harus menjadi pertimbangan Anda. Kini banyak tempat makan hewan yang memiliki beragam desain serta model. Ada yang wadah biasa, ada juga yang dilengkapi dengan tempat minum hingga memiliki model seperti dispenser.

Pemilihan ini bukan soal selera, akan tetapi dilihat dari betapa sibuknya Anda. Apabila Anda memiliki rutinitas yang padat, dapat menggunakan tipe dispenser atau yang dilengkapi tempat minum, guna menjaga anabul tetap kenyang dan tidak dehidrasi.

Ada juga dispenser canggih yang bisa memantau kucing Anda ketika Anda sedang tidak berada di rumah. Petoneer mengeluarkan dispenser makanan kucing yang dilengkapi kamera dengan resolusi 720p agar Anda dapat memantau hewan kesayangan saat sedang bepergian atau berada di kantor. Tempat makan ini sudah terhubung dengan aplikasi yang membuat Anda dapat mengatur keluarnya makanan ke dalam wadah dengan bermodalkan smartphone dari jarak jauh.

Ketika urusan makan terpenuhi, Anda dapat memberikan anabul tempat tidur agar waktu tidurnya berkualitas. Carilah tempat tidur berbahan katun atau velvet karena sangat empuk sehingga kucing atau anjing Anda dapat istirahat dengan nyaman. Selain itu, Anda dapat melengkapi kebutuhan lain seperti mainan agar peliharaan tidak mengalami stres.