Kenali 5 Fungsi Humidifier: Dari Kesehatan hingga Furnitur

Humidifier adalah alat elektronik multifungsi yang punya segudang manfaat. Yuk, simak berbagai fungsi humidifier berikut!

Kenali 5 Fungsi Humidifier: Dari Kesehatan hingga Furnitur
Image Source: freepik.com

Humidifier adalah alat yang digunakan untuk meningkatkan kelembaban udara di dalam ruangan. Alat ini dapat dipadukan dengan essential oil untuk menghasilkan berbagai aroma sesuai karakter dan keinginan.

Hadir dengan beberapa jenis dengan harga yang bervariasi sehingga bukan termasuk alat yang mahal untuk dimiliki. Modelnya byang cantik juga membuat humidifier banyak digunakan sebagai dekorasi untuk mempercantik ruangan.

Berbagai Fungsi Humidifier untuk Sehari-Hari

Sering ditemukan pada berbagai tempat, ternyata alat ini punya segudang fungsi yang sangat bermanfaat. Mulai dari kesehatan hingga merawat furnitur, ini dia beberapa fungsi humidifier yang wajib Anda tahu!

1. Mencegah Kulit Kering

Mencegah Kulit Kering
Image Source: freepik.com

Apakah Anda banyak beraktivitas dalam ruangan ber-AC? Jika iya, mungkin Anda sering mengalami kulit atau bibir kering bahkan pecah-pecah.

Pasalnya penggunaan AC dalam jangka panjang dapat mengurangi kelembapan udara. Hal ini menyebabkan berkurangnya kandungan air yang didapatkan tubuh. Akibatnya kulit dan bibir pun ikut kering.

Anda bisa menggunakan humidifier untuk menjaga kelembapan udara sehingga kulit tetap sehat dan bebas dari kering.

2. Mencegah Gangguan Pernapasan

Mencegah Gangguan Pernapasan
Image Source: freepik.com

Udara kering dapat membuat saluran pernapasan menjadi kering dan menyebabkan masalah seperti sinusitis dan batuk.

Humidifier efektif untuk meningkatkan kelembapan udara sehingga Anda terbebas dari berbagai ganguan pernapasan.

Khusus bagi penderita asma, manfaat humidifier yang tak boleh Anda lewatkan adalah dapat mengurangi risiko kambuhnya penyakit akibat udara kering yang terpapar dengan berbagai mikroba.

3. Meringankan Reaksi Alergi

Mencegah Gejala Alergi
Image Source: freepik.com

Untuk sebagian orang, rendahnya kelembapan udara dapat memicu berbagai reaksi alergi. Umumnya reaksi ini muncul sebagai bersin, hidung tersumbat, hingga rasa gatal pada hidung, tenggorokan, dan mulut.

Uap air yang disemprotkan humidifier dapat membuat udara lebih lembap sehingga nyaman saat dihirup. Tak hanya itu, uap ini juga dapat mengikat partikel mikro yang bisa menjadi penyebab alergi.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Meningkatkan Kualitas Tidur
Image Source: freepik.com

Ngorok atau mendengkur merupakan salah satu hal yang membuat tidur kurang nyaman. Gangguan tidur ini dapat disebabkan oleh keringnya udara yang mengakibatkan tenggorokan kering.

Menggunakan humidifier di dekat kasur sebelum tidur membuat saluran pernapasan lebih lembap sehingga bisa mengurangi intensitas bahkan menghentikan dengkuran.

Kini tidur dengan nyenyak bukan lagi hal yang sulit dilakukan.

5. Mencegah Kerusakan Furnitur

Mencegah Kerusakan Furnitur
Image Source: freepik.com

Tahukah Anda, udara kering tidak hanya berdampak pada manusia, tapi juga benda mati seperti furnitur. Manfaat humidifier satu ini memang jarang diketahui orang.

Nyatanya furnitur yang terbuat dari bahan kayu tetap membutuhkan kelembapan. Udara yang terlalu kering serta paparan panas matahari dapat membuat furnitur beruhan warna dan menyusut.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan humidifier untuk menjaga kondisi furnitur agar tetap prima.

Jika Anda tertarik menggunakan alat ini, tak ada salahnya mengintip beberapa rekomendasi humidifier dengan kualitas terbaik dari JakartaNotebook, diantaranya:

Taffware HUMI Humidifier Aromatherapy Oil Diffuser Double Spray 2000ml - H2000 - White

Beli Sekarang

LISM Air Humidifier Diffuser Pelembab Udara Lampu RGB 450ml - SJD-03 - Pink

Beli Sekarang

Disinfektan Humidifier Smart Automatic Sprayer 600ml - T3 - White

Beli Sekarang

PDQ Humidifier Aromatherapy Oil Diffuser Double Spray 3.3L - K7 - Pink

Beli Sekarang

Taffware HUMI Air Humidifier Aromatherapy RGB Pet Design 300ml - M106 - White

Beli Sekarang

***

Itu dia beberapa manfaat humidifier yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan humidifier harus dilakukan dengan hati-hati.

Kelembapan udara yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan masalah lain seperti jamur dan bakteri. Oleh karena itu, penting untuk mengikuti instruksi penggunaan serta jangan lupa menjaga humidifier tetap bersih, ya!