10 Rekomendasi Kado untuk Ibu Melahirkan, Dijamin Bermanfaat!

Masih bingung memilih hadiah? Berikut beberapa rekomendasi kado untuk ibu melahirkan yang bisa kamu pilih untuk keluarga, teman, dan kerabat. Dijamin bermanfaat!

10 Rekomendasi Kado untuk Ibu Melahirkan, Dijamin Bermanfaat!
Image Source: Freepik/ASphotofamily

Mengunjungi teman atau kerabat yang baru mendapatkan momongan rasanya tak lengkap kalau tidak membawa kado untuk ibu hamil. Kado ini biasanya berisi alat atau produk yang bisa membantu sang orang tua mengurus bayi yang baru lahir. 

Kado untuk ibu melahirkan sendiri diberikan saat kita berkunjung setelah persalinan. Saat berkunjung, kita tidak hanya memberikan kado, tapi juga mengobrol dengan sang ibu untuk memberikan dukungan emosional.

Rekomendasi Kado untuk Ibu Melahirkan

Nah, jika kamu masih bingung memilih kado yang tepat, tak perlu khawatir. JakartaNotebook punya beberapa rekomendasi kado untuk ibu melahirkan yang bisa kamu pertimbangkan. Dijamin bermanfaat!

1. Gendongan Bayi

Gendongan Bayi
Image Source: Freepik/Freepik

Gendongan bayi jadi rekomendasi kado untuk ibu melahirkan yang wajib kamu pertimbangkan. Pasalnya alat ini sangat membantu orang tua untuk membawa bayi selama beraktivitas sehingga bisa bergerak dengan bebas.

Gendongan bayi sendiri saat ini tersedia dalam berbagai model, mulai dari gendongan bayi depan, gendongan bayi SSC, gendongan baby wrap, dan banyak lainnya.

Pilih jenis gendongan bayi yang sesuai dengan umur dan ukuran tubuh bayi agar aman serta dapat menopang dengan maksimal. Kamu juga bisa memilih produk dengan warna atau motif favorit sang ibu, lho!

2. Pembalut Nifas

Meski jarang dibahas, pembalut nifas atau maternity pads jadi rekomendasi kado ibu melahirkan yang sangat dibutuhkan. Setelah melahirkan ibu akan mengalami pendarahan selama 4 hingga 6 minggu yang dikenal sebagai nifas atau lochia.

Inilah mengapa ibu membutuhkan pembalut khusus untuk menjaga tubuh dan pakaian agar tetap bersih. Ada bisa membeli pembalut nifas dengan ukuran besar dan tebal untuk memastikan tidak ada darah yang bocor saat beraktivitas. 

3. Pompa ASI

Pompa ASI
Image Source: KikDokter

MengASIhi atau memberikan ASI eksklusif jadi prioritas semua ibu setelah melahirkan, maka pompa ASI bisa jadi pilihan kado untuk ibu melahirkan yang tepat.

Memiliki pad silikon yang lembut, lengkap dengan beberapa mode penggunaan membuat alat ini dapat menstimulasi produksi ASI. Biasanya pompa ASI juga telah dilengkapi dengan botol atau pouch ASI sehingga bisa digunakan untuk menyimpan ASI. Cocok untuk para ibu yang bekerja.

Saat ini kamu juga bisa memilih jenisnya sesuai kebutuhan, seperti pompa ASI manual yang lebih praktis atau pompa ASI elektrik yang punya banyak fitur canggih.

4. Korset Bersalin

Selain digunakan untuk menjaga bentuk badan, korset juga digunakan ibu pasca melahirkan untuk mengembalikan bentuk perut seperti semula. Korset bersalin jadi pilihan kado untuk ibu melahirkan yang cocok untuk mengembalikan rasa percaya diri.

Biasanya korset perut dapat langsung digunakan jika ibu melahirkan secara normal. Namun, kamu perlu menunggu luka jahitan sembuh sempurna sebelum menggunakan korset bersalin.

Pastikan kamu memilih korset bersalin dari bahan yang lembut agar nyaman digunakan saat beraktivitas. Jangan lupa mengingatkan sang ibu agar tidak menggunakan korset lebih dari 12 jam dalam sehari.

