Hari Raya Nyepi dan Kuliner Khasnya: 7 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba

Sama seperti hari raya keagamaan lainnya, hari raya Nyepi juga memiliki makanan khas yang wajib disajikan, lho! Yuk, simak!

Hari Raya Nyepi dan Kuliner Khasnya: 7 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba
Sumber: Freepik

Selamat hari raya Nyepi untuk kalian yang merayakan! Nyepi merupakan hari raya besar yang dirayakan oleh umat Hindu di Bali dan merupakan hari keagamaan paling penting dalam kalender Hindu di pulau tersebut. Selama hari raya Nyepi, masyarakat Bali melakukan puasa, meditasi, dan introspeksi diri selama 24 jam.

Namun, hari raya ini juga tidak hanya sebatas pada rangkaian ibadah saja. Tentu ada juga beberapa kudapan khusus yang disajikan untuk menyambut Tahun Baru Saka ini. Penasaran? Simak deretan makanan yang wajib ada saat hari raya Nyepi berikut ini.

1. Lawar

Sumber: Primarasa

Makanan pertama yang tidak boleh absen saat perayaan Nyepi adalah lawar. Lawar merupakan makanan yang terbuat dari daging yang dicincang halus dengan bumbu rempah-rempah dan sayuran seperti kacang panjang, kelapa parut, dan daun singkong.

Nama lawar pun disesuaikan dengan bahannya dari mulai lawar nangka, lawar babi, ayam, hingga bebek. Dengan bercampurnya unsur tanaman sayur dan daging, lawar memiliki warna sebuah keharmonisan dan keseimbangan yang bersatu.

2. Entil

Sumber: Beritabanan.com

Hari raya Nyepi ternyata juga memiliki makanan khas yang disajikan yang terbuat dari lontong, yaitu entil. Entil adalah makanan sejenis lontong yang dibungkus menggunakan daun lebar bernama nyelep atau talengidi.

Bahan utama makanan ini adalah beras, lalu dibungkus dan diikat dengan tali bambu dan direbus dengan waktu yang cukup lama. Perebusan yang lama akan membuat rasa entil semakin legit, sedap, dan tahan lama, karena ada aroma serta rasa daun nyelep yang meresap ke dalam nasi.

3. Ayam Betutu

Sumber: tirto.id

Selain Lawar, umat Hindu di Bali juga kerap menyajikan Ayam Betutu sebagai salah satu hidangan untuk merayakan hari raya Nyepi. Saat upacara keagamaan, makanan ini dibuat dengan cara dipanggang dan disajikan secara utuh Ayam ini dibumbui dengan bumbu rempah khas Bali dan dibungkus dengan daun pisang kemudian dipanggang.

Tidak hanya melumuri bagian permukaan dagingnya saja, bumbu rempah pada ayam ini juga hingga ke bagian dalam rongga ayamnya. Sounds legit, right?

4. Nasi Tepeng

Sumber: okelifestyle

Makanan yang berasal dari kawasan Gianyar, Bali ini memiliki cita rasa pedas khas rempah-rempah. Olahan nasi ini dimasak menggunakan santan, jenis rempah-rempah Bali, dan berbagai sayuran seperti kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut.

Oleh karena itu, cita rasa yang dihasilkan pun sangat nikmat, gurih, dan sedikit pedas berempah. Hal unik dari nasi tepeng adalah cara penyajiannya karena nasi ini disajikan dengan alas pincuk daun pisang.

5. Cerorot

Sumber: Instagram/just_am28

Makanan khas hari raya Nyepi berikutnya adalah cerorot. Cerorot terbuat dari tepung beras ketan, santan, dan gula aren. Campuran tersebut digulung menjadi bola-bola kecil dan dikukus dalam daun pisang. Setelah matang, cerorot memiliki tekstur yang lengket dan sedikit manis.

Bentuknya yang seperti kerucut mata bor dengan bungkus dari janur kelapa membuat makanan ini memiliki keunikannya tersendiri. Isi cerorot yang berwarna coklat ini sendiri pun juga tak kalah menggoda.

6. Pulung Nyepi

Sumber: ResepKoki

Jika dilihat sekilas, pulung nyepi ini terlihat seperti kolak biji salak, ya? Makanan khas dari Sukasada ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan sedikit kanji, lalu dibentuk bola-bola agak memanjang.

Makanan yang memiliki tekstur kenyal dan rasanya yang sedikit manis berpadu dengan gurih ini biasanya juga disajikan taburan kelapa parut muda di atasnya. Biasanya pulung nyepi dihidangkan menjelang upacara Pengerupukan, satu hari sebelum hari raya Nyepi.

7. Jaja Apem

Sumber: visitbali

Jenis kue basah khas Bali ini terbuat dari bahan utama tepung beras yang difermentasikan dengan tape singkong dan air kelapa. Adonan makanan ini juga tidak ditambahkan gula sehingga rasanya tidak begitu manis. Selain warna merah muda, kue ini biasanya hadir dengan warna hijau dan kuning.

Jika dilihat sekilas, jaja apem mirip seperti kue mangkuk yang banyak dijumpai di berbagai pasar tradisional, ya? Namun, yang menjadi pembeda adalah jaja apem biasanya dihidangkan dengan siraman gula merah dan taburan kelapa parut.

****

Itu dia beberapa makanan khas Bali yang biasanya dijumpai saat perayaan hari raya Nyepi. Terlihat menarik bukan? Kalau kamu belum pernah mencoba makanan khas bali di atas dan tertarik dengan cita rasanya, kamu dapat membuatnya sendiri di rumah.

Selain bahan makanan, pastikan juga semua peralatan memasak yang dibutuhkan telah tersedia. Jika belum, kamu bisa menemukan peralatan memasak termurah dan terlengkap di sini.