Jalani Beragam Kegiatan ini untuk Membuat Puasa Tidak Terasa

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan agar puasa tak terasa. Kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan? Simak artikel di bawah ini.

Jalani Beragam Kegiatan ini untuk Membuat Puasa Tidak Terasa
Image Source: Unsplash

Menjalani rutinitas selama bulan puasa memang sebuah tantangan karena harus menahan lapar, hawa nafsu, serta dahaga kurang lebih 12 jam. Banyak dari mereka yang merasakan lelah, ngantuk, hingga tak ada hasrat lebih untuk beraktivitas kecuali untuk tidur.

Namun, mengisi rutinitas di bulan puasa dengan tidur bukanlah suatu hal yang dapat dibenarkan. Dilansir dari Sleep Foundation, menyatakan bahwa terlalu banyak tidur dapat meningkatkan risiko terjadinya peningkatan berat badan, sakit kepala, sakit punggung, hingga masalah kardiovaskular. Selain itu, terlalu banyak tidur terutama di bulan puasa dapat membuat Anda semakin lemas dan tidak semangat.

Ada banyak rutinitas yang dapat Anda lakukan untuk membuat puasa tidak terasa. Kegiatan ini sangat baik untuk Anda lakukan dibanding dengan banyak tidur. Kira-kira apa saja kegiatannya? Simak di bawah ini ya!

1. Membaca Alquran

Image Source: Unsplash

Sudah sepatutnya sebagai umat Muslim ketika bulan Ramadhan datang kita berlomba-lomba mencari pahala, salah satunya dengan membaca Alquran.

Kegiatan ini dapat membuat Anda mendapat keberkahan dari Allah SWT. Sebaiknya, Anda menyediakan waktu khusus untuk senantiasa disiplin dalam membaca Alquran, terutama setelah shalat fardhu.

2. Membaca Buku

Image Source: Unsplash

Membaca buku merupakan salah satu kegiatan yang dapat membuat puasa Anda tidak terasa. Hal tersebut terjadi karena buku dapat mengalihkan perhatian si pembaca dari dunia sekitar seakan seperti tenggelam jatuh ke dalam cerita atau informasi yang diberikan.

Carilah berbagai buku yang menarik bagi Anda agar timbul ketertarikan untuk membacanya, seperti buku novel, fiksi, biografi atau buku yang berkaitan tentang kisah para Nabi. Selain itu, usahakan semua buku yang Anda punya atau yang telah dibaca disusun di rak agar rapi dan membuat buku lebih awet.

3. Bermain Alat Musik

Image Source: Unsplash

Kalau mendengarkan lagu mungkin sudah biasa bagi Anda, namun bagaimana dengan memainkan alat musik? Apakah Anda tertarik? Beragam alat musik seperti gitar, piano, dan lain-lain dapat membuat puasa Anda tidak terasa. Bahkan, di saat seperti ini Anda dapat memperdalam ilmu Anda dalam bermain alat musik, terlebih lagi jika dilakukan bersama teman dapat menjadi agenda ngabuburit yang seru.

Jika Anda mempunyai keinginan untuk bermain gitar, maka Anda harus melengkapi berbagai kebutuhannya agar semakin asyik ketika mengulik lagu. Anda bisa memperbesar suara gitar dengan menggunakan amplifier mini elektrik yang dapat dengan mudah dibawa bepergian karena memiliki ukuran yang minimalis.

Agar suara gitar tidak fals Anda harus melakukan stem atau tunning dengan benar. Apabila Anda tidak memiliki keahlian dalam hal ini, dapat menggunakan alat bantu seperti tuner digital. Terdapat layar LCD yang membuat proses stem menjadi lebih mudah, indikator akan berubah berwarna hijau apabila proses stem sudah dilakukan dengan benar.

4. Bermain Games

Image Source: Unsplash

Rasanya tidak mungkin kalau bermain games tidak dimasukkan ke dalam daftar kegiatan yang membuat puasa tidak terasa. Bagi para remaja dan juga peminatnya, bermain games merupakan salah satu kegiatan yang dapat membuat waktu berbuka semakin dekat atau tidak terasa. Apalagi jika bermain bersama teman, maka waktu pun akan terasa lebih cepat berlalu.

Meskipun begitu, Anda harus mengingat bahwa tidak baik untuk diam berlama-lama bermain games karena dapat menyebabkan kecanduan. Untuk itu, berhentilah sejenak untuk istirahat dan juga shalat. Jangan sampai bermain games menyita waktu Anda.

***

Itulah beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk membuat waktu puasa terasa singkat atau tidak terasa. Tetaplah jaga kesehatan selama bulan puasa, seperti berolahraga dan makan penuh gizi seimbang agar puasa dapat dijalani dengan tenang dan aman.