Insomnia? Ucapkan Selamat Tinggal dengan Cara Ini

Not a morning person? Alias masih berperang dengan insomnia? Coba lawan dengan simak deretan tips berikut, yuk!

Insomnia? Ucapkan Selamat Tinggal dengan Cara Ini
Sumber: Freepik

Hari yang menyenangkan dapat diperoleh salah satunya dengan tidur malam yang nyenyak. Memiliki kualitas tidur malam yang baik dan cukup sama pentingnya dengan berolahraga teratur, loh. Kurang tidur membuat tubuh menjadi mudah lelah dan moody-an, selain itu juga dapat berdampak serius pada kesehatan seperti meningkatkan kecenderungan obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2. Tentu kamu tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Oleh sebab itu, jika kamu ingin mengoptimalkan kesehatan, memiliki tidur malam yang berkualitas adalah salah satu hal terpenting yang harus mulai kamu lakukan. Tidur malam yang berkualitas meliputi waktu tidur yang cukup dan teratur yaitu 7 hingga 8 jam sehari dan dimulai dari rentang waktu pukul 8 hingga 12 malam.

Nah, jika kamu mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari alias insomnia, jangan dulu memutuskan untuk beralih ke obat tidur. Cobalah ubah kebiasaan kamu dan lakukan beberapa tips berikut untuk membantu kamu tidur dengan nyenyak.

1. Tidur dan Bangun pada Waktu yang Konsisten

Sumber: Freepik

Konsisten dengan waktu tidur dan bangun dapat membantu menjaga kualitas tidur dalam jangka panjang. Waktu yang baik untuk mulai tidur adalah pukul 8 hingga 12 malam. Sebelum tidur, biasakan untuk menjauhkan gadget dan hindari mengonsumsi kopi, teh, atau minuman kemasan menjelang waktu tidur.

Agar rasa kantuk datang, kamu bisa mencoba membaca buku atau bacaan ringan dan pastikan tubuh dalam keadaan rileks. Jangan lupa untuk mengaktifkan dan atur alarm untuk menyala pada pukul 5 atau 6 pagi sehingga kamu bisa tidur selama 7 hingga 8 jam. Kamu juga bisa menggunakan penutup mata yang nyaman atau ear plug pengurang kebisingan untuk membantu kamu agar dapat cepat tertidur.

2. Optimalkan Kondisi Kamar Tidur

Sumber: Freepik 

Kondisi kamar tidur yang bersih, tenang, dan nyaman dapat membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Hal ini dapat dilakukan dengan meminimalkan cahaya dan tingkat kebisingan sebisa mungkin.

Kalau kamu tidak bisa tidur dalam keadaan gelap, kamu bisa menggunakan lampu tidur proyektor galaksi yang menampilkan objek langit menyerupai galaksi. Waktu penggunaannya pun dapat diatur sehingga lampu akan mati dalam waktu tertentu secara otomatis.

Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan alunan pengantar tidur menggunakan lampu tidur proyektor tersebut. Suasana kamar yang gelap, dipadukan dengan cahaya bintang, dan alunan pengantar tidur tentu dapat menciptakan suasana yang rileks dan nyaman sehingga kamu dapat tertidur dengan nyenyak.

3. Mengatur Suhu Ruangan

Sumber: Freepik

Suhu tubuh dan kamar tidur juga ikut andil dalam baik atau tidaknya kualitas tidur. Seperti yang mungkin kamu alami selama musim panas atau di lokasi yang panas, tentu sangat sulit untuk tidur dengan nyenyak saat udara di malam hari terlalu gerah. Disarankan untuk mengatur suhu ruangan sekitar 20°C atau sesuaikan suhu senyaman dan sesejuk mungkin.

Kalau kamu tidak memiliki pendingin ruangan atau AC, kamu bisa menggunakan kipas pendingin ruangan atau cooler yang hemat daya untuk membantu menciptakan suhu ruangan yang sejuk. Berbeda dengan kipas angin biasa, kamu bisa memasukkan air dingin atau air es ke dalam cooler agar angin yang dikeluarkan menjadi lebih dingin dan sejuk.

4. Gunakan Bantal yang Nyaman dan Berkualitas

Sumber: Freepik

Selain kondisi kamar tidur yang nyaman, bantal tidur juga memiliki peran dalam mendapatkan kualitas tidur yang baik. Hal ini dikarenakan bantal yang kurang berkualitas ternyata dapat menyebabkan peningkatan nyeri leher punggung bagian bawah. Ada baiknya untuk memperbarui bantal yang kamu gunakan setidaknya setiap 5–8 tahun.

Jika kamu sering nyeri leher atau punggung saat bangun tidur, cobalah untuk memilih bantal fleksibel yang menggunakan desain three curve yang dapat mengikuti bentuk kepala dan leher kamu. Selain itu, pilih juga bantal yang memiliki material berkualitas tinggi agar tidur menjadi lebih nyaman dan terhindar dari bakteri sehingga bantal selalu segar saat digunakan.

5. Mandi atau Berendam Sebelum Tidur

Sumber: Freepik

Mandi atau berendam merupakan cara populer lainnya agar dapat cepat tertidur lebih nyenyak. Disarankan untuk mandi 90 menit sebelum tidur dengan menggunakan air hangat. Air hangat dapat membantumu menjadi rileks dan menenangkan tubuh sehingga pikiran pun juga ikut rileks. Jika ingin berendam, kamu dapat juga menggunakan bath bomb dengan aroma yang menenangkan seperti lavender, rose, vanilla, ocean, dan sebagainya.

Selain wanginya yang membuat rileks, bath bomb juga dapat memberi kelembapan pada kulit. Namun, hindari penggunaan bath bomb kalau kamu memiliki kulit yang sensitif. Malas mandi di malam hari? Alternatifnya, cukup rendamlah kaki dengan air hangat.

Tidur merupakan salah satu kunci penting dalam kesehatan. Jika kamu ingin meningkatkan kualitas kesehatan yang optimal, mulailah dengan memiliki tidur yang berkualitas dengan melakukan deretan tips di atas.