10 Jenis Anjing Kecil Gemas yang Cocok Dipelihara

Anjing kecil selain menggemaskan juga dikenal karena kepribadian mereka yang ceria dan mudah bersahabat. Memelihara anjing ras kecil sebagai hewan peliharaan bisa menjadi kebahagiaan tersendiri.

10 Jenis Anjing Kecil Gemas yang Cocok Dipelihara
Image source: Freepik/senivpetro

Salah satu hewan yang telah lama dikenal sebagai sahabat manusia selama ribuan tahun, apa lagi kalau bukan anjing adalah hewan peliharaan paling populer di dunia, termasuk di Indonesia.

Teman setia manusia ini, dikenal terdiri dari jenis dan ras yang beragam. Anjing yang paling banyak dicari dan disukai biasanya adalah jenis anjing kecil. Anjing ras kecil dikenal akan pesonanya yang tak terbantahkan, mulai dari penampilan mereka yang lucu hingga sifat mereka yang penuh kasih sayang.

Anjing kecil cocok dipelihara untuk kamu yang tinggal di rumah dengan ruang terbatas atau apartemen. Karena ukurannya yang mini menjadikan hewan imut dan menggemaskan ini bisa kamu bawa ke mana saja menggunakan pat carrier.

Jenis Anjing Kecil yang Menggemaskan

Kamu yang mulai tertarik untuk memelihara anjing kecil dan masih bingung jenis anjing kecil apa yang cocok? Yuk, simak ulasan 10 jenis anjing kecil gemas yang cocok dipelihara, baik untuk pemula maupun pecinta anjing berpengalaman.

1. Pomeranian

Pomeranian
Image source: Freepik/master1305

Anjing kecil berbulu lebat ini adalah salah satu jenis anjing kecil yang paling populer di dunia. Dikenal memiliki kepribadian lincah dan energik, anjing yang mirip dengan boneka ini sangat menggemaskan karena bulunya yang mengembang.

Setia, cerdas, mudah dilatih, Pomeranian dikenal setia kepada pemiliknya dan bisa menjadi anjing penjaga meski tubuhnya berukuran kecil. Mereka sering kali waspada dan akan menggonggong untuk memberi tahu pemiliknya jika ada orang asing atau hal yang mencurigakan.

Pomeranian memiliki harapan hidup yang relatif panjang, sekitar 12 hingga 16 tahun, jika dirawat dengan baik. Senang menjadi pusat perhatian dan sering kali berperilaku menyenangkan di sekitar orang-orang, anjing Pomeranian cenderung ramah dan mudah bergaul dengan manusia maupun hewan lain.

2. Chihuahua

Chihuahua
Image source: Freepik/freepik

Siapa yang tidak tahu anjing chihuahua? Salah satu jenis anjing yang banyak menarik perhatian orang karena ukurannya yang sangat kecil dengan berat hanya sekitar 1 sampai 3 kg sehingga bisa kamu bawa menggunakan tas gendong ini, dikenal memiliki kepribadian yang berani dan juga ceria.

Chihuahua sangat setia loh pada pemiliknya. Anjing jenis ini bahkan memiliki tingkat keberanian yang besar dan sangat protektif. Chihuahua biasanya akan menggonggong saat melihat bahaya atau orang asing tidak dikenalnya.

Cerdas dan cepat belajar, Chihuahua adalah ras anjing yang memiliki harapan hidup yang panjang, sering kali mencapai usia 12 hingga 20 tahun.

3. Yorkshire Terrier

Yorkshire Terrier
Image source: Freepik/wirestock

Yorkshire Terrier atau Yorkie adalah anjing kecil dengan sikap berani dan percaya diri dengan ciri khas rambut panjangnya yang halus. Jenis anjing berkepribadian ceria dan juga aktif ini cocok dijadikan teman bermain untuk anak-anakmu di rumah.

Dikenal sangat lengket kepada pemiliknya, Yorkie memiliki harapan hidup yang panjang, biasanya sekitar 12 hingga 15 tahun. Mereka juga dapat beradaptasi dengan berbagai lingkungan, baik di kota besar maupun di pedesaan.

Bulu panjang yang halus dan berkilau menjadikan anjing kecil ini terlihat elegan sekaligus menggemaskan. Meski berambut panjang, kamu tidak perlu khawatir akan kondisi bulunya, karena bulu Yorkie mirip dengan rambut manusia dan tidak mudah rontok.

Kamu bisa menyikat rambut Yorkie setiap hari dengan sisir rambut berbahan logam atau halus untuk mencegahnya kusut dan tetap bersih. Tak heran kenapa anjing kecil ini sering dijadikan rekomendasi untuk kamu yang ingin memelihara anjing tapi alergi terhadap bulu hewan.

