Kamu Belum Eco-Friendly Kalau . . .

Halo Jaknoters! We Love the Earth.. It is our planet. We love the Earth.. it is our home. Nah itu adalah sepenggal lirik dari lagu Earth-Lil Dicky yang menurut mimin sih OKE. Tapi kalian disini semua udah pada “love earth” dalam bentuk nyata belom?

Kamu Belum Eco-Friendly Kalau . . .

Halo Jaknoters!  We Love the Earth.. It is our planet. We love the Earth.. it is our home. Nah itu adalah sepenggal lirik dari lagu Earth-Lil Dicky yang menurut mimin sih OKE. Tapi kalian disini semua udah pada “love earth” dalam bentuk nyata belom?


Akhir-akhir ini, kondisi bumi semakin memprihatinkan. Banyaknya sampah plastik contohnya, walaupun konsep diet plastik sudah banyak beredar namun tetap saja masih ada manusia-manusia yang sepertinya sangat acuh dengan keadaan bumi ini.

Padahal, usia bumi yang telah semakin menua menciptakan perubahan seperti iklim, cuaca dan musim yang semakin tak menentu. Namun tetap saja masih banyak yang tidak memikirkan keselamatan bumi serta seisi makhluk hidup.

Sebagai orang yang memikirkan kelestarian lingkungan, sudah sepatutnya kita memulai perilaku yang “‘eco-friendly” dan berbuat sesuatu yang memberikan dampak positif terhadap planet tercinta. Tentu kamu bisa mulai dari mana saja, seperti menanam pohon, serta banyak hal lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Nah, kali ini mimin mau sharing beberapa hal yang mungkin belum dan masih kamu lakukan yang dampaknya negatif terhadap bumi ini. Simak deh!

Kamu masih menggunakan barang sekali pakai

Tanpa kamu sadari, banyak banget deh barang yang kita gunakan dalam keseharian dengan tujuan akhirnya yaitu tong sampah. Contohnya pemakaian plastik saat berbelanja, membeli minuman dalam kemasan, penggunaan sedotan, gelas dan peralatan makan berbahan plastik termasuk stereofoam. Nah, mulai sekarang kita harus segera move on ya dari plastik-plastik itu dan mulai beralih menggunakan perlengkapan yang dapat dipakai berulang seperti sedotan berbahan stainless steel, tumbler, kotak makan dan menggunakan totebag. Kamu bisa mendapatkannya di JakartaNotebook!

Kamu masih belanja seenak jidat a.k.a konsumtif

Yang namanya “trend” ya ga akan berhenti berubah sampai diri kamu sendiri memutuskan untuk tidak mengikutinya. Tidak bisa dipungkiri “trend” inilah yang akan mengajakmu jadi lebih konsumtif dalam berbelanja. Padahal bila diperhatikan lebih seksama, apa yang kamu pakai secara tidak langsung turut bertanggung jawab tentang bagaimana dampaknya terhadap lingkungan seperti memperhatikan bagaimana cara produksinya, teknik pewarnaannya sampai bahan yang digunakan. Nah, kalau kamu masih terbiasa konsumtif apalagi dengan produk-produk atau brand yang tidak eco-friendly maka kamu termasuk orang yang belum peduli dengan lingkungan ini. Yuk berubah dengan mulai membeli barang-barang merk tertentu yang menggunakan material ramah lingkungan.

Maka penting untuk berpikir dahulu sebelum memutuskan membeli barang ya!

Kamu masih membiarkan kabel chargermu terurai

Tahu nggak sih ternyata perangkat listrik seperti laptop, TV, kipas angin sampai dengan gadget yang kabelnya kita biarkan menggantung tanpa dicabut akan tetap membuang ¾ energi yang ada, istilahnya vampir listrik. So, yuk buang kebiasaan buruk itu dan biasakan mulai dari sekarang sebelum meninggalkan rumah cabut terlebih dahulu semua sambungan listriknya. Karena selain eco-friendly, kamu juga jadi lebih hemat tagihan listrik.

Kamu masih berteman baik dengan polusi

Temenan baik kok sama polusi?! Ngga banget deh! Kalian dengar kan berita beberapa minggu terakhir ini jika Jakarta menjadi kota dengan tingkat polusi tertinggi. Nah.. mobil adalah salah satu penyumbang polusi yang menghasilkan jumlah karbon tertinggi, termasuk alat transportasi umum lainnya. Jika jaraknya tidak terlalu jauh atau masih dalam jangkauan, lebih baik jika kamu memilih untuk jalan kaki atau bersepeda deh. Karena selain ramah lingkungan, dengan begitu kamu juga bisa bergerak lebih mengeluarkan keringat yang tentunya baik untuk kesehatan. Inget ya..! Generasi yang eco-friendly itu adalah mereka yang memilih untuk meminimalisir penggunaan kendaraan bermotor.

Kamu masih jarang konsumsi sayur dan buah

Hayo ngaku siapa yang benci sama sayur dan buah-buahan? Mengonsumsi sayur dan buah-buahan itu sangat penting tauk! Karena manfaat dari kedua bahan makanan itu sendiri yaaa ngga usah dijelasin lagi deh, intinya fungsi keduanya bagi kesehatan tubuhmu sudah pasti banyak banget!

Yo yo ayo.. mulailah gencarkan konsumsi sayur-sayuran hijau serta buah, coba saja mulai dengan membuat jus atau smoothies jika kamu masih belum bisa mengkonsumsi sayur atau buah begitu saja.

Diantara point-point di atas, mana aja yang masih kamu lakukan? Jangan lagi ya, yuk kita mulai dari diri kita sendiri untuk dampak yang besar terhadap bumi ini!

*Foto : Ilustrasi Cover Lagu Earth - Lil Dicky