7 Jenis Payung untuk Hadapi Musim Hujan, Ada yang Reversible!

Dari payung lipat yang praktis hingga payung doorman yang besar, setiap jenis payung memiliki karakteristik sendiri dalam melindungi dari segala cuaca.

7 Jenis Payung untuk Hadapi Musim Hujan, Ada yang Reversible!
Image Source: The New York Times

Musim hujan telah tiba! Terkena guyuran air hujan yang seringkali datang secara tiba-tiba memang salah satu hal yang menjengkelkan. Oleh karena itu, item yang harus selalu ada di dalam tas saat musim hujan adalah payung.

Tahukah kamu? Payung ditemukan ribuan tahun yang lalu pertama kali di Tiongkok kuno. Awalnya payung hanya digunakan untuk memberi keteduhan bagi bangsawan dan penguasa, terutama saat bepergian.

Selain manfaat fungsionalnya, payung juga memiliki daya tarik estetika. Desainnya yang beragam dari yang sederhana hingga artistik, warna-warna yang menarik, dan pola yang stylish memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan preferensinya.

Tahukah kamu? Ternyata payung memiliki jenis yang beragam dan bukan itu-itu saja, lho! Nah, agar kamu tidak keliru, tidak ada salahnya untuk simak jenis-jenis payung berikut ini, yuk!

Jenis-Jenis Payung

Umumnya payung yang biasa digunakan sehari-hari terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

1. Payung Standar

Payung Standar
Image Source: The New York Times

Payung ini merupakan salah satu jenis payung yang paling sering dijumpai. Gagangnya yang panjang dan melengkung di bagian bawah merupakan ciri khas model ini, yang memudahkan pengguna untuk menggenggamnya.

Biasanya ada yang dilengkapi dengan tombol otomatis, tetapi ada juga yang tidak. Cukup tekan tombol di bagian bawah payung, maka payung akan terbuka secara otomatis, sehingga kamu tidak perlu effort lebih untuk membukanya.

2. Payung Lipat

Payung Lipat
Image Source: The New York Times

Kini kamu tidak perlu khawatir lagi akan repotnya membawa payung sebab kamu dapat menggunakan payung lipat sebagai solusinya. Payung ini dapat dilipat menjadi lebih kecil sehingga mudah dibawa dan disimpan di tas atau saku.

Desainnya yang ringkas dan portabel membuatnya menjadi teman setia di berbagai situasi, memberikan perlindungan dari guyuran hujan tanpa mengganggu mobilitas penggunanya.

Payung Lipat Buka Tutup Otomatis Polos Windproof 10 Bone 1M - CJZ13 - Black - JakartaNotebook.com
Payung Lipat Buka Tutup Otomatis Polos Windproof 10 Bone 1M - CJZ13 termurah. Dapatkan dengan mudah Payung Lipat Buka Tutup Otomatis Polos Windproof 10 Bone 1M - CJZ13 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Payung Anti-UV

Payung Anti-UV
Image Source: Globalcareme

Tahukah kamu? Meskipun hujan, sinar UV masih bisa tembus melalui awan dan bisa merusak kulit. Oleh karena itu, agar terlindung dari hujan sekaligus paparan sinar UV, payung satu ini merupakan solusi yang tepat.

Payung anti UV banyak yang telah dilengkapi dengan material tahan air lapisan yang dapat menahan tetesan air sehingga payung ini tidak akan terlalu basah walau terkena derasnya air hujan.

JIASAN Payung Lipat Buka Tutup Manual Polos Anti UV Windproof 90cm - A50 - Black - JakartaNotebook.com
JIASAN Payung Lipat Buka Tutup Manual Polos Anti UV Windproof 90cm - A50 termurah. Dapatkan dengan mudah JIASAN Payung Lipat Buka Tutup Manual Polos Anti UV Windproof 90cm - A50 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

4. Payung Reversible atau Payung Terbalik

Payung Reversible atau Payung Terbalik
Image Source: Repel Umbrella

Payung reversible merupakan salah satu payung unik. Desainnya memungkinkan payung untuk dilipat secara terbalik, dengan bagian dalam yang biasanya basah ketika dilipat, menjadi bagian luar saat dilipat terbalik.

