Kamu Harus Tahu Fakta Dibalik Lagu Kartini Ini!

Kamu Harus Tahu Fakta Dibalik Lagu Kartini Ini!

Kamu hafal lirik lagu Ibu Kita Kartini gak Jaknoters?

Hari Kartini diperingati setiap tanggal 21 April di Indonesia. Diperingatinya tanggal tersebut sesuai dengan tanggal lahirnya R.A Kartini. Seperti yang diketahui Raden Ajeng Kartini lahir di Jepara, pada 21 April 1879. Pahlawan Nasional Indonesia ini merupakan pelopor kebangkitan perempuan di Nusantara. Pada masa itu kaum perempuan dan laki-laki dipandang tidak setara. Berbagai hal selalu mendahulukan kaum laki-laki karena dinilai lebih dari perempuan. Perjuangan R.A Kartini untuk kaum perempuan Indonesia sendiri mulai pada tahun 1912, yakni dengan mendirikan sekolah wanita pertama di Indonesia. Selain mendirikan sekolah untuk kaum wanita Indonesia, Ibu Kartini juga membuat sebuah lagu yang saat ini kamu kenal dengan judul Ibu Kita Kartini. Oleh karena itulah akhirnya sosok pahlawan R.A Kartini berhasil menginspirasi wanita di Indonesia dari generasi ke generasi hingga saat ini.

FAKTA DIBALIK LAGU IBU KITA KARTINI

Kamu Harus Tahu Fakta Dibalik Lagu Kartini Ini! | Sumber: Pixabay
  • Ditulis oleh Wartawati pertama Indonesia

Seperti yang kita ketahui bahwa lagu Ibu Kita Kartini terkenal dari seorang R.A Kartini. Namun mungkin banyak yang tidak tahu jika R.A Kartini merupakan satu-satunya wartawati pertama yang ada di Indonesia loh!

  • Lagu ini memiliki titi nada C = 1 dan bertempo andante

Lagu Ibu Kita Kartini tentu sudah banyak diketahui masyarakat Indonesia. Namun penting pula untuk kamu ketahui jika lagu yang dinyanyikan khusus setiap Hari Kartini ini memiliki titi nada C dengan tempo sedang yang menyenangkan untuk dinyanyikan.

  • Bermula dari acara spesial untuk kaum Wanita Indonesia

Sejarah lagu Ibu Kita Kartini bermula sejak Kongres Wanita Indonesia pada 22 Desember tahun 1929. Tanggal inilah yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Ibu oleh Presiden Soekarno melalui Dekrit Presiden RI No.316 Tahun 1953.

  • Bukan cuma diciptakan oleh R.A Kartini sendiri

Ternyata asal-usul lagu pahlawan satu ini juga melibatkan pahlawan lainnya yaitu WR. Soepratman. Ketika R.A Kartini ditetapkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional pada tanggal 2 Mei 1964.

  • Judul dan lirik yang berubah

Lagu Ibu Kita Kartini yang saat ini kita dengar dan nyanyikan ternyata dulunya bukan berjudul Ibu Kita Kartini loh, melainkan berjudul Raden Ajeng Kartini. Bahkan bukan hanya itu, ketika lagu ini mulai dibuat ada banyak lirik yang tidak sama dengan lirik lagu Ibu Kita Kartini saat ini.  Contohnya seperti yang ada di tulisan WR Supratman dalam kuplet ketiga naskah asli lagunya “Raden Ajeng Kartini pendekar istri/Pendekar kaum ibu Tanah Airku/Raden Ajeng Kartini penyuluh budi/Penyuluh bangsanya karena cita-citanya.

  • Makna lagu tentang perjuangan

Lagu Ibu Kita Kartini yang diciptakan oleh WR Supratman ini memiliki makna yang mendalam, yakni mengenai perjuangan Kartini terhadap wanita-wanita di Indonesia agar memiliki hak yang sama dengan laki-laki. Berkat itulah R.A Kartini menjadi panutan bagi semua orang.

Yuk dengarkan dan nyanyikan lagu Ibu Kita Kartini ini bersama-sama dengan koleksi speaker dari JakartaNotebook.