Hidangan yang Wajib Saat Lebaran, Ada Favorit Kamu?

Acara makan-makan saat lebaran menjadi momen yang sangat ditunggu. Kamu bisa menemukan beragam hidangan yang hanya tersaji saat lebaran.

Hidangan yang Wajib Saat Lebaran, Ada Favorit Kamu?
Image Source: Vecteezy

Lebaran tinggal menghitung hari, merayakan hari kemenangan belum lengkap tanpa adanya hidangan khas lebaran. Kamu bisa menemukan berbagai menu yang hanya muncul saat Hari Raya Idul Fitri , mulai dari ketupat, rendang, sambal goreng ati dan kentang, opor ayam, dan masih banyak lagi.

Penasaran dengan apa saja hidangan wajib saat lebaran yang tidak boleh kamu lewatkan? Simak ulasan berikut ini:

1. Ketupat

Image Source: Vecteezy

Makanan pertama yang mudah ditemui dan selalu tersaji di meja makan saat lebaran adalah ketupat. Sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi, ketupat Lebaran memiliki ciri khas berbentuk segi empat. Ketupat biasanya disajikan bersama hidangan Lebaran lainnya seperti rendang, opor ayam, sayur nangka, hingga sambal goreng ati dan kentang.

2. Opor Ayam

Image Source: Vecteezy

Menu dengan bahan utama daging ayam yang dibuat dengan campuran santan dan rempah-rempah khas Indonesia lainnya menjadi salah satu hidangan pelengkap untuk makan bersama ketupat.

3. Rendang

Image source: dapurkobe.co.id

Salah satu menu istimewa dan tidak boleh terlewatkan di momen hari raya adalah rendang. Makanan khas dari Sumatera Barat yang telah mendunia ini biasanya dibuat dari daging sapi atau kerbau, tapi tidak jarang berbagai masyarakat mengganti bahan daging dengan ati atau ampela ayam. Campuran rempah-rempah membuat rendang memiliki citarasa yang khas mulai dari asin, pedas, dan gurih.


Pesta THR Ramadan, Belanja Murah di Bulan Berkah - JakartaNotebook.
Promo spesial Ramadan 2023 hadir di JakartaNotebook mulai 20 Maret. Flash Deals Produk Pilihan, Promo THR 10Ribu, Koleksi Terbaik dari Brand Lokal

4. Semur Daging

Image source: Vecteezy

Olahan daging yang populer selain rendang pada hari raya Idul Fitri adalah semur daging. Berbeda dengan rendang, daging pada menu ini diolah dengan cara direbus menggunakan kecap manis dan campuran rempah-rempah khas Indonesia. Semur daging biasanya disajikan oleh masyarakat Betawi saat Lebaran.

5. Sambal Goreng Ati Kentang

Image source: sajiansedap.gird.id

Sambal goreng ati kentang adalah lauk yang tidak boleh ketinggalan saat hari Lebaran tiba. Tidak jauh berbeda dengan makanan lain, sambal goreng ati kentang juga dimasak dengan ragam rempah. Terbuat dari hati ayam atau hati sapi, dan kentang, tidak jarang beberapa orang menambahkan petai sebagai pelengkap.


Jual Peralatan Dapur - Beli Model Terbaru Harga Terbaik
Beli Online Peralatan Dapur harga murah, garansi, lengkap, bisa kredit cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

5. Nasi Lemang

Image source: Kumparan.com

Dikenal sebagai makanan khas Melayu, lemang sekilas terlihat mirip seperti lontong, ya. Perbedaannya adalah nasi lemang terbuat dari beras ketan yang dicampur santan dan dimasak dalam gulungan daun pisang, lalu dimasukkan ke dalam bambu panjang untuk dibakar.

Alternatif pengganti ketupat, lemang biasanya disajikan di beberapa wilayah Indonesia seperti Sumatera dan Kalimantan.

6. Sayur Labu Siam

Image source: selerasa.com

Tidak lengkap rasanya makan ketupat tanpa sayur berkuah. Salah satu hidangan sayur yang sering kita jumpai sebagai pendamping ketupat adalah sayur labu siam. Terbuat dari labu siam yang diberi kuah santan, ebi kecil, kunyit, cabai, ketumbar, kemiri, dan bumbu lainnya, sayur labu siam hadir dengan kuah berwarna merah atau kuning.

***

Dari sekian banyak menu hidangan yang telah dijelaskan di atas, mana yang menjadi favorit kamu? Kamu yang akan mempersiapkan segala hidangan tersebut dapat memasak dan menyajikannya menggunakan alat masak yang ada di JakartaNotebook.