6 Tips Merawat Jam Tangan Pria Ala JakartaNotebook

6 Tips Merawat Jam Tangan Pria Ala JakartaNotebook

Jam Tangan Pria seperti apa yang kamu suka?

Jam tangan merupakan salah satu barang yang wajib dimiliki. Selain sebagai penunjuk waktu, tidak bisa dipungkiri jam tangan saat ini juga menjadi salah satu aksesoris pelengkap fashion pria maupun wanita. Semakin tahun semakin banyak pilihan model jam tangan sehingga bisa disesuaikan dengan fashion kita mulai dari simple hingga glamour bahkan jam tangan pria analog maupun digital.

Sama halnya dengan aksesoris fashion yang lain, agar jam tangan kesayangan kamu awet dan tahan lama, maka jam tangan sangat penting untuk dirawat. Penggunaan jam tangan juga tidak boleh sembarangan. Sayang kan kalau kita sudah beli jam tangan favorit dengan harga yang tidak murah namun hanya bertahan sementara saja dan dibiarkan rusak begitu saja. So, dibawah ini ada 6 tips merawat jam tangan pria ala JakartaNotebook! Check this out!

Tips Merawat Jam Tangan Pria Ala JakartaNotebook | Sumber : Freepik

Kenali jenis jam tangan kamu dengan baik

Hal pertama yang harus kamu pahami sebelum mengetahui bagaimana cara merawat jam tangan pria yang tepat yaitu mengenali jenis jam tangan kamu. Ini berguna untuk memilih perawatan yang sesuai, karena setiap jam tangan perlu jenis perawatan yang berbeda-beda. Begitu pula dengan fitur-fitur spesial yang ada di dalam mesin jam tangan kamu, seperti ketahanannya terhadap air dan sebagainya. Kamu tentu harus paham semuanya agar perawatan jam tangan kamu sesuai.

Temukan berbagai jenis jam tangan pria keren dengan harga yang terjangkau di JakartaNotebook!

Bersihkan bagian case dengan lembut

Setelah kamu tahu jenis jam tangan kamu, hal selanjutnya yaitu membersihkan bagian casing dari jam tangannya. Membersihkan case jam tangan ini bisa kamu lakukan secara perlahan menggunakan kain yang berbahan lembut pula. Jangan coba-coba pakai kain yang bertekstur kasar ya kalau kamu tidak mau casing jam tangan kamu baret. Apalagi jam tangan pria kan, kekerenan kamu bakal berkurang kalo aksesoris fashion kamu ngga mulus hihihi...

Letakkan bagian crystal pada alas yang lembut

Sama halnya dengan casing jam tangan, bagian crystal jam tangan juga harus diletakan pada alas yang lembut. Setelah kamu membersihkan casingnya dengan kain yang lembut, kamu bisa langsung meletakkan jam tangannya di atas kain yang lembut tadi.

Jangan diletakkan di atas kulkas! Haram hukumnya

Jam tangan harus dijauhkan dari hal-hal dengan medan magnet. Jangan pernah menaruh jam tangan kesayangan kamu pada kulkas atau alat elektronik sejenisnya ya Jaknoters. Karena hal ini bisa mempengaruhi kinerja jam tangan kesayangan kamu jadi tidak presisi.

Baterai jam tangan juga harus rutin diganti ya!

Setelah membersihkan jam tangan bagian luar, kini yang harus kamu lakukan adalah mengganti baterai ja, tangan secara berkala. Umur baterai sebuah jam tangan bervariasi, mulai dari bulanan hingga tahunan. Nyawa baterai jam tangan sendiri sangat bergantung pada faktor berikut seperti usia pemakaian, kondisi, dan tipe jam tangan. Semakin banyak fitur dari jam tangan kamu, semakin sering baterai harus diganti. Apabila jam tangan sudah bergerak lambat bahkan sampai mati, segera ganti baterainya untuk menghindari kerusakan mekanisme jam.

Strap jam tangan harus dirawat sesuai tipenya

Bukan cuma case jam tangan serta baterai jam tangan yang harus kamu perhatikan. Tali jam tangan atau strapnya juga harus kamu kenali perawatannya. Biasanya strap jam tangan akan kotor karena bersentuhan langsung dengan kulit, sehingga apabila kita menghasilkan banyak keringat tentu akan berpengaruh pada material strap jam tangan.

Jika kamu menggunakan jam tangan dengan tali karet, mudah sekali untuk membersihkannya. Cukup gunakan kain lap lembut yang basah atau sikat halus untuk mengangkat kotoran yang menempel.

Jika strap jam tangan kamu berbahan stainless steel, sangat disarankan untuk disarankan untuk membersihkan dengan sikat kecil halus agar kotoran yang menempel di sela-selanya bisa dibersihkan dengan baik.

Untuk jam tangan strap kulit memerlukan perawatan khusus. Kamu harus menggunakan kain lap halus dan kering untuk membersihkan tali bagian luar dan dalam secara rutin. Jangan pernah mencoba membersihkan jam tangan kulit dengan air.

Untuk tali jam kanvas sama seperti tali jam tangan karet. Cukup mudah untuk dibersihkan, lepaskan strapnya lalu bersihkan dengan air hangat dan sabun. Hindari mengeringkan strapnya dengan hair dryer ya, biarkan saja di suhu ruangan dan kering dengan sendirinya.

Kasih perhatian lebih ke jam tangan kamu

Sama seperti si dia yang senang dengan perhatian kamu, jam tangan juga perlu perhatian secara berkala loh! Apalagi buat kamu yang menggunakan jam tangannya setiap hari, banyak debu dan keringat yang menempel. Itu semua dapat mempengaruhi penampilan jam tangannya. Kamu bisa membersihkan kotoran seperti debu yang menempel dengan mini pump blower yang biasa digunakan untuk membersihkan kamera. So, bersihkan dan rawat sesering mungkin ya Jaknoters!