Chenchen Tali Pengaman Seat Belt Mobil untuk Hewan - XR059 - Black - JakartaNotebook.com
Chenchen Tali Pengaman Seat Belt Mobil untuk Hewan - XR059 termurah. Dapatkan dengan mudah Chenchen Tali Pengaman Seat Belt Mobil untuk Hewan - XR059 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

4. Pembroke Welsh Corgi

Pembroke Welsh Corgi
Image source: Freepik/master1305

Pembroke Welsh Corgi atau yang dikenal anjing Corgi ini adalah jenis anjing kecil lainnya yang cocok untuk kamu pelihara. Dikenal dengan tubuh yang agak panjang, kaki pendek, dan telinga tegak besar, Corgi merupakan tipe anjing yang ekspresif dengan ekor pendek yang membuat mereka sangat menggemaskan dan mudah dikenali.

Corgi adalah anjing yang sangat cerdas dan responsif sehingga kamu bisa melatihnya dengan lebih mudah. Sangat setia kepada pemiliknya dan ramah dengan anak-anak, Corgi memiliki kepribadian yang ramah dan juga menyenangkan.

Mereka senang berjalan-jalan, berlari, dan juga bermain. Pembroke Welsh Corgi memiliki naluri penjaga yang kuat. Anjing jenis ini bahkan mudah beradaptasi dengan berbagai lingkungan, baik di rumah besar dengan halaman luas maupun di apartemen.

Corgi dikenal sebagai anjing yang sehat dengan harapan hidup sekitar 12 hingga 15 tahun atau lebih.

5. Shih Tzu

Shih Tzu
Image source: Royal Canin

Dengan wajah bulat dan mata besar yang memancarkan kehangatan, Shih Tzu adalah anjing kecil yang penuh kasih sayang yang bisa masuk daftar hewan peliharaanmu berikutnya.

Anjing  kecil yang penuh kasih sayang, ramah dan memiliki kepribadian yang tenang ini dikenal ramah, mudah bergaul, dan sangat menikmati perhatian dari keluarga. Hal ini sering menjadi alasan mengapa Shih Tzu sering menjadi pilihan yang baik untuk kamu yang baru akan memelihara anjing.

Dikenal dengan bulunya yang panjang dan lebat menjadikan Shih Tzu memerlukan perawatan rutin. Namun, hal ini tentu sepadan dengan pesona yang mereka miliki.

Memiliki harapan hidup yang panjang, biasanya antara 10 hingga 16 tahun, Shih Tzu tidak memerlukan olahraga berat, kamu cukup membawanya jalan-jalan ringan dan waktu bermain di dalam rumah.

6. Maltese

Maltese
Image source: Hypro Premium

Jenis anjing kecil gemas yang cocok kamu pelihara selanjutnya adalah Maltese. Anjing Maltese dikenal dengan bulu putih panjang yang indah dan kepribadian yang manis. Penampilannya yang anggun dan elegan membuat mereka terlihat sangat menawan, sering kali dibandingkan dengan boneka hidup.

Berukuran kecil dengan berat sekitar 2 sampai 4 kg, Maltese cock dipelihara untuk kamu yang tinggal di apartemen atau rumah dengan ruang terbatas. Sangat setia dan penuh kasih sayang terhadap pemiliknya, anjing kecil ini suka bermain dan berlari-lari kecil di sekitar rumah.

Meskipun memiliki bulu panjang, Maltese adalah jenis anjing yang bulunya tidak banyak rontok. Mereka memiliki harapan hidup yang panjang, biasanya antara 12 hingga 15 tahun.

7. French Bulldog

French Bulldog
Image source: Freepik/jcomp

French Bulldog adalah anjing kecil dengan tubuh kokoh dan telinga "batman" yang khas. Dikenal dengan tubuh mungil, telinga besar, dan wajah yang datar dengan ekspresi yang sering kali terlihat menggemaskan, French Bulldog menjadi anjing yang populer dan banyak diincar di seluruh dunia.

Relatif tenang dan tidak banyak menggonggong, menjadikannya hewan ini cocok dipelihara untuk kamu yang tinggal di apartemen atau lingkungan perkotaan yang padat.

Dengan berat sekitar 10–14 kg, French Bulldog berukuran cukup kecil. Selain itu, mereka mudah dirawat karena memiliki bulu pendek yang mudah dirawat dan tidak banyak rontok.

Meskipun memiliki beberapa masalah kesehatan yang khas pada anjing dengan wajah datar, secara umum French Bulldog adalah anjing yang sehat dan bisa hidup antara 10 hingga 12 tahun dengan perawatan yang baik.

