Hias Interior Rumah dengan Tanaman Agar Semakin Nyaman

Ingin ruangan lebih segar dan cantik? Anda bisa meletakkan tanaman di dalam ruangan. Lalu, tanaman apa saja yang cocok untuk di dalam ruangan?

Hias Interior Rumah dengan Tanaman Agar Semakin Nyaman
Source Image: Unsplash

Penambahan tanaman di dalam interior rumah tidak hanya mendongkrak sisi estetika, namun dapat meningkatkan kualitas udara. Untuk itu, penambahan tanaman di dalam rumah harus Anda lakukan agar dapat bersantai dengan nyaman.

Penggunaan tanaman di dalam ruangan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Lantaran beberapa jenis tanaman terbukti mampu membersihkan racun di udara dan dapat menyejukkan pandangan. Rasa tenang, damai, serta nyaman dapat Anda rasakan ketika melihat sekeliling rumah penuh dengan tanaman hijau yang segar.

Menggunakan tanaman gantung dan menambah rak tanaman di dalam rumah merupakan sebuah dekorasi alam interior yang menarik. Hal tersebut merupakan sebuah solusi bagi Anda yang ingin memiliki taman namun terhalang karena keterbatasan lahan. Anda bisa memulainya dengan memiliki pot gantung yang digantung di tembok.

Meletakkan tanaman hias di tembok adalah hal standar untuk dekorasi di zaman sekarang. Biasanya dilakukan bagi Anda yang memang ingin memperbanyak tanaman sebagai pengganti dari foto atau lukisan.

Untuk dekorasi, sangat disarankan Anda mencari tanaman yang memang bagus ketika tumbuh menjuntai ke bawah, seperti tanaman sirih gading. Tanaman ini dapat tumbuh dengan perawatan ala kadarnya. Ketika tumbuh, sirih gading akan menjuntai ke bawah sehingga dapat mempercantik ruangan. Namun, ketika Anda ingin menyiram tanaman sebisa mungkin lepaskan pot gantung agar tembok tidak kotor atau rusak.

Apabila Anda adalah seseorang yang tidak mau repot untuk segi perawatan, maka dapat meletakkan tanaman artifisial pada pot gantung. Tetapi, jangan gunakan semua tanaman artifisial, lebih baik dicampur dengan tanaman asli agar kualitas udara di rumah lebih baik sehingga kesehatan Anda dan keluarga dapat terjaga dengan baik.

Pot gantung terdiri dari bermacam-macam slot, ada yang berisi 2 slot, 5 slot, 9 slot dan lain-lain. Secara bentuk pun sangat beragam, ada yang berbentuk memanjang ke bawah, ada pula yang ke samping. Hal tersebut bisa Anda pilih guna menyesuaikan selera atau ukuran tembok yang ingin dipasang dengan tanaman gantung.

Sangat direkomendasikan memilih pot gantung yang terbuat dari material kain non woven karena sangat cocok sebagai pendukung media tanam. Material tersebut pun dapat bertahan lama meskipun berada di lingkungan yang lembab akibat kerap basah karena penyiraman setiap hari.

Selain pot gantung, memakai rak tanaman susun juga dapat mempercantik interior ruangan. Pastikan Anda memiliki sudut atau ruangan yang pas guna meletakkan rak tanaman, biasanya rak semacam ini memiliki ukuran yang sangat lebar dan juga tinggi.

Salah satu keunggulan menggunakan rak tanaman adalah Anda dapat meletakkan berbagai jenis tanaman hias sehingga tidak terbatas dengan satu atau dua jenis tanaman saja. Namun, Anda perlu menyiapkan pot tanaman berukuran minimalis agar dapat diletakkan di rak tersebut. Lebih cantik lagi jika lengkapi dengan tatakan pot tanaman supaya lebih estetik.

Ketika ingin menyiram, Anda harus meletakkan semua tanaman ini di luar ruangan agar tidak membasahi serta mengotori rak. Selain itu, Anda harus memindahkan beberapa tanaman ke luar ruangan agar mendapatkan sinar matahari supaya tanaman lebih sehat.

Namun, terdapat beberapa jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan baik dan cantik tanpa sinar matahari. Seperti tanaman lidah mertua, suplir, marantha, aglonema, bambu hoki, dan lain-lain. Meskipun tidak bergantung pada matahari, bukan berarti Anda bisa sembarangan dalam merawatnya lho. Tetap saja tanaman tersebut harus dirawat secara rutin, terutama disiram secara teratur.

Nah, itulah beberapa cara menghias interior rumah dengan tanaman. Baik menggunakan tanaman asli ataupun artifisial. Sangat disarankan menggunakan tanaman asli karena memiliki beragam manfaat, terutama untuk kesehatan. Apakah Anda mulai tertarik dengan memaksimalkan interior dengan tanaman?