5 Jenis Minuman yang Kaya Akan Manfaat

Tahukah Anda bahwa air putih, teh, susu, jus, hingga kopi memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaatnya?

5 Jenis Minuman yang Kaya Akan Manfaat
Image Source: freepik.com

Meskipun ini terkesan sepele, mengonsumsi minuman yang kaya manfaat dapat menjadi investasi yang sangat berharga untuk masa depan. Minum merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Karena itu, jangan sampai Anda kekurangan cairan. Untuk menunjang kegiatan harianmu, pastikan untuk selalu mengonsumsi segala hal yang memberi efek positif bagi tubuh. Baik ketika Anda di rumah, menjalani rutinitas kerja, maupun sedang traveling. Terdapat beberapa rekomendasi jenis minuman kaya akan manfaat yang wajib Anda coba.

1. Air Putih

Image Source: Pexels

Tentu saja yang paling utama adalah air putih. Faktanya, jika Anda rutin mengonsumsinya, itu sudah bisa jadi salah satu jaminan kesehatan. Kebutuhan harian air putih untuk orang dewasa ada di angka 2 liter, atau 8 gelas ukuran 230 mililiter.

Terdapat beberapa manfaat air putih yang wajib Anda ketahui mulai dari meningkatkan metabolisme, membantu mencegah tubuh terserang racun, menjaga kadar cairan tubuh, dan mempertahankan suhu tubuh agar tetap normal. Anda dapat menggunakan botol minum yang dapat Anda bawa ke mana pun saat Anda beraktivitas agar memenuhi kebutuhan harian.

2. Teh

Image Source: Pexels

Minuman sehat pagi hari ini sangat mudah Anda temukan di Indonesia, baik dalam bentuk kemasan jadi, maupun setengah jadi. Ada berbagai varian teh yang bisa Anda jumpai. Entah itu teh hijau, teh hitam, hingga putih. Namun, Anda tak perlu bingung karena pada dasarnya semuanya juga memiliki efek yang positif bagi tubuh.

Adapun beberapa manfaat teh seperti membantu kulit lebih sehat, meningkatkan metabolisme, meningkatkan pembakaran lemak, dan membantu tidur jadi lebih nyenyak. Anda dapat menggunakan set cangkir teh untuk menikmati teh bersama keluarga atau pitcher dengan penyaringan daun teh yang lebih baik.

3. Kopi

Image Source: Pexels

Sebenarnya kopi itu bukan hanya tren, minuman ini juga nyatanya memiliki banyak kebaikan bagi tubuh. Di Indonesia, Anda tak akan kesulitan menemukan kopi. Ada banyak jenis kopi mulai dari kopi arabika gayo, toraja, kintamani, hingga bajawa dengan berbagai karakter khas yang siap menemani aktivitasmu.

Memang, ada berbagai riset yang menyebut bahwa kafein pada kopi tidak baik bagi tubuh. Tapi, tak sedikit juga yang memandang sisi positifnya seperti mencegah penurunan fungsi kognitif, mengurangi risiko diabetes, serta meningkatkan energi dan mood. Anda dapat menikmati kopi instan atau mengolah kopi dengan mesin kopi maupun penggiling kopi manual.

4. Susu

Image Source: Pexels

Minuman yang satu ini sudah tidak perlu diperdebatkan lagi soal manfaatnya. Anda pasti pernah bahkan sering mengonsumsi susu. Tentunya, susu memiliki manfaat seperti membangun tulang dan gigi, menurunkan tekanan darah, menetralisir racun, dan meningkatkan kualitas tidur. Anda dapat menikmati susu dengan wadah yang menarik atau menjadikan susu sebagai tambahan topping dengan bantuan frother pembuih susu.

5. Jus Buah dan Sayur

Image Source: Pexels

Jus adalah minuman yang berasal dari ekstraksi cairan alami pada buah-buahan dan sayuran. Sebagaimana diketahui, kedua jenis makanan ini kaya dengan serat serta berbagai vitamin penting bagi tubuh. Untuk kategori buah-buahan, Anda bisa memilih jus jeruk, alpukat, jambu, pisang, atau semangka. Berbagai jus tersebut juga masuk dalam kategori minuman sehat untuk ibu hamil. Sedangkan untuk sayuran, ada jus wortel, kubis, bayam, hingga mentimun yang tak kalah kaya nutrisi dengan berbagai buah-buahan.

Terdapat manfaat jus yang mungkin saja Anda butuhkan seperti meredakan peradangan, memperbaiki sistem pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan energi. Anda membutuhkan blender dengan ukuran portabel agar dapat menikmati jus buah di mana pun saat beraktivitas.

***

Demikian beberapa jenis minuman beserta manfaatnya yang mungkin akan menambah insight baru untuk Anda. Tentunya tidak hanya manfaatnya saja, yang lebih penting jangan sampai lupa minum dan kekurangan cairan ya!