Jenis-Jenis Brush Make Up dan Kegunaannya: Beauty Enthusiast Wajib Tahu!

Mulai dari foundation brush hingga lip brush, kenali berbagai jenis kuas make up dan masing-masing fungsinya berikut ini agar kamu semakin pro dalam mempercantik diri.

Jenis-Jenis Brush Make Up dan Kegunaannya: Beauty Enthusiast Wajib Tahu!
Image Source: Freepik

Sama halnya dengan skill make up, brush make up merupakan kunci penting untuk memperoleh tampilan make up yang flawless. Namun, saat dihadapkan oleh pilihan brush yang tersedia, beberapa dari kamu pasti menghabiskan banyak waktu di depan rak bagian brush make up di toko kecantikan lantaran tidak tahu brush yang mana yang harus dibeli, apalagi mereka hampir terlihat sama jika dilihat sekilas.

Ternyata saat mengaplikasikan make up ke setiap bagian pada wajah, setiap tahapnya dari awal hingga akhir memerlukan brush yang berbeda-beda, terlebih jika ingin mendapatkan hasil make up yang lebih kompleks dan detail.

Oleh karena itu, perlu sekali untuk mengetahui perbedaan jenis brush make up dan masing-masing fungsinya karena menggunakan jenis brush yang tepat dapat mengubah cara kamu merias wajah dan membantu memberikan hasil akhir yang mulus.

Simak pedoman berbagai jenis kuas make up yang umum digunakan berikut ini agar saat masuk ke toko kosmetik, kamu sudah tahu jenis brush apa yang harus dibeli. Pastikan juga untuk membelinya sesuai dengan kebutuhanmu, ya.

1. Foundation Brush

Foundation Brush
Image Source: kikocosmetics, amazon

Brush foundation ini digunakan untuk mengaplikasikan foundation atau alas bedak. Tergantung pada kebutuhan pemakaian, umumnya kuas ini terbagi lagi menjadi 2 macam, yaitu jenis dengan kepala datar (flat) dan kepala bulat (round).

Brush kepala datar digunakan untuk mengaplikasikan foundation dengan coverage yang lebih ringan atau untuk mengaplikasikan tinted moisturizer. Jika kamu ingin coverage yang lebih tebal dan padat, pilihlah jenis brush dengan kepala bulat.

2. Powder Brush

Powder Brush
Image Source: laurageller

Memiliki ujung bulu yang tebal, padat, bulat, dan halus adalah ciri-ciri dari brush powder. Berfungsi untuk membaurkan alas bedak (foundation), contouring, dan bedak itu sendiri, brush ini biasanya hadir dalam ukuran kecil, sedang, dan besar. Bedak yang digunakan pun dapat berbasis padat atau tabur.

3. Concealer Brush

Concealer Brush
Image Source: Sephora

Brush jenis ini memiliki jenis bulu yang serupa dengan brush foundation, tetapi ukurannya lebih kecil agar dapat masuk ke area yang sulit dijangkau, seperti sudut dalam mata.

Umumnya brush ini digunakan untuk menyamarkan noda-noda di wajah, misalnya lingkaran gelap di bawah mata, titik jerawat, bekas jerawat, hingga tanda kelahiran.

4. Angled Contour Brush

Angled Contour Brush
Image Source: Sociolla

Dengan bentuknya yang asimetris (cenderung miring ke satu sisi), berbulu lembut dan padat, brush khusus contour ini digunakan untuk menciptakan siluet tirus pada tulang pipi, area rahang, dan garis dahi.

5. Flat Eyeshadow Brush

Flat Eyeshadow Brush
Image Source: Harpers Bazaar Indonesia

Brush eyeshadow jenis datar ini merupakan salah satu brush yang paling penting untuk mencapai hasil riasan mata yang cantik.

Memiliki bentuk pipih dan ujung yang tebal (cenderung cembung), brush ini berfungsi untuk mengaplikasikan base eyeshadow ke atas kelopak mata, ke arah dalam dan luar kelopak mata.

6. Eyeshadow Blending Brush

Eyeshadow Blending Brush
Image Source: Beautyjournal

Salah satu keluarga eyeshadow brush yang satu ini digunakan untuk membaur lapisan warna eyeshadow di kelopak mata agar gradasi pencampuran warna eyeshadow terlihat lebih rapi dan natural.

Umumnya eyeshadow blending brush memiliki jenis bulu yang berbentuk oval dan sedikit runcing di bagian ujungnya

7. Pencil Brush

Pencil Brush
Image Source: Sigma Beauty

Pencil brush diciptakan untuk kamu yang senang menggunakan liner dan eyeshadow di bagian bawah bulu mata. Selain itu, brush berbentuk ujung pensil ini juga digunakan untuk menciptakan tampilan bayangan mata yang lembut dan smokey.

8. Eyeliner Brush

Eyeliner Brush
Image Source: Anastasia Beverly Hills

Brush khusus eyeliner ini memiliki ujung yang rata dengan bulu yang padat dan kaku. Sesuai dengan namanya, brush ini berfungsi untuk mengaplikasikan berbagai jenis eyeliner, baik bubuk, krim, atau gel.

