10 Jenis Lampu Mobil & Fungsinya, Kamu Wajib Tahu!

Tidak hanya sebagai penerangan, lampu mobil juga berfungsi sebagai aksesoris penunjang penampilan mobil.

10 Jenis Lampu Mobil & Fungsinya, Kamu Wajib Tahu!
Image source: Unsplash

Lampu merupakan salah satu elemen penting pada kendaraan roda empat untuk mendukung aktivitas berkendara saat jalanan minim cahaya. Seiring perkembangan, fungsi lampu mobil ternyata tidak hanya sebagai penerangan tetapi juga aksesoris untuk menunjang penampilan mobil.

Sebagai pemilik kendaraan, tahukah kamu apa saja jenis dan fungsi lampu yang dipasang di mobil?

Berdasarkan jenis bahan dan intensitas cahaya, terdapat 3 jenis lampu yang perlu kamu tahu, yaitu lampu halogen, HID (High Intensity Discharge), dan LED (Light Emitting Diodes).

Jenis Lampu Mobil dan Fungsinya

Selain berdasarkan bahan, lampu mobil juga dapat dibedakan berdasarkan fungsinya. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Lampu Senja (Lampu Kota)

Lampu Senja (Lampu Kota)
Image Source: Pexels

Lampu senja atau disebut dengan lampu kota merupakan lampu yang harus dinyalakan saat kendaraan berjalan di siang hari atau cuaca sedang terang.

Fungsi utama dari jenis lampu ini adalah penerangan mobil saat hari sudah menjelang malam. Banyak pengguna lebih memilih jenis lampu LED sebagai lampu senja dengan pertimbangan lebih irit.

2. Lampu Dekat (Low Beam)

Seperti namanya, lampu dekat berfungsi untuk memberikan penerangan jarak dekat sekitar 5 meter. Tidak seperti lampu jauh yang menyorot langsung ke depan, lampu dekat mengarah ke jalan sehingga lebih ramah untuk pengguna jalan.

Lampu Speedometer Dashboard Mobil T5 COB Cool White 1 PCS - ABH04 - White - JakartaNotebook.com
Lampu Speedometer Dashboard Mobil T5 COB Cool White 1 PCS - ABH04 termurah. Dapatkan dengan mudah Lampu Speedometer Dashboard Mobil T5 COB Cool White 1 PCS - ABH04 murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

3. Lampu Jauh (High Beam)

Lampu Jauh (High Beam)
Image Source: Pexels

Sesuai dengan sebutannya, fungsi dari lampu jauh adalah memberikan penerangan untuk jarak yang jauh ke depan. Lampu jenis ini biasa digunakan pada malam hari dengan kondisi jalan sepi dan gelap.

Meski jarak jangkauan cahaya bisa sekitar 10 meter, lampu ini jarang digunakan karena sering mengganggu pengendara lain yang datang dari arah berlawanan.

4. Lampu Tail (Stop Lamp)

Jika kamu sering melihat lampu bagian di belakang mobil atau tepatnya di tail mobil yang menyala merah, itu adalah lampu tail. Lampu ini merupakan isyarat untuk kendaraan yang berada di belakang kamu bahwa mobil akan berhenti.

5. Lampu Hazard

Lampu Hazard
Image Source: Pexels

Saat mobil dalam keadaan darurat, maka lampu hazard harus dinyalakan. Nyalakan sein kanan dan kiri secara bersamaan untuk menyalakan lampu hazard mobil.

6. Lampu Rem

Lampu rem adalah lampu yang menyala saat pengemudi mengerem kendaraan. Ciri khas dari lampu ini biasanya berwarna merah dan terletak di bagian belakang.

Lampu rem berfungsi untuk memberi tanda pada pengendara lain bahwa mobil milikmu akan berhenti atau mengurangi kecepatan.

Lampu Rem Mobil LED Stop Lamp 1156 13 SMD 5050 Cool White 5W 2 PCS - White - JakartaNotebook.com
Lampu Rem Mobil LED Stop Lamp 1156 13 SMD 5050 Cool White 5W 2 PCS termurah. Dapatkan dengan mudah Lampu Rem Mobil LED Stop Lamp 1156 13 SMD 5050 Cool White 5W 2 PCS murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

7. Lampu Sein

Lampu Sein
Image Source: Pexels

Berfungsi sebagai media komunikasi antar pengemudi di jalanan, yaitu kendaraan akan belok ke arah kanan atau kiri. Lampu sein diharuskan berwarna kuning.

8. Lampu Mundur

Berwarna kuning keputihan, lampu mundur akan menyala ketika mobil yang kamu kendarai akan bergerak mundur.

Lampu ini berada di bagian belakang mobil dan terletak berdekatan dengan lampu rem.

9. Lampu Kabut

Lampu Kabut
Image Source: Pexels

Kalau kamu sering mendengar lampu kabut, mungkin sudah tahu fungsi dari lampu ini, ya. Sesuai dengan namanya, lampu ini digunakan sebagai penerangan ketika jalanan berkabut atau cuaca buruk seperti hujan lebat.

Terletak di bagian bawah bumper, warna dari lampu kabut adalah kuning terang.

10. Lampu Kabin

Menjadi satu-satunya lampu yang terletak di dalam mobil, lampu kabin digunakan untuk penerangan di malam hari. Lampu kabin biasanya berwarna kuning redup.

Lukstar Lampu Interior Mobil Kabin 16 LED SMD 1210 Cool White 2 PCS - White - JakartaNotebook.com
Lukstar Lampu Interior Mobil Kabin 16 LED SMD 1210 Cool White 2 PCS termurah. Dapatkan dengan mudah Lukstar Lampu Interior Mobil Kabin 16 LED SMD 1210 Cool White 2 PCS murah, garansi, dan bisa cicilan - Hanya di JakartaNotebook.com.

Itu dia ulasan dari jenis lampu beserta fungsinya yang perlu kamu tahu. Untuk kamu yang pecinta otomotif, pastikan untuk melakukan pengecekan lampu secara rutin ya, agar tidak membahayakan diri sendiri dan pengendara lain.