RARY Mainan Anjing Gigit Bunyi Squeeky Dog Toy Octopus Plush - RR24 - Green - JakartaNotebook.com
RARY Mainan Anjing Gigit Bunyi Squeeky Dog Toy Octopus Plush - RR24 termurah. Dapatkan dengan mudah RARY Mainan Anjing Gigit Bunyi Squeeky Dog Toy Octopus Plush - RR24 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

8. Beagle

Beagle
Image source: Freepik/master1305

Jenis anjing kecil yang patut kamu pertimbangkan selanjutnya adalah beagle. Berasal dari Inggris dan dikembangkan sebagai anjing pemburu hewan kecil seperti kelinci, beagle mempunyai penciuman dan insting yang tajam.

Bertubuh kecil, beagle memiliki kaki yang kuat, telinga panjang yang menggantung, dan mata besar penuh ekspresi. Meski sering dijadikan hewan pemburu, anjing kecil ini nyatanya sangat suka berinteraksi, cerdas, dan juga cekatan.

Kamu yang mempunyai anak kecil di rumah, beagle sangat cocok dipelihara karena mereka sabar dengan anak-anak dan biasanya bisa bergaul dengan baik dengan anggota keluarga lainnya.

Mudah dirawat, beagle umumnya memiliki harapan hidup yang cukup panjang, antara 12 hingga 15 tahun.

PUPPYSTAR Karpet Hewan Matras Pendingin Anjing Kucing Pet Cooling Mat L - PS3MAT - Blue - JakartaNotebook.com
PUPPYSTAR Karpet Hewan Matras Pendingin Anjing Kucing Pet Cooling Mat L - PS3MAT termurah. Dapatkan dengan mudah PUPPYSTAR Karpet Hewan Matras Pendingin Anjing Kucing Pet Cooling Mat L - PS3MAT murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

9. Papillon

Papillon
Image source: Dutch

Apabila kamu suka jenis anjing yang lincah dan penuh dengan semangat, maka anjing papillon cocok dijadikan pilihan sebagai teman di rumah. Papillon dikenal sebagai anjing yang sangat cerdas dan juga energik.

Karena dikenal sebagai anjing yang aktif dan energik, papillon senang bermain dan berlari sehingga cocok dijadikan teman untuk menemani aktivitas olahragamu.

Papillon cepat belajar dan merespons dengan baik sehingga mudah diajak berlatih. Mereka juga menyukai perhatian dan sering kali mengikuti pemiliknya ke mana saja.

Anjing dengan tinggi sekitar 20-28 cm dan berat antara 2-5 kg ini, memiliki bulu panjang halus dengan telinga panjang dan mengembang. Adapun harapan hidupnya terhitung panjang yaitu sekitar 12 sampai 16 tahun.

10. Dachshund

Dachshund
Image source: Newsweek

Dachshund atau yang juga dikenal sebagai "Sausage Dog", adalah rekomendasi terakhir anjing kecil yang bisa kamu pertimbangkan. Anjing bertubuh panjang dengan kaki pendek ini memilik insting berburu yang kuat.

Di pasaran dachshund terdiri dari dua ukuran utama yaitu standar dan mini. Dachshund standar berat sekitar 7-15 kg, sementara yang mini beratnya di bawah 5 kg.

Loyal dan protektif, anjing kecil ini cenderung waspada terhadap orang asing. Dikenal cerdas, "anjing sosis" ini ternyata juga keras kepala lho, terutama jika mereka sudah tertarik dengan sesuatu. Maka dari itu, kamu perlu bersabar saat melatih dachshund.

Jika dirawat dengan baik, dachshund mampu bertahan hidup selama 12 sampai dengan 16 tahun.

Setelah melihat rekomendasi di atas, sudahkah kamu menentukan jenis anjing apa yang akan dipelihara nantinya? Ingat ya, jangan memilih anjing kecil hanya karena mereka menggemaskan saja, tetapi perhatikan juga karakteristik dan kebutuhan yang sesuai dengan gaya hidup kamu.

Dari kepribadian yang ceria hingga loyalitas yang tinggi, setiap ras anjing kecil menawarkan keunikan tersendiri yang bisa menjadi teman setia di rumah.

Lakukan perawatan rutin mulai dari merawat rambut atau bulunya menggunakan alat cukur hewan, menyediakan tempat tidur anjing agar mereka nyaman beristirahat, dan memperhatikan jadwal makan dengan memastikan tempat makan anjing selalu terisi.

Anjing kecil mungkin berukuran kecil, tetapi cinta dan kesetiaan mereka luar biasa besar, dengan mereka secara teratur, mengajak bermain, dan memperhatikan gizinya merupakan bentuk cinta dan perhatianmu kepada mereka