Selain bentuk ujung yang rata, eyeliner brush juga kerap hadir dalam bentuk ujung yang miring guna memudahkan menggambar winged eyeliner.

9. Mascara Wand atau Spoolie

Mascara Wand atau Spooli
Image Source: Beautyjournal.id

Brush mascara atau yang sering disebut dengan spoolie berfungsi untuk menyisir dan memisahkan bulu mata yang menggumpal setelah mengaplikasikan maskara ke bulu mata.

Tidak hanya untuk bulu mata, spoolie juga kerap kali digunakan menyisir riasan alis agar tampak lebih membaur natural bersama bulu alisnya.

10. Angled Brow Brush

Mascara Wand atau Spooli
Image Source: Sephora

Brush jenis ini biasanya hadir dengan dua jenis sisi yang berbeda, yaitu brush dan sikat. Walaupun terlihat serupa dengan eyeliner brush, brush khusus alis ini memiliki bulu sikat yang lebih halus.

Brow brush berfungsi untuk mengaplikasikan riasan alis yang berbentuk bubuk (powder) atau gel. Sudutnya yang lancip dan asimetris hadir untuk membentuk ujung alis agar lebih presisi.

11. Blush Brush

Blush Brush
Image Source: care beauty

Brush ini digunakan untuk mengaplikasikan blush on ke pipi. Tidak hanya itu, biasanya blush brush juga kerap kali digunakan untuk membubuhkan highlighter ke pipi.

Jika dilihat sekilas, brush ini memang terlihat seperti powder brush. Bedanya, blush brush memiliki gagang yang lebih ramping dan panjang. Dari jenis bulu pun, brush khusus blush ini memiliki ketebalan yang lebih sedikit dibandingkan milik powder brush.

12. Highlighter Brush

Highlighter Brush
Image Source: Sociolla

Seperti brush khusus contour, brush khusus highlighter tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Umumnya brush jenis ini berbentuk kerucut dan memiliki jenis kuas yang halus untuk mengaplikasikan highlighter ke tulang pipi.

13. Fan Brush

Fan Brush
Image Source: Sociolla

Dengan bentuknya yang menyerupai kipas dan memiliki jenis ketebalan bulu yang pipih dan melebar, fan brush merupakan pilihan yang tepat untuk memoleskan highlighter ke tulang pipi secara lebih optimal agar make up terlihat semakin on point.

14. Lip Brush

Lip Brush
Image Source: pac cosmetic

Lip brush hadir dengan bentuk kuas yang kecil, padat, dan lancip untuk memudahkan pengguna dalam mengaplikasikan produk bibir secara presisi dan detail.

Brush khusus bibir ini dapat digunakan untuk mengaplikasikan berbagai jenis lipstick, mulai dari palet lipstick, gloss, atau bentuk lipstick pada umumnya.

15. Kabuki Brush

Kabuki Brush
Image Source: Sociolla

Brush satu ini memiliki bentuk yang unik karena hadir dalam ukuran yang bulat dan ringkas. Thanks to kabuki brush, ia dapat menjadi penyelamat bagi kamu yang perlu memperbaiki make up setiap hari tetapi tidak ingin membawa alat make up yang terlalu banyak. Kabuki brush dapat digunakan untuk mengaplikasikan bedak, foundation, hingga highlighter.

***

Demikianlah 15 variasi brush yang umumnya digunakan dalam dunia kecantikan. Walaupun terkadang membingungkan, tetapi pengaplikasian make up dengan jenis brush yang tepat dapat membuat hasil make up kamu menjadi lebih stand out.

Sehabis digunakan, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan brush-brush kesayangan kamu agar terhindar dari infeksi dan ruam yang disebabkan oleh bakteri yang tumbuh pada brush yang kotor.

Gunakan sabun pembersih lembut dan ringan, lalu basahi bagian bulu. Hindari paparan air ke gagang brush atau menggunakan pembersih berbahan keras karena dapat melepaskan lem yang menyatukan bulu pada brush.

Setelah itu, gosok brush yang telah berbusa dengan lembut di telapak tangan dan bilas sampai bersih hingga aliran air menjadi jernih. Pastikan tidak ada sabun yang tersisa di bulu sikat dengan membilasnya. Selanjutnya baringkan brush dengan posisi mendatar dan diamkan hingga kering sepenuhnya.

Kalau kamu tipe orang yang tech savvy, kamu bisa menggunakan pembersih brush make up elektrik untuk lebih memudahkan proses mencuci dan pengeringan brush dengan waktu yang lebih singkat. Selamat merias diri!

Bobosu Pembersih Kuas Makeup Elektrik Brush Cleaner Dryer Tool - HZJ01 - Black - JakartaNotebook.com
Bobosu Pembersih Kuas Makeup Elektrik Brush Cleaner Dryer Tool - HZJ01 termurah. Dapatkan dengan mudah Bobosu Pembersih Kuas Makeup Elektrik Brush Cleaner Dryer Tool - HZJ01 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.