Ini 3 Jenis Tanaman Obat Keluarga, Wajib Ada di Rumah!

Isi taman depan rumah dengan sentuhan manfaat nenek moyang! Simak rekomendasi tanaman obat yang mudah kamu tanam sendiri di rumah.

Ini 3 Jenis Tanaman Obat Keluarga, Wajib Ada di Rumah!
Image Source: Freepik/freepik

Memiliki segala sesuatu yang bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan pribadi di rumah, tentu menjadi langkah praktis yang bisa kamu lakukan, dan salah satunya adalah memiliki tanaman obat sendiri.

Tanaman obat adalah jenis tanaman yang memiliki senyawa aktif yang dapat digunakan untuk tujuan pengobatan atau menjaga kesehatan. Tanaman obat sendiri sudah lama digunakan dalam budaya nenek moyang kita untuk tujuan pengobatan tradisional, salah satunya sebagai campuran jamu.

Bagi kamu yang memiliki hobi untuk merawat tanaman di rumah, atau mungkin saat ini sedang berpikir untuk mulai memiliki koleksi tanaman obat, JakartaNotebook akan memberikan beberapa alasan kenapa kamu harus memulainya dari sekarang, dan rekomendasi tanaman obat yang mudah kamu tanam sendiri di rumah.

Simak artikel ini sampai habis untuk membuat taman kamu penuh dengan sentuhan manfaat nenek moyang!

Manfaat Menanam Tanaman Obat di Rumah

Manfaat Menanam Tanaman Obat di Rumah
Image Source: Freepik/freepik

Kegiatan menanam memang dapat menjadi hobi yang menyenangkan dan menenangkan bagi beberapa orang.

Selain itu, memiliki tanaman obat sendiri di rumah, tentunya memiliki berbagai manfaat, mulai dari segi kesehatan, hingga ekonomi. Berikut beberapa alasan utama kenapa kamu harus mulai menanam tanaman obat:

1. Kemudahan Akses Tanaman Obat

Tentunya tanaman obat hadir sebagai pengobatan alternatif alami untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan, seperti sakit kepala, flu, batuk, luka kecil, dan gangguan pencernaan. Dengan memiliki sumber obat ini, kamu dapat dengan mudah mengatasi sakit yang dialami.

Dengan menanam sendiri tanaman obat, kamu memiliki kendali penuh atas kualitas dan kebersihan, serta memastikan tidak adanya penggunaan pestisida atau bahan kimia berbahaya.

Ditambah, menggunakan obat herbal dapat membantu mengurangi ketergantungan pada obat-obatan kimia yang mungkin memiliki efek samping.

2. Hemat Biaya

Menanam tanaman obat di rumah dapat menghemat biaya pembelian obat-obatan dan suplemen, karena kamu dapat dengan mudah memetik dan mengolahnya sebagai jamu untuk menjaga daya tahan tubuh.

TaffHOME Semprotan Tanaman Elektrik Sprayer Shoulder Type 2000mAh 8L - VK8 - Blue - JakartaNotebook.com
TaffHOME Semprotan Tanaman Elektrik Sprayer Shoulder Type 2000mAh 8L - VK8 termurah. Dapatkan dengan mudah TaffHOME Semprotan Tanaman Elektrik Sprayer Shoulder Type 2000mAh 8L - VK8 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Selain itu, jika tanaman obat yang kamu miliki cukup banyak, kamu dapat menjualnya atau bahkan membagikannya kepada tetangga terdekat. Ini tentunya dapat menjadi tambahan pendapatan atau mendekatkan diri kamu dengan orang-orang di sekitar.

3. Menjaga Lingkungan

Menanam tanaman obat di taman rumah juga dapat meningkatkan produksi oksigen dan membuat rumah kamu jadi lebih asri. Beberapa tanaman obat juga dapat membantu menjaga rumah, misalnya dengan mengusir serangga atau hama.

Dengan segudang manfaat di atas, tentunya tidak heran jika semakin banyak orang yang tertarik untuk menanam tanaman obat di rumah.

FENGLAIYI Lampu Cahaya Tanaman Grow Light LED Full Color Spectrum 10W - FE02 - Red/Blue - JakartaNotebook.com
FENGLAIYI Lampu Cahaya Tanaman Grow Light LED Full Color Spectrum 10W - FE02 termurah. Dapatkan dengan mudah FENGLAIYI Lampu Cahaya Tanaman Grow Light LED Full Color Spectrum 10W - FE02 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Rekomendasi Tanaman Obat di Rumah

Image Source: Freepik/freepik

Memiliki tanaman obat sendiri, serta terjun sendiri untuk merawat dan memanennya tentu dapat memberikan kepuasan tersendiri. Ditambah, kamu dapat langsung menikmati tanaman obat tersebut dalam kondisi segar.

Berikut rekomendasi tanaman obat yang dapat dengan mudah kamu tanam sendiri di rumah!

1. Tanaman Jahe

Sebagai tanaman yang hampir ada di setiap makanan dan minuman Indonesia, jahe adalah tanaman yang sangat cocok untuk ditanam di rumah karena kemudahan penanaman, kemampuannya untuk tumbuh dalam segala kondisi, tidak memerlukan banyak perawatan, dan manfaat yang ditawarkan.

