Kenali Manfaat Humidifier bagi Kesehatan Anda

Penggunaan humidifier ternyata tak hanya bermanfaat untuk melembapkan udara saja, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja?

Kenali Manfaat Humidifier bagi Kesehatan Anda
Source Image: Unsplash

Penggunaan humidifier beberapa tahun belakangan makin banyak digunakan. Alat ini mampu mencegah penularan virus corona yang dapat tersebar lebih mudah pada cuaca dingin dan kering. Alhasil, alat yang mampu menjaga kelembapan udara ini banyak digunakan.

Selain sebagai pencegah virus corona, humidifier dapat membantu Anda mengatasi kulit kering, pilek, sakit tenggorokan, dan bibir pecah-pecah yang terjadi akibat udara kering.

Alat ini bekerja dengan cara menyemprotkan uap air ke udara. Setiap humidifier memiliki klasifikasi lebar ruangan berbeda-beda, ada yang dipergunakan untuk ukuran ruangan 20 meter persegi, 24 meter persegi hingga paling besar 92 meter persegi bahkan lebih. Sebelum membeli, Anda harus mengetahui tentang klasifikasi tersebut, apabila penggunaanya untuk kamar tidur maka carilah humidifier untuk ukuran ruangan 20 meter persegi.

Penggunaan humidifier setiap hari harus dibarengi dengan pembersihan yang rutin. Apabila humidifier jarang dibersihkan, akan berisiko terkena infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Selain itu, humidifier yang kotor juga dapat menyebabkan kambuhnya gejala asma.

Pembersihan humidifier sangatlah mudah. Anda hanya perlu membilas tangki dengan air bersih, kemudian keringkan dan isi kembali dengan air bersih. Sangat disarankan menggunakan air sulingan guna mengurangi debu mineral yang ikut dilepaskan ke udara. Lakukan pembersihan secara rutin 3 hari sekali agar pertumbuhan jamur dan bakteri terhambat.

Nah, tadi kita sudah mengenal sedikit tentang humidifier, lantas apa saja manfaat humidifier untuk kesehatan? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

1. Mempercepat Penyembuhan Sakit Tenggorokan

Source Image: Unsplash

Jika Anda sering mengalami sakit tenggorokan, bisa jadi hal tersebut disebabkan karena kadar kelembapan di ruangan sangat rendah. Penggunaan humidifier dapat mengatasi hal tersebut dan dapat mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan Anda.

2. Meredakan Flu dan Batuk

Source Image: Unsplash

Lingkungan udara yang kering dapat menimbulkan penyakit seperti flu dan batuk. Untuk mengatasi hal tersebut, selain makan dan istirahat yang cukup, Anda dapat menggunakan humidifier secara berkala. Penggunaan alat ini juga dapat membantu Anda mengeluarkan dahak serta menghilangkan gejala hidung mampet.

3. Mengurangi Risiko Iritasi Mata

Source Image: Unsplash

Iritasi mata dipicu oleh penyebaran debu dan akan sangat cepat terjadi apabila udara kering, sehingga membuat Anda mudah mengalami iritasi pada mata. Penggunaan humidifier akan menjaga kelembapan udara dan mampu mengurangi penyebaran partikel tersebut.

Nah, itulah beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan jika menggunakan humidifier. Apabila Anda merasa terganggu dengan suara berisik yang dihasilkan, Anda dapat menggunakan humidifier model ultrasonik. Maka dari itu, mulailah menggunakan humidifier di rumah Anda untuk menjaga kelembapan udara agar kesehatan terjaga.