7 Jenis Lampion Terbaik untuk Tahun Baru Imlek 2021

Biasanya lampion Imlek banyak dicari saat Tahun Baru Imlek. Nah, kamu tentu perlu mengenal 7 macam lampion Imlek yang cocok jadi hiasan rumah nanti!

7 Jenis Lampion Terbaik untuk Tahun Baru Imlek 2021

Tahun baru Imlek 2021 tanggal berapa?

Tahun Baru Imlek merupakan hari besar agama yang mulai dirayakan dengan meriah di Indonesia sejak masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid atau yang biasa dikenal dengan Bapak Gus Dur. Hal ini dikarenakan adanya larangan merayakan pada era Presiden Soeharto. Setelah bertahun-tahun hingga kini Tahun Baru Imlek telah menjadi salah satu hari libur nasional di Indonesia. Hari raya Tahun Baru Imlek adalah salah satu perayaan yang dinanti-nanti masyarakat etnis Tionghoa.  

Salah satu hal menarik saat menyambut Tahun Baru Imlek 2021 adalah dekorasi rumah. Biasanya lampion Imlek merupakan yang paling banyak diminati orang untuk menghias rumah di hari Imlek. Nah, kamu tentu perlu tahu bahwa ternyata ada berbagai macam lampion Imlek loh yang cocok jadi hiasan rumah saat Tahun Baru Imlek nanti! Ada berbagai variasi mulai dari lampion Imlek konvensional, lampion kertas dan masih banyak lagi. Bahkan tidak jarang orang memilih untuk membuat lampion Imlek sendiri. Dengan mengenal berbagai jenis lampion Imlek, maka kamu akan lebih mudah untuk memilih mana yang sesuai untuk rumahmu.

7 Jenis Lampion Imlek Terbaik versi JakartaNotebook

Jenis Lampion Terbaik untuk Tahun Baru Imlek 2021 | Sumber: Shutterstock
  • Lampion Kain

Salah satu lampion Imlek konvensional yang sering digunakan orang adalah lampion berbahan dasar kain. Biasanya lampion ini memiliki rangka yang kokoh dengan bahan penutup kain. Mengapa lampion Imlek ini banyak disukai oleh masyarakat Tionghoa? Karena jenisnya yang bisa dibentuk unik bahkan menjadi lampion karakter sesuai keinginan kamu.

  • Lampion Benang

Berbeda dengan lampion kain, lampion Imlek berbahan benang ini malah tidak membutuhkan rangka. Biasanya bahan yang dibutuhkan adalah balon udara, benang wol, lem, kuas dan lain-lain. Sama hal nya dengan lampion kain, lampion benang ini bisa dibentuk bervariasi sesuai dengan keinginan kamu.

  • Lampion Kertas

Nah, kalau lampion Imlek satu ini biasanya banyak digunakan untuk diterbangkan daripada digantung sebagai hiasan rumah saat Tahun Baru Imlek. Lampion kerta ini biasanya berbahan kertas minyak warna-warni. Lampion ini banyak digemari karena cocok untuk menulis doa serta harapan di tahun yang baru. Selain itu, lampion kertas ini sangat mudah ditemukan di pasaran.

  • Lampion Angpao

Jika kamu ingin punya lampion Imlek buatan tangan sendiri, lampion angpao ini bisa jadi pilihan tepat! Biasanya lampion angpao dibuat sendiri dari rangkaian kertas angpao yang dominan dengan warna merah serta gantungan yang cantik. Lakukan saja sesuai kreativitas kamu bersama keluarga di rumah, tentu ketika selesai kamu akan puas karena lampion Imlek untuk Tahun Baru Imlek 2021 ini penuh dengan kesan personal.

  • Lampion Plastik

Kalau beberapa lampion Imlek di atas tadi terbuat dari bahan tertentu, nah lampion plastik ini biasa dibuat dengan bahan plastik daur ulang loh! Tentunya lampion ini jadi lebih unik karena memanfaatkan bahan daur ulang secara maksimal. Bentuk lampionnya pun bisa kamu sesuaikan dengan imajinasi dan favorit kamu.

  • Lampion Batu

Hah? Lampion dari batu? Emang ada? Ada! Jenis lampion batu ini mungkin memang jarang digunakan untuk dekorasi Imlek. Namun, lampion batu banyak digunakan sebagai dekorasi rumah misalnya pada pagar rumah, Biasanya lampion berbahan batu ini biasanya dipahat oleh pengrajin berpengalaman.

  • Lampion Lentera Lilin

Ternyata lentera dengan bentuk lilin sudah digunakan sejak zaman nenek moyang loh! Namun saat ini beredar di pasaran dengan model dan kreasi yang lebih menarik. Komposisi utama lilin tidak dihilangkan namun kombinasi hiasan lebih unik sehingga menciptakan kesan mewah pada lampion Imlek jenis ini.

Pilih lampion Imlek favorit kamu ya!


Yuk siap-siap menyambut hari raya Tahun Baru Imlek dengan beragam promo menarik spesial dari JakartaNotebook dalam IMLEK SALEBRATION!