Bekuk Serbia, Jerman Cetak Sejarah Juara FIBA World Cup 2023

Jerman menjadi juara FIBA World Cup 2023 pertama kali usia berhasil mengalahkan Serbia dalam laga final di Mall of Asia Arena, Manila.

Bekuk Serbia, Jerman Cetak Sejarah Juara FIBA World Cup 2023
Image source: Twitter/EuroBasket

Tim nasional basket Jerman mencetak sejarah dalam gelaran kejuaraan dunia basket usia meraih medali emas FIBA World Cup 2023 dalam laga final di Mall of Asia Arena, Pasay Filipina, Minggu 10 September 2023.

Jerman yang tidak terkalahkan sepanjang turnamen Piala Dunia FIBA 2023 berhasil menaklukkan Serbia dan menyabet gelar juara untuk pertama kali sejak keikutsertaan mereka pada 1986. Catatan ini menyamai prestasi Argentina sebagai pemilik satu gelar FIBA World Cup 1950.

Mendapat perlawanan sengit dari Serbia pada kuarter pertama, pasukan Gordon Herbet harus tertinggal dengan skor 23-26. Jerman yang nyaris tertinggal berupaya mengejar poin dengan balik memimpin 30-28 usai sumbangan tiga angka lewat aksi free thrown Franz Wagner. Kedua tim yang saling kejar mengejar harus puas berbagi angka 47-47 pada kuarter kedua.

Jerman vs Serbia
Image source: Twitter/FIBAWC

Jerman yang memimpin sejak awal kuarter ketiga langsung tancap gas, Dennis Schroder dan kawan-kawan berhasil menambah 22 poin dan membuat keunggulan sebanyak 12 poin. Pertahanan yang apik dari Tim Panser membuat Serbia sulit mengejar angka, Jerman memimpin 69-57.

Jerman vs Serbia
Image source: Twitter/FIBAWC

Semakin tidak terbendung pada kuarter keempat, aksi Schroder yang mencetak poin pada detik-detik akhir laga berhasil membawa negeri Diesel menjauh dan menang dengan skor 83-77.

Schroder yang menjadi kapten Timnas basket Jerman menjadi bintang pada pertandingan tadi malam lewat sumbangan 28 poin. Menyusul Fran Wagener yang mencetak 19 poin, dan Johannes Voigtmann 12 poin.

Sementara di kubu Serbia Aleska Avramovic menjadi penyumbang angka terbanyak yaitu 21 poin diikuti Bogdan Bogdannovic 17 poin.

Jerman juara FIBA World Cup 2023
Image source: Twitter/EuroBasket

Hasil ini membuat negara Eropa Barat tersebut memastikan gelar juara dunia basket 2023 dan menjadikan Jerman negara ketujuh yang sukses memenang piala dunia basket.