Hindari Jamur pada Makanan dengan Menggunakan Wadah Tertutup

Menyimpan makanan di wadah tertutup ternyata memiliki banyak manfaat yang tak kamu ketahui. Apa saja?

Hindari Jamur pada Makanan dengan Menggunakan Wadah Tertutup
Image Source: Unsplash

Bagi Anda yang ingin makanannya jauh lebih awet dan enak ketika dihidangkan, maka sangat dianjurkan untuk menyimpan makanan menggunakan wadah tertutup. Wadah yang tertutup dapat mencegah berkembangnya jamur atau bakteri pada makanan yang dapat menyebabkan keracunan bagi siapa pun yang memakannya.

Seorang spesialis informasi teknis untuk kantor urusan publik dan pendidikan konsumen di Amerika Serikat (USDA), Meredith Carothers, menyatakan bahwa menyimpan bahan makanan yang tidak mudah rusak dalam wadah kedap udara merupakan cara terbaik untuk menjaga makanan.

Untuk itu, Anda harus mulai mempersiapkan berbagai wadah untuk menjaga kesegaran makanan agar masih enak ketika dihidangkan bersama keluarga. Selain itu, terdapat beberapa manfaat lain yang dapat Anda nikmati apabila rutin menyimpan makanan menggunakan wadah tertutup.

1. Terhindar dari Serangga

Image Source: Unsplash

Meletakkan makanan di meja makan atau dapur sangat rentan dihinggapi serangga yang dapat menimbulkan penyakit. Lalat merupakan salah satu musuh terbesar bagian sebagian orang ketika sudah hinggap di makanan. Pasalnya, serangga berukuran kecil tersebut dapat meninggalkan telur yang merupakan calon larva.

Salah satu risiko yang harus ditanggung apabila makanan dengan telur lalat dimakan oleh manusia adalah mengalami gangguan pencernaan, seperti muntah hingga sakit perut. Untuk itu, penggunaan wadah tertutup pada makanan merupakan salah satu faktor penentu kesehatan Anda.

2. Mencegah Tumbuhnya Jamur

Image Source: Unsplash

Pasti Anda sudah sering mendengar istilah makanan berjamur bukan? Hal tersebut mengacu pada makanan yang ditumbuhi jamur jahat. Biasanya terjadi pada berbagai macam makanan seperti roti, daging, hingga buah dan sayur. Sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan berjamur meskipun hanya beberapa bagian saja yang ditumbuhi jamur. Karena kita tidak pernah tahu bakteri apa saja yang terdapat pada makanan berjamur.

Makanan dapat ditumbuhi jamur karena proses penyimpanan yang tidak sempurna, seperti lingkungan yang lembap. Maka dari itu, penggunaan wadah seperti toples pun sangat disarankan sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

3. Terhindar dari Bau Tidak Sedap

Image Source: Unsplash

Bau yang tidak sedap juga dapat muncul akibat makanan tidak disimpan dalam wadah yang tertutup rapat. Akibatnya, bau tersebut dapat menyebar ke seluruh ruangan sehingga menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Jadi, sangat disarankan untuk menyimpan sisa makanan atau buah yang memiliki aroma menyengat seperti durian di dalam wadah agar baunya tidak menyebar.

Itulah beberapa manfaat yang Anda dapatkan apabila menyimpan makanan menggunakan wadah tertutup. Lakukan hal tersebut agar kesegaran serta kualitas makanan dapat terjaga dengan baik.