Kelebihan Memasak Makanan Sendiri

Membeli makanan di luar memang akan lebih menarik dan lezat. Namun, Anda harus mencoba memasak sendiri karena memiliki banyak kelebihan. Apa saja itu? Yuk, simak artike ini!

Kelebihan Memasak Makanan Sendiri
Image Source: Freepik

Untuk Anda yang gemar memakan cemilan alangkah baiknya mencoba untuk membuat sendiri cemilan kesukaan Anda. Memang tidaklah mudah, namun hal ini merupakan investasi jangka panjang untuk Anda. Mengapa demikian?
Berikut ini beberapa hal yang membuat memasak makanan sendiri lebih baik daripada membeli.

1. Lebih Sehat

Image Source: Pexels

Dengan memasak makanan Anda sendiri, Anda jadi lebih tahu bahwa makanan yang Anda konsumsi lebih sehat. Anda dapat memilih bahan makanan yang lebih berkualitas sehingga gizi Anda terpenuhi. Tidak hanya bahan masakannya saja, Anda juga lebih bertanggung jawab atas kebersihan makanan yang Anda masak.

2. Lebih Hemat

Image Source: Pexels

Anda menjadi lebih tahu harga dari bahan-bahan makanan yang sebetulnya tidak terlalu mahal. Makanan menjadi mahal karena jasa pengolahannya yang tidak dimiliki oleh semua orang. Jika Anda bisa mempelajari skill memasak yang baik, Anda dapat menghemat biaya pengolahan tersebut karena dapat memasaknya sendiri. Anda dapat menyajikan makanan layaknya di restoran dengan harga yang lebih terjangkau.

3. Rasa Senang

Image Source: Pexels

Bagi sebagian orang, memasak akan menimbulkan rasa senang. Bagaimana bisa? Simpelnya Anda akan merasa lebih dihargai ketika orang lain memakan masakan yang telah Anda buat. Anda membuat sesuatu yang membutuhkan usaha, kemudian dinilai baik oleh pasangan, anak, atau teman. Hal tersebut akan menaikkan hormon dopamine. Selain itu, memasak juga bisa menjadi pelepas stress dari kegiatan harian yang melelahkan.

4. Bonding Bersama Keluarga

Image Source: Pexels

Untuk kebanyakan orang yang hidup di perkotaan, memasak merupakan waktu terbaik untuk mengumpulkan keluarga. Anda dapat meminta tolong pasangan atau anak untuk membantu memasak. Anda juga dapat mengedukasi anak untuk mulai membantu hal yang ringan atau sekedar melihat cara Anda memasak.

5. Memperluas Pengetahuan

Image Source: Pexels

Dengan memasak, Anda juga dapat memperluas pengetahuan karena mencoba masakan baru dari berbagai negara dan daerah. Anda akan belajar budaya setiap daerah melalui masakan serta sejarah dari masakan tersebut. Menemukan sesuatu yang baru dan meracik sendiri resep versi Anda akan memperluas pengetahuan.

Memasak sendiri tentu saja akan lebih merepotkan, memakan waktu, dan membuat dapur Anda menjadi kotor. Oleh karenanya, Anda membutuhkan beberapa perlengkapan agar dapur Anda tidak mudah kotor atau lebih mudah dibersihkan.

Anda dapat menggunakan aluminium foil untuk melapisi tembok dan meja sekitar dapur agar percikan minyak lebih mudah dibersihkan. Anda juga dapat menggunakan pelindung anti cipratan minyak agar tidak terkena paparan minyak saat sedang memasak. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan apron dan sarung tangan agar lebih aman saat masak.

Demikian beberapa kelebihan memasak makanan sendiri yang mungkin saja memberikan insight baru bagi Anda. Jika bisa memasak enak dan murah, mengapa harus beli dengan harga yang mahal, bukan?