Jadwal Semifinal Euro 2024: Duel Sengit Tim Terbaik

Jadwal semifinal Euro 2024 menyajikan duel sengit tim terbaik antara Spanyol vs Prancis dan Inggris vs Belanda.

Jadwal Semifinal Euro 2024: Duel Sengit Tim Terbaik
Image source: UEFA

Turnamen empat tahunan antar negara Eropa, Euro 2024 telah memasuki babak semifinal. Turnamen yang berlangsung di Jerman ini telah menyajikan berbagai pertandingan dramatis dan penuh kejutan.

Empat Tim Terbaik di Semifinal Euro 2024

Spanyol, Prancis, Inggris, dan Belanda adalah empat tim yang memastikan diri lolos ke semifinal Euro 2024 Jerman usai menyelesaikan laga perempat final pada Minggu(7/7/2024).

Spanyol

Spanyol
Image source: X/SpainIsFootball

Salah satu tim paling impresif pada gelaran Euro 2024, Spanyol, berhasil mengunci tiket ke babak semifinal usai membekuk tuan rumah Jerman pada pertandingan perempat final dengan skor 2-1 lewat babak extra time di MHPArena, Stuttgart, Jumat (5/7/2024) malam.

Masuk dalam grup neraka, anak asuh Luis de la Fuente nyatanya tidak gentar kala menghadapi tim-tim besar. Spanyol justru berhasil membuktikan diri sebagai tim terbaik sepanjang babak penyisihan grup.

Spanyol meraih 9 poin dari 3 pertandingan kontra Kroasia, Italia, Albania, dan mengukuhkan diri sebagai juara grup. Pada penyisihan grup, Lamine Yamal dkk., tampil meyakinkan dengan membubuhkan 3 gol ke gawang Krosia, membungkam juara bertahan Euro, Italia dengan skor 1-0, dan Albania 1-0.

Tabel klasemen grup B Euro 2024
Image source: Google

Hasil apik ini berlanjut kala tim Matador berjumpa Georgia pada babak perdelapan final. Spanyol menang dengan skor meyakinkan 3-1. Spanyol masih sempurna, bahkan trend positif ini menjadikan La Furia Roja satu-satunya tim yang berhasil menyapu bersih seluruh pertandingan di Euro 2024.

Prancis

Prancis
Image source: X/FFF

Terseok-seok selama babak penyisihan hingga perempat final, Prancis mampu melangkah ke semifinal Euro 2024 usai memulangkan Ronaldo dkk., pada pertandingan perempat final.

Les Blues yang bermain imbang tanpa gol selama 120 menit, mengalahkan Portugal 5-3 dalam babak tos-tosan di Volksparkstadion, Hamburg, Jerman, Sabtu (6/7/2024) dini hari WIB.

Berisi pemain bertabur bintang nyatanya permainan Prancis di luar ekspektasi fans Les Blues. Selama babak penyisihan, Prancis hanya mampu mengantongi satu kemenangan kala bertemu Austria (1-0), dan bermain imbang saat bertemu Belanda (0-0) serta Polandia (1-1).

Tabel klasemen grup D Euro 2024
Image source: Google

Hasil itu membuat Kylian Mbappe dkk., harus puas berada di peringkat dua tepat di bawah Austria. Namun di babak 16 besar, Prancis yang tampil mendominasi permain berhasil menaklukkan Belgia 1-0 meski gol yang tercipta berasal dari gol bunuh diri.

Meski berhasil lolos ke semifinal, pasukan Didier Deschamps menoreh catatan kurang baik karena tidak tampil secara meyakinkan. Pasalnya Prancis belum pernah mencetak gol dari open play selama Euro 2024.

Inggris

Inggris
Image source: UEFA

Timnas Inggris memastikan langkah ke semifinal Euro 2024 setelah menyingkirkan Swiss di laga perempat final yang berlangsung di Dusseldorf Arena,Sabtu (6/7/2024).

Tiket semifinal diperoleh setelah Inggris menang adu penalti 5-3 atas Swiss usai bermain imbang 1-1 pada waktu normal hingga tambahan waktu.

Tidak jauh berbeda dengan Prancis, tim bertabur bintang asuhan Garrett Southgate juga mendapat sorotan tajam kala tidak bisa meraih hasil maksimal selama penyisihan grup.

Selama babak penyisihan, The Three Lions sebenarnya menghadapi tim-tim yang dinilai mudah. Namun, Jude Bellingham dkk., hanya mampu meraih kemenangan saat bersua Serbia 1-0, dan harus berbagi poin ketika berjumpa Denmark (1-1) dan Slovenia (0-0).

Tabel klasemen grup C Euro 2024
Image source: Google

Di babak gugur, Inggris yang bertemu Slovakia nyatanya juga mengalami kesulitan. Inggris baru mengunci kemenangan saat pertandingan harus berlanjut ke tambahan waktu setelah kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal. Inggris menang 2-1 atas Slovakia.

Belanda

Belanda
Image source: UEFA

Belanda menjadi tim terakhir yang memastikan satu tiket ke semifinal usai comeback 2-1 atas Turki. Sempat tertinggal di babak pertama, Belanda berhasil membalik keadaan di babak kedua lewat gol Stefan De Vrij pada menit ke-70 dan gol bunuh diri Mert Muldur menit ke-76.

