7 Contoh Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah dan Manfaatnya

Beberapa contoh kegiatan ekstrakurikuler ini dapat mengembangkan minat dan bakat di bidang yang kamu minati selama bersekolah.

7 Contoh Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah dan Manfaatnya
Image Source: Freepik/Pikisuperstar

Masa sekolah tidak harus dihabiskan dengan keginakasasastan belajar di kelas saja. Kamu juga bisa mengeksplor minat dan bakatnya di berbagai bidang dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

Ekskul atau ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan di luar jam belajar-mengajar atau kurikulum resmi pendidikan. Biasanya kegiatan ini fokus pada suatu bidang tertentu, mulai dari olahraga, seni, hingga kerohanian.

Tidak hanya memberi kesempatan untuk mengembangkan minat, manfaat ekstrakurikuler juga termasuk melatih kemampuan bersosialisasi hingga menambah koneksi. Inilah yang membuat pemilihan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah sangat penting.

Nah, jika masih bingung memilih ekskul yang tepat, kamu bisa simak beberapa contoh kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang sudah dirangkum JakartaNotebook khusus untukmu. Tapi sebelum itu, kita kenalan dulu dengan jenis ekstrakurikuler, yuk!

Jenis Ekstrakurikuler

Jenis Ekstrakurikuler
Image Source: Freepik/Freepik

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 62 Tahun 2014 Pasal 3 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, kegiatan ekstrakurikuler di sekolah terbagi menjadi dua jenis yakni ekstrakurikuler wajib dan pilihan.

1. Ekstrakurikuler Wajib

Ekstrakurikuler wajib adalah kegiatan di luar waktu belajar-mengajar formal yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik. Di Indonesia sendiri, pramuka jadi kegiatan wajib yang harus diikuti setiap hari Jumat atau Sabtu.

Dilakukan satu kali seminggu, pramuka mengajarkan kedisiplinan, keberanian, cara memecahkan masalah, hingga pentingnya kerja kelompok. Banyaknya hal positif yang didapat dengan mengikuti pramuka membuat kegiatan ini sudah dikenalkan sejak bangku Sekolah Dasar (SD) dan terus dilanjutkan hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

2. Ekstrakurikuler Pilihan

Berbeda dari jenis sebelumnya, ekstrakurikuler pilihan adalah kegiatan yang dapat diikuti sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Biasanya setiap sekolah memiliki kebijakan berbeda tentang kegiatan ini. Namun, mayoritas sekolah mengharuskan siswanya untuk mengikuti ekstrakurikuler pilihan.

Contoh Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah

Setelah mengetahui jenis ekskul yang ada, sekarang saatnya kamu menyimak apa saja contoh kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

1. Olahraga

olahraga
Image Source: Freepik/Viarprodesign

Contoh kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang pertama adalah olahraga. Jadi salah satu kegiatan favorit, ekskul olahraga biasanya jadi pilihan para siswa dengan kemampuan atletik yang bagus untuk mengembangkan kemampuan mereka.

Tak hanya itu, ekstrakurikuler ini juga dipilih oleh siswa yang tak sempat melakukan olahraga sendiri sehingga bisa menyempatkan waktu untuk berolahraga bersama.

Dapat diikuti oleh siswa laki-laki dan perempuan, kamu bisa memilih berbagai jenis olahraga, mulai dari basket, futsal, bulu tangkis, hingga olahraga yang jarang ditemui seperti anggar.

2. Palang Merah Remaja

Jika tertarik dengan dunia kesehatan, Palang Merah Remaja atau PMR bisa jadi pilihan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang tepat untukmu.

Di sini kamu akan belajar banyak tentang dunia kesehatan mulai dari sosialisasi kesehatan, kesigapan untuk menolong seseorang, hingga cara memberi pertolongan pertama.

Tentunya ekskul ini dipantau dan dibimbing langsung oleh tenaga kesehatan profesional sehingga pertolongan yang diberikan tidak sembarangan dan sudah memenuhi standar tenaga kesehatan yang bekerja di lapangan.

3. Bela Diri

Bela Diri
Image Source: Freepik/Freepik

Contoh kegiatan ekstrakurikuler di sekolah lain yang juga melibatkan kekuatan fisik adalah bela diri. Berbeda dari olahraga yang dilakukan untuk menyehatkan badan, bela diri bertujuan untuk melindungi diri saat berhadapan dengan kondisi bahaya.

Saat ini terdapat banyak jenis bela diri yang bisa kamu pilih, seperti pencak silat, karate, taekwondo, dan karate. Biasanya ekskul ini menggunakan seragam khusus yang menandakan identitas setiap jenisnya.

Tak perlu khawatir cedera karena pihak sekolah telah menyediakan pelatih profesional dan peralatan berlatih yang lengkap sehingga kamu bisa berlatih dengan aman dan nyaman.

4. Paskibra

Pernahkah kamu terkesima melihat prosesi pengibaran bendera yang disiarkan di TV? Jika pernah, paskibra bisa jadi pilihan ekskul yang tepat untukmu.

Paskibra atau asukan pengibar bendera adalah ekskul yang mengajarkan cara baris berbaris dengan benar sesuai aturan. Selain itu, kamu juga akan diajarkan tentang kedisiplinan baik dari segi mental dan fisik.

Jika mengikuti ekskul ini kamu akan bertanggung jawab melaksanakan upacara setiap hari Senin atau hari besar lainnya. Kamu juga memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi anggota Paskibraka di level kota hingga nasional.

5. Paduan Suara

Paduan Suara
Image Source: Freepik/Freepik

Paduan suara jadi pilihan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang berminat pada bidang tarik suara.

Ekskul dengan nama lain padus ini membuat kamu bisa belajar lebih dalam tentang berbagai teknik vokal, not, irama, tempo, dan detail tentang musik lainnya. Kamu juga dapat mengetahui banyak lagu baru yang belum pernah didengar sebelumnya.
Di padus, kamu akan berlatih dalam sebuah tim untuk menciptakan lantunan suara yang indah sehingga diperlukan kerja sama tim yang baik.

6. Jurnalistik

Apakah kamu tertarik bekerja di media? Jika iya, bergabung ke ekstrakurikuler jurnalistik bisa jadi langkah awal yang tepat untukmu. Ekstrakurikuler ini akan mengajarkan kamu berbagai hal tentang pembuatan produk media, mulai dari berita, artikel, mading, dan banyak lainnya.

Asah kemampuan public speaking dengan berinteraksi dan mewawancarai narasumber. Selain itu, kamu juga bisa mulai membuat artikel atau skrip pertama dengan topik yang kamu sukai.

7. Teater

Teater
Image Source: Freepik/Freepik

Khusus untuk siswa yang tertarik dengan seni bermain peran, teater adalah pilihan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah terbaik untukmu. Kamu akan dilatih untuk menunjukkan berbagai ekspresi agar dapat menyampaikan pesan dari kisah yang dimainkan dengan baik.

Tak hanya itu, kamu juga dapat melatih kemampuan public speaking dan meningkatkan rasa percaya diri untuk tampil di depan umum.

Biasanya ekskul teater memiliki ruangan dan properti khusus yang bisa digunakan untuk belajar bermain peran.

Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah bisa jadi langkah pertama untuk menemukan bidang atau hal yang kamu sukai. Pastikan kamu memilih ekskul yang dapat mendukung kamu berkembang dan mendapatkan banyak ilmu baru.

Jangan lupa untuk aktif saat berbagai kegiatan yang diadakan oleh ekskul pilihanmu, ya!