Kenali Proses Distribusi Kopi untuk Tingkatkan Ekstraksi

Kopi espresso yang Anda nikmati setiap hari memiliki salah satu proses menarik bernama distribusi. Lantas apa itu proses distribusi?

Kenali Proses Distribusi Kopi untuk Tingkatkan Ekstraksi
Source Image: Freepik

Kopi espresso yang Anda nikmati setiap hari memiliki salah satu proses menarik bernama distribusi. Tentu saja proses ini tidak terkait dengan menyalurkan hasil produksi, melainkan tentang memastikan bubuk kopi memiliki keadaan yang sama rata di tiap sisi saat diletakkan di filter basket.

Proses distribusi memang sangat sederhana dan tak jauh berbeda dengan proses memadatkan bubuk kopi atau tamping. Distribusi dilakukan dengan alasan bahwa tamping saja belum tentu cukup membuat permukaan bubuk kopi merata, terutama pada bagian dalam.

Tidak ratanya bubuk kopi pada filter basket akan mengganggu proses ekstraksi, sedangkan proses distribusi mampu meningkatkan ekstraksi kopi secara menyeluruh.

Sama halnya seperti tamping, proses distribusi juga dilakukan dengan menggunakan alat bantu yang fokus pada distribusi penekanan dan meratakan bubuk kopi. Kedalaman untuk meratakan bubuk kopi pada filter basket pun dapat diatur sesuai keinginan Anda.

Image Source: JakartaNotebook

Distribusi dilakukan dengan cara memasukkan alat tersebut pada filter basket, kemudian putar beberapa kali searah jarum jam agar merata secara presisi. Distribusi dan tamping memang memiliki kesamaan, namun proses distribusi ternyata membantu hasil tamping agar lebih sempurna serta optimal.

Tetapi tidak semua barista melakukan proses tersebut lho. Dikarenakan banyak cara yang nyaman serta sesuai menurut para peramu kopi, salah satunya dengan teknik finger swipe atau meratakan bubuk kopi pada filter menggunakan jari. Namun, cara ini membutuhkan keahlian khusus jadi tidak semua barista dapat mempraktikkan teknik tersebut.

Untuk menyajikan kopi espresso agar lebih pas secara cita rasa, maka proses yang satu ini sebetulnya harus dilakukan. Meskipun terkadang ada beberapa barista yang melewati proses ini dan hanya melakukan tamping.

Namun, agar cita rasa kopi espresso yang dihasilkan semakin optimal, maka sangat disarankan melakukan keduanya. Bagaimana, apakah Anda mulai tertarik melakukan distribusi saat menyiapkan espresso di pagi hari?