Saat bagian dalam yang basah tertutup di bagian luar, air hujan yang menempel pada payung tidak akan langsung menetes ketika dilipat. Kamu tidak perlu khawatir lagi tetesan air dari payung akan mengotori lantai saat membawanya ke dalam ruangan.

Selain itu, berkat desainnya yang dapat dibalik, payung dapat berdiri di lantai sendiri tanpa perlu didukung oleh dinding atau permukaan lainnya. Hal ini sangat berguna saat payung perlu diletakkan sementara di dalam ruangan atau mobil.

5. Payung Botol

Payung Botol
Image Source: JakartaNotebook

Seperti namanya, payung satu ini memiliki bentuk yang menyerupai botol ketika dilipat. Selain payung botol, jenis payung ini juga biasa disebut dengan wine umbrella, capsule umbrella, dan crown umbrella.

Desainnya yang ramping seperti botol membuat payung untuk lebih mudah untuk digunakan dan disimpan. Tidak perlu khawatir lagi tas akan menjadi berat sebab payung ini hanya membutuhkan sedikit space di dalam tasmu.

Deco Payung Lipat Buka Tutup Manual Desain Botol Wine Anti UV 97cm - YS06 - Black - JakartaNotebook.com
Deco Payung Lipat Buka Tutup Manual Desain Botol Wine Anti UV 97cm - YS06 termurah. Dapatkan dengan mudah Deco Payung Lipat Buka Tutup Manual Desain Botol Wine Anti UV 97cm - YS06 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

6. Payung Transparan

Image Source: Kessler Museum

Kini kamu dapat melihat sekitar dan tetap terlindungi dari derasnya guyuran hujan secara bersamaan dengan menggunakan payung transparan. Payung ini terbuat dari bahan yang bening, yaitu bahan PVC yang kuat dan tahan air.

Tidak hanya terlindung dari hujan, kamu juga tetap dapat terlihat stylish saat menggunakannya sebab desainnya yang estetik dan minimalis cocok untuk segala outfit sehingga tidak akan mengganggu penampilanmu.

Fancytime Payung Polos PVC 8 Bone 90cm - P075 - Transparent - JakartaNotebook.com
Fancytime Payung Polos PVC 8 Bone 90cm - P075 termurah. Dapatkan dengan mudah Fancytime Payung Polos PVC 8 Bone 90cm - P075 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

7. Payung Model Katana

Payung Model Katana
Image Source: JakartaNotebook

Payung unik satu ini mengadaptasi dari bentuk samurai jepang yaitu katana di bagian gagangnya. Untuk kamu yang senang mengoleksi benda dengan tema budaya Jepang, payung ini cocok untuk menjadi teman di musim hujan.

Diameternya yang lebar dan materialnya yang kokoh mampu memberikan perlindungan yang mumpuni baik dari derasnya hujan mau pun terik matahari. Bahkan kamu dapat menggunakan payung ini untuk lebih dari satu orang.

HHYUKIMI Payung Model Katana Samurai Jepang 24 Bone 105cm - B062 - Black - JakartaNotebook.com
HHYUKIMI Payung Model Katana Samurai Jepang 24 Bone 105cm - B062 termurah. Dapatkan dengan mudah HHYUKIMI Payung Model Katana Samurai Jepang 24 Bone 105cm - B062 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

8. Payung doorman

Payung doorman
Image Source: Gust Buster UK

Ciri khas utama dari payung doorman adalah ukurannya yang besar dan memiliki diameter yang cukup lebar untuk menampung beberapa orang di bawahnya. Biasanya payung ini memiliki gagang yang lebih panjang dan kokoh

Sesuai namanya, payung doorman sering digunakan oleh doorman atau petugas keamanan di hotel, restoran, atau bangunan-bangunan komersial lainnya untuk menyambut tamu atau pelanggan.

Setiap payung memiliki kharakteristiknya tersendiri, pilihlah payung yang sesuai dengan kebutuhanmu. Dalam memilih payung yang tepat, perhatikan hal seperti ukuran, material, bobot, kestabilan terhadap angin, dan kenyamanan saat digunakan.