Jahe dapat tumbuh baik di pot maupun di tanah langsung, sehingga membuatnya fleksibel untuk berbagai kondisi ruang. Jahe dapat tumbuh dengan baik di tanah yang gembur dan subur dengan pH netral hingga sedikit asam.

Media tanam yang baik bisa dibuat dengan mencampur tanah kebun dengan kompos atau pupuk kandang.

QIAOEN Gunting Tanaman Ranting Bunga Stainless Steel Pruning Scissors - SK-6 - Red - JakartaNotebook.com
QIAOEN Gunting Tanaman Ranting Bunga Stainless Steel Pruning Scissors - SK-6 termurah. Dapatkan dengan mudah QIAOEN Gunting Tanaman Ranting Bunga Stainless Steel Pruning Scissors - SK-6 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Iklim yang dibutuhkan dalam menanam jahe adalah hangat dan kelembaban tinggi, yang bisa dengan mudah disimulasikan di dalam rumah atau di pekarangan yang ternaungi.

Selain itu, jahe tidak membutuhkan penyiraman berlebihan, cukup jaga agar tanah tetap lembap, tetapi tidak tergenang air.

Jahe bisa mulai dipanen setelah 8–10 bulan sejak penanaman. Caranya dengan menggali rimpang jahe secara hati-hati. Jika hanya membutuhkan sedikit, potong sebagian rimpang dan biarkan sisanya tetap tumbuh.

2. Tanaman Serai

Lemongrass atau yang biasa disebut dengan serai memiliki banyak manfaat kesehatan, dan populer sebagai campuran kuliner karena dapat memberikan aroma dan rasa segar pada berbagai hidangan seperti sup, kari, dan teh.

Kaya akan antioksidan, serai membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, mendukung sistem kekebalan, dan memiliki sifat anti-inflamasi.

Serai juga merupakan tanaman yang relatif mudah dirawat. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di berbagai kondisi tanah dan iklim tropis hingga subtropis, serta memerlukan sedikit perawatan khusus, dan tahan terhadap berbagai penyakit atau hama.

WITUSE Alas Tatakan Pot Tanaman Gelas Minimalis Bamboo Tray Persegi - EQF301 - Wooden - JakartaNotebook.com
WITUSE Alas Tatakan Pot Tanaman Gelas Minimalis Bamboo Tray Persegi - EQF301 termurah. Dapatkan dengan mudah WITUSE Alas Tatakan Pot Tanaman Gelas Minimalis Bamboo Tray Persegi - EQF301 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Serai membutuhkan penyiraman yang cukup, terutama pada musim kemarau. Pastikan tanah tetap lembap, tetapi tidak tergenang air. Berikan pupuk organik atau kompos setiap 2–3 bulan untuk mendukung pertumbuhan yang optimal.

Kamu dapat merawat serai dengan memotong daun yang sudah tua atau kering untuk mendorong pertumbuhan daun baru. Pemangkasan juga membantu menjaga bentuk tanaman agar tetap rapi.

Walaupun serai tahan terhadap banyak hama, periksa secara berkala untuk memastikan tidak ada serangan hama atau penyakit. Gunakan insektisida alami jika diperlukan.

Serai bisa dipanen setelah 4-6 bulan penanaman. Potong batang serai dekat dengan tanah menggunakan pisau tajam atau gunting taman.

3. Tanaman Lidah Buaya

Tanaman yang rasanya hampir selalu ada di setiap depan rumah orang Indonesia, lidah buaya (Aloe vera) memang terkenal sebagai tanaman yang mudah dirawat.

Tanaman ini benar-benar tidak memerlukan perhatian khusus dan tetap bisa tumbuh dengan baik. Tanaman ini sangat toleran terhadap kondisi lingkungan yang kurang ideal, seperti kurang air atau cahaya yang tidak cukup.

KNIFEZER Alat Pita Batang Tanaman Plant Tape Tool Tapener Machine - VK20 - No Color - JakartaNotebook.com
KNIFEZER Alat Pita Batang Tanaman Plant Tape Tool Tapener Machine - VK20 termurah. Dapatkan dengan mudah KNIFEZER Alat Pita Batang Tanaman Plant Tape Tool Tapener Machine - VK20 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Salah satu kelebihan utama lidah buaya adalah kebutuhannya akan air yang relatif rendah. Sebagai tanaman sukulen, lidah buaya dapat menyimpan air dalam daunnya sehingga tahan terhadap kondisi kering.

Hal ini membuatnya sangat cocok bagi mereka yang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk menyiram tanaman secara rutin.

Lidah buaya tidak memerlukan banyak pupuk. Gunakan pupuk cair dengan konsentrasi rendah yang khusus untuk sukulen, diberikan sekali setiap 6 bulan.

Umumnya, lidah buaya memang tahan terhadap hama, tetapi bisa diserang oleh kutu daun atau kutu putih. Jika terlihat tanda-tanda hama, bersihkan dengan kain lembut yang dibasahi air sabun.

JakartaNotebook punya berbagai rekomendasi perlengkapan perawatan tanaman terbaik, seperti gunting tanamansprinkler taman dan lampu taman yang bisa kamu dapatkan dengan kualitas dan harga promo terbaik!