Tergabung dalam grup D bersama Prancis, Polandia, dan Austria, Belanda dinilai tampil kurang impresif selama fase grup. Belanda hanya mampu finish di peringkat ketiga setelah memetik satu kemenangan dari Polandia (2-1), kalah 3-2 dari Austria, dan bermain imbang (0-0) ketika berjumpa Prancis.

Tabel klasemen grup D Euro 2024
Image source: Google

Lolos ke 16 besar lewat jalur peringkat tiga terbaik, tim Oranye menujukan performa terbaik mereka kala bersua Rumania. Cody Gakpo dkk., yang bermain solid menghantam Rumania dengan skor 3-0.

HF Speaker Bluetooth Portable Karaoke Microphone 3000mAh 8x2 Inch - AY-8802 - Black - JakartaNotebook.com
HF Speaker Bluetooth Portable Karaoke Microphone 3000mAh 8x2 Inch - AY-8802 termurah. Dapatkan dengan mudah HF Speaker Bluetooth Portable Karaoke Microphone 3000mAh 8x2 Inch - AY-8802 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Jadwal Semifinal Euro 2024

Jadwal Semifinal Euro 2024
Image source: UEFA

Semifinal Euro 2024 akan menyajikan duel sengit tim terbaik, di mana Spanyol akan bertemu Prancis, dan Inggris bersua Belanda.

Spanyol vs Prancis

Spanyol vs Prancis
Image source: UEFA

Pertarungan antara Spanyol dan Prancis diprediksi akan menjadi duel sengit di Euro 2024. Spanyol yang berstatus sebagai tim tersubur dan tidak terkalahkan selama babak knock-out hingga perempat final akan berhadapan dengan Prancis yang belum pernah mencetak satu pun gol dari open play.

Berstatus sebagai tim tertajam selama gelaran Euro 2024, La Furia Roja adalah satu-satunya tim yang berhasil mencatatkan kemenangan 100 persen dengan raihan 11 gol.

Sementara, Prancis yang berisi pemain bertabur bintang, seperti Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Marcus Thuram, hingga Ousmane Dembele justru tampil di bawah ekspektasi selama turnamen.

Les Blues bahkan baru mencetak tiga gol selama ajang Euro 2024, satu gol dilesakkan Kylian Mbappe melalui penalti dan dua lainnya dari gol bunuh diri.

Pertandingan kali ini dinilai akan dimanfaatkan oleh tim asuhan Didier Deschamps untuk mencetak gol open play perdana mereka karena Spanyol yang harus kehilangan bek sayap, Dani Carvajal yang terkena kartu merah.

Patut dinantikan, kick-off Spanyol vs Prancis akan berlangsung di Allianz Arena, pada Rabu, 10 Juli 2024 pukul 02:00 WIB. Laga ini dapat kamu saksikan secara langsung melalui Vision+ dan RCTI.

Taffware Kabel Adaptor HDMI ke VGA Female - HD008 - Black - JakartaNotebook.com
Taffware Kabel Adaptor HDMI ke VGA Female - HD008 termurah. Dapatkan dengan mudah Taffware Kabel Adaptor HDMI ke VGA Female - HD008 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Inggris vs Belanda

Inggris vs Belanda
Image source: UEFA

Pertandingan semifinal lainnya yang tidak kalah seru adalah pertemuan antara timnas Inggris vs Belanda. Kedua tim dinilai memiliki peluang 50-50.

Dalam sejarah pertemuan, Belanda memiliki catatan apik kala berjumpa Inggris. De Oranje memetik 7 kemenangan, 9 kali imbang, dan 6 kali kekalahan. Pada pertemuan terakhir keduanya, Belanda unggul 3-1 atas Inggris pada laga semifinal Nation League 2019.

Sementara, Inggris yang mendapat kritik tajam selama keikutsertaan mereka di Euro 2024, justru mengejutkan banyak pihak setelah mengunci satu tiket semifinal usai menang pada babak tos-tosan dengan Swiss.

Meski permainan Jude Bellingham dkk., dianggap mengecewakan, The Tree Lions yang diisi pemain bertabur bintang patut diwaspadai karena kembalinya March Guehi yang telah terbebas dari akumulasi kartu kuning.

Namun Belanda, dipastikan akan tampil dengan kekuatan penuh saat menghadapi Inggris karena para pemain yang terkena kartu kuning pada penyisihan grup, 16 besar, dan perempat final dapat diturunkan setelah statusnya diputihkan.

Pertemuan Inggris vs Belanda akan berlangsung di BVB Stadion, Dortmund, Kamis, 11 Juli 2024 pukul 02:00 WIB. Laga ini dapat kamu saksikan secara langsung melalui Vision+ dan RCTI.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan momen-momen penting pada laga semifinal Euro 2024 dengan nonton bersama keluarga, teman, atau tetanggamu. Kamu bisa menggunakan proyektor mini, backdrop, dan Bluetooth speaker agar acara nobar semakin seru dan menyenangkan.

Jadi, siapa menurutmu tim yang akan lolos ke Final Euro 2024?