Ingin Tidur Lebih Nyenyak? Lakukan Cara Ini

Sering kesulitan tidur atau tidur tidak nyenyak? Yuk, intip tips di bawah ini agar tidurmu lebih nyenyak!

Ingin Tidur Lebih Nyenyak? Lakukan Cara Ini
Image Source: Pexels

Tidur merupakan momen di mana tubuh melakukan istirahat setelah lelahnya beraktivitas seharian. Meskipun merasa lelah, terkadang tidur kita sering terganggu sehingga menurunkan kualitas tidur.

Hal ini akan menimbulkan masalah baru, seperti mengantuk sehingga berpengaruh terhadap aktivitas yang akan kita lakukan. Oleh karena itu, kita dapat melakukan hal-hal sederhana yang dapat membantu kita untuk tidur lebih nyenyak. Berikut hal-hal yang dapat dilakukan agar tidur menjadi lebih nyenyak.

1. Meredupkan Lampu Kamar

Image Source: Pexels

Kamar dengan lampu yang redup akan memberikan sugesti kepada kita untuk lebih cepat terlelap. Hal ini dikarenakan tidak ada pembiasan cahaya yang mengganggu mata ketika tertutup. Kamu dapat memadamkan lampu sepenuhnya sehingga kamar menjadi gelap atau mengganti dengan lampu tidur. Beberapa lampu tidur dengan warna yang hangat serta tingkat pencahayaan yang rendah membuat suasana kamar menjadi lebih nyaman dan membantu kita tidur lebih nyenyak.

2. Memasang Humidifier

Image Source: Pexels

Humidifier dapat membantu kita untuk tidur lebih nyenyak, caranya dengan memilih aromatherapy yang paling sesuai dengan aroma favoritmu. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan aroma lemongrass yang dapat membuat kamu lebih rileks saat mencium aromanya. Kamu bisa meletakkan humidifier di tempat yang tidak begitu jauh dari kasur. Pastikan kamu mengatur timer pada humidifier agar sesuai dengan waktu tidurmu.

3. Membersihkan Diri Sebelum Tidur

Image Source: Pexels

Kamu dapat membersihkan diri sebelum tidur dengan cara mandi air hangat sehingga membuat kamu lebih rileks dan dapat tertidur lebih cepat serta nyenyak. Mandi dengan air hangat dapat membuat otot-otot tubuh menjadi lebih rileks sekaligus membersihkan kotoran di tubuh. Idealnya, kamu bisa mandi air hangat sekitar 90 menit sebelum waktu tidur agar tubuhmu benar-benar sudah rileks dan siap beristirahat.

4. Membaca Buku

Image Source: Pexels

Buat kamu yang gemar membaca, hal yang satu ini juga dapat membantu membuat pikiranmu menjadi lebih tenang dan rileks. Bacaan yang ringan dengan konteks yang mudah dipahami dapat memandu kita untuk tertidur lebih cepat. Membaca buku juga dapat membuat pikiran kita lebih positif sehingga akan bangun di pagi hari dengan segar dan bugar.

5. Menjauhkan Smartphone dari Jangkauan

Image Source: Pexels

Di jaman serba gadget ini smartphone selalu menjadi andalan kapan pun dan di mana pun. Namun, hal ini dapat menyebabkan tidur kamu menjadi tidak berkualitas. Dorongan untuk terus memainkan smartphone membuat tubuh tidak dapat beristirahat dengan baik. Selain itu, risiko akan radiasi yang dipancarkan selama kamu tidur dapat mempengaruhi kesehatan. Oleh karenanya, pastikan kamu menyimpan smartphone di luar jangkauan kamu sehingga tidurmu akan jauh lebih berkualitas.

***

Setelah menyimak informasi tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa tidur dengan kualitas yang baik sepenuhnya tergantung pada diri kita sendiri. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kualitas tidur, dan kita pun bisa mengatasinya dengan melakukan hal-hal positif. Buat kamu yang memiliki masalah tidur berkelanjutan, sebaiknya berkonsultasi dengan tenaga ahli ya.