5 Kegiatan yang Pas untuk Menemani Anda Ngabuburit

Ngabuburit biasa dilakukan untuk menunggu waktu berbuka. Lalu aktivitas aapa saja yang bisa dilakukan saat ngabuburit? Simak artikel di bawah ini!

5 Kegiatan yang Pas untuk Menemani Anda Ngabuburit
Source Image: Unsplash

Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk membuat puasa terasa lebih cepat, salah satunya adalah ngabuburit. Ngabuburit merupakan agenda menunggu berbuka puasa yang sudah menjadi kegiatan akrab yang Anda temui dan lakukan di bulan ramadhan.

Kata ngabuburit itu sendiri ternyata berasal dari bahasa sunda. Dilansir dari gramedia.com, ngabuburit berasal dari kata burit yang artinya sore hari. Dalam bahasa sunda, ngabuburit merupakan lakuran dari frasa ngalantung ngadagoan burit yang artinya “bersantai-santai sambil menunggu waktu sore”.

Kegiatan ngabuburit banyak dilakukan oleh sebagian orang dengan jalan-jalan sore sekitar komplek, mengikuti kultum, berburu takjil hingga ada yang mengisi waktu dengan bermain sepak bola. Beberapa kegiatan yang disebutkan barusan adalah hal yang lumrah atau biasa dilakukan.

Namun, ada beberapa kegiatan yang sebenarnya pas dapat Anda lakukan sambil menunggu berbuka puasa. Bahkan, kegiatan ini sangat produktif untuk dilakukan. Kira-kira kegiatannya apa saja? Simak di bawah ini ya!

1. Main Game

Source Image: Unsplash

Mengasah otak di bulan puasa ternyata dapat Anda lakukan dengan cara bermain game. Aktivitas ini memang banyak digemari dan dilakukan untuk mengisi waktu sambil menunggu waktu adzan Magrib. Bermain game tidak selalu membawa dampak negatif, ada juga dampak positif yang Anda rasakan seperti mengasah kinerja otak. Karena setiap permainan membutuhkan fokus dan tingkat konsentrasi yang tinggi. Seperti saat menyelesaikan misi, Anda dipaksa memikirkan strategi terbaik agar dapat melewati misi tersebut.

Agar lebih seru mungkin adalah bisa menambahkan gamepad, terutama bagi Anda yang bermain game menggunakan komputer. Agar proses kontrol bermain game jauh lebih mudah dan menyenangkan.

2. Marathon Film

Source Image: Unsplash


Kegiatan lainnya yang dapat lakukan adalah marathon film. Kegiatan ini paling pas untuk Anda lakukan selama di bulan puasa karena menonton film atau serial dapat menghabiskan waktu berjam-jam. Serunya film dapat membuat Anda tidak memperhatikan waktu secara seksama, lantaran terlalu fokus pada adegan serta alur cerita.

Selain itu, menonton film dapat membantu Anda dalam melepas penat seharian setelah beraktivitas seperti merapikan rumah atau bekerja. Waktu pun tidak akan terasa sudah menjelang berbuka ketika Anda marathon film aksi, komedi hingga drama. Agar nuansa menonton film lebih terasa Anda dapat menambahkan soundbar, agar kualitas suara yang dihasilkan lebih bagus sehingga membuat Anda memiliki pengalaman berbeda saat menonton di rumah.

3. Olahraga

Source Image: Unsplash

Ketika kondisi badan lemas saat berpuasa, apakah kita bisa berolahraga? Jawabannya tentu saja bisa. Menjaga tubuh tetap sehat dan aktif selama bulan puasa adalah hal yang harus Anda lakukan. Jangan sampai waktu ngabuburit Anda habis dengan tidur saja. Maka dari itu, jaga kondisi tubuh tetap aktif dengan memilih kegiatan olahraga yang ringan, terutama yang dapat Anda lakukan di rumah.

Salah satu olahraga ringan tersebut adalah skipping. Olahraga ini termasuk dalam kategori ringan karena Anda hanya melakukan lompatan dengan menggunakan bantuan tali, meskipun terlihat sederhana namun memiliki banyak manfaat karena dapat melatih kekuatan otot betis, paha, dan pinggul. Selain itu, dapat juga melatih daya tahan otot.

4. Membaca Buku

Source Image: Unsplash

Saatnya kembali buka rak buku Anda dan cari buku-buku favorit seperti novel, buku self improvement maupun self healing. Kegiatan membaca buku dapat membuat Anda lebih produktif serta menjadi kegiatan yang pas untuk menunggu waktu buka puasa. Atau Anda dapat pergi ke toko buku favorit untuk mencari rekomendasi buku bacaan baru agar lebih menarik dibaca saat ngabuburit.

5. Bersepeda

Source Image: Unsplash

Panjang waktu berpuasa di Indonesia sekitar 13 jam 16 menit, Anda dapat melakukan kegiatan bersepeda di sela-sela jam tersebut agar dapat lebih sehat. Selain itu, kegiatan bersepeda dapat menjadi sarana melepas penat sehingga Anda tidak mudah stres. Maka dari itu, siapkan sepeda Anda di bulan puasa ini, agar kegiatan ngabuburit dapat menjadi lebih sehat serta lebih menyenangkan karena dapat berjalan-jalan melihat keramaian orang membeli takjil.

Itulah beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk mengisi waktu ngabuburit. Beberapa kegiatan tersebut sangatlah produktif untuk Anda lakukan, karena dapat meningkatkan diri supaya lebih sehat dan pintar. Kira-kira dari kegiatan di atas, mana saja yang akan Anda lakukan?