5. Apron Menyusui

Apron Menyusui
Image Source: Shutterstock

Menyusui di tempat umum jadi salah satu tantangan yang harus dihadapi ibu yang memiliki anak bayi. Maka apron menyusui merupakan ide kado untuk ibu melahirkan terbaik yang bisa kamu berikan.

Apron menyusui berfungsi untuk menutup area dada saat menyusui atau memerah ASI saat berada di tempat umum. Produk ini biasanya terbuat dari bahan kain yang tebal dan lembut sehingga tidak tembus pandang serta memastikan bayi tetap nyaman.

Saat ini kamu bisa menemukan apron menyusui dengan aneka model dan desain lucu yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. 

6. Popok Bayi

Ide kado untuk ibu melahirkan yang pastinya dibutuhkan adalah popok bayi. Meski tampak sederhana, popok merupakan kebutuhan utama bayi sehingga pasti dipakai dan bermanfaat.

Pilih popok dengan ukuran dan fitur yang sesuai kebutuhan bayi. Kamu bisa bertanya pada sang ibu untuk memastikan popok yang diberikan cocok dengan kulit bayi dan tidak menyebabkan iritasi. 

Pertimbangkan membeli popok dengan daya serap tinggi dan model perekat untuk bayi newborn agar mudah digunakan. 

7. Alat Pijat Leher Elektrik

Alat Pijat Leher Elektrik
Image Source: Sleep8

Leher yang pegal dan kaku jadi salah satu masalah yang sering dihadapi ibu setelah seharian menunduk saat mengurus bayi. Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa memberikan alat pijat leher elektrik sebagai kado untuk ibu melahirkan.

Alat ini menggunakan energi listrik untuk menghasilkan sensasi pijatan lembut pada area leher yang efektif mengatasi rasa pegal dan kaku. Dapat dikalungkan pada leher, penggunaan alat pijat ini tentu tidak akan mengganggu gerakan saat beraktivitas.

8. Tas Popok Bayi

Membawa banyak popok saat bepergian atau kontrol ke dokter anak bisa jadi hal yang memusingkan. Inilah yang membuat tas popok bayi cocok jadi pilihan kado untuk ibu melahirkan. 

Tas ini biasanya memiliki ukuran besar serta telah dilengkapi banyak kompartemen untuk memudahkan kamu membawa aneka perlengkapan bayi. Tas popok bayi sendiri punya banyak model yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Pertimbangkan membeli produk dengan ukuran besar dan bahan yang tebal sehingga bisa digunakan untuk jangka panjang. Perhatikan pula bagian jahitan agar produk yang dipilih tidak mudah jebol atau rusak. 

9. Alat Makan Bayi

Alat Makan Bayi
Image Source: Freepik/Freepik

Rekomendasi kado untuk ibu melahirkan selanjutnya adalah alat makan bayi. Berbeda dari orang dewasa, bayi membutuhkan alat makan khusus yang dapat menstimulasi kemampuan motoriknya. 

Inilah yang membuat alat makan bayi biasanya memilih bentuk unik dan warna yang cerah agar dapat menarik perhatian bayi. Alat makan ini umumnya juga punya ukuran lebih kecil untuk memudahkan bayi mengunyah makanan. 

Kamu bisa memilih set alat makan bayi yang terdiri dari botol susu, bib, piring, mangkok, sendok dan garpu agar lebih hemat.

10. Massage Gun

Massage gun bisa jadi ide kado untuk ibu melahirkan terakhir yang tak kalah bermanfaat. Alat ini dapat menghilangkan rasa pegal pada pundak, kaki, dan area tubuh lain setelah seharian mengurus bayi. 

Jika kurang suka dengan alat pijat yang terlalu besar, message gun mini cocok dipilih karena mudah digunakan dan tidak menyebabkan rasa pegal pada tangan. Meski kecil, alat ini juga dibekali beberapa model kepala dan mode penggunaan yang tak kalah dari produk dengan ukuran normal.

Memilih kado untuk ibu melahirkan memang jadi hal yang tidak mudah, tapi pastikan Anda menyisihkan waktu untuk memilih produk terbaik sebagai dukungan untuk sang ibu, ya! 

Selamat berburu kado!